Sukses

Berapa Kali Harus Mandi dalam Sehari, Ini Idealnya Kata Ahli

Mandi menjadi kebutuhan setiap individu dan umumnya dilakukan dua kali sehari.

Liputan6.com, Jakarta - Mandi menjadi kebutuhan setiap individu dan umumnya dilakukan dua kali sehari. Mandi pagi hari menjadi kegiatan yang lumrah dilakukan sebelum menjalani aktifitas harian. 

Faktanya, melewatkan mandi setiap hari ternyata lebih baik untuk kulit Anda, karena terlalu sering membersihkan tubuh bisa menyebabkan kulit lebih kering.

Kebiasaan mandi memang sepenuhnya bergantung pada gaya hidup dan aktivitas Anda. Namun, ada beberapa faktor penting yang bisa Anda pertimbangkan agar tahu seberapa sering Anda harus mandi.

Nah, penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Rabu (6/10/2021). 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sesuaikan jenis kulit

Jika Anda memiliki kulit berminyak, menyabuni tampak seperti cara sempurna untuk membersihkannya. Namun, itu sebenarnya bekerja sebaliknya. 

Bahan kimia berbahaya dalam sabun bisa membuat kulit lebih kering, yang menyebabkan kelenjar minyak Anda memproduksi lebih banyak sebum dan wajah Anda akan terlihat lebih berminyak.

Sementara itu, jika kulit Anda sensitif dan kering, mandi lebih dari satu kali sehari bisa memicu peradangan, yang menyebabkan kulit Anda semakin gatal.

Beberapa dokter kulit bahkan merekomendasikan mandi dua kali seminggu untuk menghindari iritasi kulit.

3 dari 5 halaman

2. Perhatikan rambut Anda

Agar tubuh bersih dan segar, banyak individu memilih keramas setiap hari. Namun nyatanya, rutin keramas malah akan membuat rambut Anda rusak, apalagi jika Anda memiliki rambut keriting atau bertekstur.

Jika Anda berambut keriting, mencuci rambut seminggu sekali sudah cukup karena rambut Anda membutuhkan sebum untuk menjaga kelembapannya.

Hanya individu dengan rambut halus dan lurus yang perlu keramas setiap hari, karena tipe rambut seperti ini mudah terlapisi oleh sebum dan terlihat lebih cepat berminyak.

4 dari 5 halaman

3. Atur jadwal olahraga

Jika Anda sering pergi ke gym, Anda tentu lebih sering mandi karena tubuh mengeluarkan banyak keringat. Mandi tepat setelah berolahraga bisa membantu otot Anda pulih lebih mudah, mencegah jerawat tubuh dan bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. 

Hal yang sama berlaku untuk orang yang bekerja di luar atau terpapar bahan kimia kuat di tempat kerja, mereka jelas akan mendapat manfaat jika mandi setiap hari.

5 dari 5 halaman

4. Sesuaikan dengan musim

Saat cuaca panas, wajar jika Anda merasa perlu membasuh keringat dengan mandi setiap hari bahkan dua kali sehari. 

Dan dengan suhu yang lebih dingin berarti Anda lebih sedikit berkeringat, jadi Anda lebih jarang mandi.

Kulit Anda akan terasa lebih kering dan sensitif di bulan-bulan musim dingin atau hujan, dan dengan mandi setiap hari bisa  mengiritasinya dan menyebabkan kulit menjadi lebih kering.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.