Sukses

Niat Puasa Ayyamul Bidh di Akhir Oktober 2023 dan Keutamaannya

Umat Islam dapat mengamalkan puasa Ayyamul Bidh setiap bulannya. Bulan ini puasa Ayyamul Bidh dilaksanakan pada 13-15 Rabiul Akhir 1445 H yang bertepatan dengan 28-30 Oktober 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam dapat mengamalkan puasa Ayyamul Bidh setiap bulannya. Bulan ini puasa Ayyamul Bidh dilaksanakan pada 13-15 Rabiul Akhir 1445 H yang bertepatan dengan 28-30 Oktober 2023.

Puasa Ayyamul Bidh termasuk puasa sunnah yang jika dikerjakan akan mendapat pahala dan bila ditinggalkan tak berdosa. Anjuran melaksanakan puasa Ayyamul Bidh setiap bulan hijriah terdapat dalam hadis nabi yang diriwayatkan Qatadah bin Milhan RA.

Diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw telah memerintahkan untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15’.” (HR Abu Dawud). (An-Nawawi, Riyâdhus Shâlihîn, juz II, h. 81 dikutip dari NU Online).

Sebagaimana puasa pada umumnya, puasa Ayyamul Bidh harus diawali dengan niat. Niat puasa Ayyamul Bidh dapat dilakukan pada malam hari.

Karena sunnah, seseorang yang lupa niat puasa Ayyamul Bidh di malam hari masih diperbolehkan berniat setelah terbit fajar hingga sebelum masuk waktu zawal, posisi matahari condong ke barat. Dengan catatan, belum makan ataupun minum apa-apa sejak terbit fajar hingga waktu niat dilakukan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lafal Niat Puasa Ayyamul Bidh

Adapun lafal niat puasa Ayyamul Bidh adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى  

Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta’âlâ.   

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Bagi yang melaksanakan puasa ayyamul bidh akan meraih keutamaan luar biasa, di antara keutamaannya seperti puasa sepanjang tahun. Keutamaan ini berdasarkan hadis riwayat Bukhari nomor 1979.

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun,” demikian sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ’As. Wallahu’alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.