Sukses

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam dan Jamu Empon-Empon yang Kaya Manfaat

Jamu telah lama diketahui sebagai ramuan tradisional kesehatan, termasuk jamu kunyit asam dan jamu empon-empon.

Liputan6.com, Jakarta - Jamu telah lama dikenal sebagai ramuan tradisional kesehatan, termasuk jamu kunyit asam dan jamu empon-empon. Pembuatannya dapat dilakukan sendiri di rumah dengan sederet bahan-bahan.

Dikutip dari Jurnal Asta Abdi Masyarakat Kita bertajuk "Penyuluhan Pembuatan Jamu Kunyit Asam Dan Jamu Empon Empon Dalam Meningkatkan Imunitas Tubuh Masyarakat Di Daerah Puskesmas Tiban Baru", Senin, 6 Februari 2023, jamu empon-empon kaya manfaat untuk imunitas tubuh. Jamu ini juga disebut dapat mencegah infeksi bakteri.

Jurnal juga menerangkan bahwa jamu kunyit asam juga bermanfaat untuk imunitas tubuh. Khasiat lainnya adalah sebagai antibakteri, antiradang, antioksidan, menghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah penyumbatan pembuluh darah, dan sangat baik dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping berbahaya dalam penggunaannya.

Menurut Bratawidjaja, 1996, sistem kekebalan tubuh atau sistem imun adalah suatu sistem perlindungan tubuh terhadap pengaruh luar biologis yang dilakukan oleh sel-sel dan organ khusus pada tubuh. Sistem kekebalan ini melindungi tubuh terhadap infeksi (bakteri dan virus) serta menghancurkan zat asing lain dalam tubuh.

Jika sistem kekebalan melemah, maka kemampuannya melindungi tubuh juga berkurang. Hal tersebut menyebabkan agen biologis penyebab penyakit (patogen) mudah berkembang dalam tubuh.

Kemenkes RI, 2015 menjelaskan bahwa jamu adalah salah satu warisan budaya leluhur yang dipercaya sebagai empiris memiliki manfaat dan kegunaan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Bahan baku yang digunakan untuk membuat jamu sebagian berasal dari tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan, kulit batang, dan buah. Sebagai golongan obat tradisional, jamu digunakan sebagian masyarakat untuk penyembuhan penyakit (Syahputra, 2014).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat

Kunyit asam diolah dengan bahan utama kunyit dan asam. Salah satunya dapat diolah menjadi rebusan kunyit asam. Memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan biasanya sering digunakan dalam berbagai obat tradisional (Sina, 2012).

Bahan-bahan jamu kunyit asam:

1 ons kunyit

6 bungkus asam jawa

500 gram gula aren

 

Langkah pembuatan:

1. Bahan utama kunyit dibersihkan dan dipotong kecil.

2. Hidupkan kompor dengan api kecil dan ditutup.

3. Masukkan gula aren dan asam jawa ke dalam panci yang telah diisi air.

4. Masukkan potongan kunyit yang telah bersih ke dalam panci.

5. Tunggu hingga mendidih dan menyusut.

6. Kemudian dinginkan.

7. Masukkan jamu ke dalam kemasan yang telah disediakan.

 

Bahan-bahan jamu empon-empon:

1/2 kg jahe

1/2 kg kunyit

3 ons serai

3 ons jeruk nipis

Air secukupnya

1/2 kg gula aren

 

Langkah pembuatan:

1. Bahan pembuatan jamu empon-empon dibersihkan dan dimasukkan ke dalam panci yang telah diisi air.

2. Hidupkan kompor dengan api kecil dan ditutup.

3. Sesekali jamu diaduk hingga mendidih dan menyusut.

4. Kemudian dinginkan dan campurkan jamu empon-empon dengan perasan jeruk nipis.

5. Masukkan jamu ke dalam kemasan yang telah disediakan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kunyit

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, kunyit adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam famili Zingiberaceae yang mempunyai batang semu yang dibentuk dari pelepah daun-daunnya. Bagian utama tanaman kunyit adalah rimpangnya yang merupakan tempat tumbuhnya tunas.

Senyawa utama yang terkandung dalam rimpang kunyit adalah kurkuminoid dan minyak atsiri. Tanaman ini berkhasiat sebagai jamu dan obat tradisional.

Senyawa yang terkandung dalam kunyit (kurkumin dan minyak atsiri) berperan sebagai antioksidan, antitumor, antikanker, antimikroba, antiracun. Secara tradisional kunyit digunakan oleh masyarakat di berbagai negara untuk mengobati penyakit seperti penyakit yang disebabkan oleh mikroba parasit, gigitan serangga, cacar, sakit perut (diare, sembelit, kembung), gangguan pencernaan, gangguan hati, gangguan asma, menghilangkan gatal, menghilangkan penyakit kulit, dan mengurangi rasa nyeri.

Berikut sederet manfaat kunyit:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit.

2. Mengobati radang

Kandungan pada kunyit yang disebut kurkumin merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang. 

3. Mengurangi rasa mual

Kandungan kurkumin pada kunyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan pada perut. Dengan mengonsumsi kunyit, tekanan pada perut terasa ringan dan lega sehingga mengurangi rasa mual.

 
4 dari 4 halaman

Atasi Perut Kembung hingga Kurangi Nyeri Haid

4. Mengatasi perut kembung

Kurkumin pada kunyit membantu mengurangi tekanan gas pada perut dan membantu lambung untuk menghentikan produksi asam secara berlebihan.

5. Mengurangi nyeri haid

Untuk para perempuan pasti sudah tidak asing dengan jamu kunyit asam yang dipercaya dapat meredakan nyeri saat haid. Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin kunyit yang dapat melemaskan kontraksi rahim.

Kunyit juga membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel apitel rahim, serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin, yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit.

6. Mengobati metastasis kanker

Mengingat adanya beberapa jenis kunyit, untuk mengobati metastasis kanker, Anda dapat gunakan kunyit putih. Hal ini disebabkan adanya kandungan kurkumin yang dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker.

7. Obat alergi

Kandungan kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin pada kunyit memiliki fungsi sebagai senyawa anti-alergi yang dapat membantu menghilangkan rasa gatal-gatal pada tubuh.

8. Menangkal bakteri

Manfaat kunyit untuk kesehatan lainnya adalah menangkal bakteri. Bagi Anda yang sedang merasa sakit perut, anda dapat minum larutan kunyit hangat yang dapat membantu meredakan.

9. Mengobati maag

Jika sedang mengalami nyeri maag, Anda dapat mencoba mengonsumsi larutan kunyit terlebih dahulu dan minum secara rutin. Kunyit dapat membantu mengurangi frekuensi kambuh gejala maag. Kandungan kurkumin pada kunyit dapat mengendalikan produksi asam lambung dan empedu secara berlebihan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.