Sukses

Baju Kurung Pink Iriana Jokowi Berpadu Sepatu Branded Buatan Luar di Sidang Tahunan MPR 2022

Liputan6.com, Jakarta - Iriana Jokowi tampil beda saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Sidang Tahunan MPR 2022 di Gedung Nusantara. Ia mengenakan baju kurung pink terang lengkap dengan selendang yang disematkan di bahu kiri. Atasan itu dipadukan dengan kain batik sogan yang anggun.

Sekretaris Pribadi Presiden (Sespri) Presiden Anggit Nugroho melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa (16/8/2022) pagi, menyampaikan ibu negara menyiapkan sendiri busana yang dikenakannya. Ia merancang desain, pemilihan bahan, sampai baju siap pakai.

Merah muda bukan warna yang sering dipilih Iriana saat tampil di depan publik. Menurut laman bourncreative.com, warna pink bisa diartikan sebagai manis, baik, ceria, romantis, feminin, imut, dan kelembutan. Warna pink juga menjadi warna universal perlambang cinta, baik pada diri sendiri maupun orang lain.

Warna pink juga diartikan sebagai sikap pemelihara, menyenangkan, dan mengajak orang bernostalgia ke masa kecil. Pink juga bisa diartikan sebagai warna yang saling bertolak belakang karena bisa diasosiasikan dengan kepolosan sekaligus semangat yang membara. Warna pink cerah juga dihubungkan dengan cinta, romansa, dan bahkan gairah. Merah muda yang intens menciptakan rasa urgensi.

Tampilan Iriana dilengkapi dengan tas tangan mungil warna hitam berdetail rumbai. Tak diketahui merek tas mungil itu, tetapi yang pasti tas tersebut juga dibawanya saat mendampingi Jokowi melawat ke China, Jepang, dan Korea Selatan pada akhir Juli 2022. 

Sebagai penyempurna, Iriana mengenakan pump shoes berhak runcing dengan detail mutiara. Sepatu keluaran rumah mode Chanel itu merupakan koleksi lama yang tidak lagi dijual di laman resmi brand tersebut. Menurut akun pinterest Chanel, sepatu itu berharga Rp13,6 juta. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sepatu Merah

Sebelumnya, penampilan Iriana saat berkunjung ke Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), mencuri perhatian. Ia saat itu menemani Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Rabu (1/6/2022).

Jokowi saat itu memakai baju adat khas Ende yang dikenal dengan nama Ragi Lambu-Luka Lesu. Sementara, Iriana terlihat memakai baju kurung putih serasi dengan hijabnya, juga sarung dan selendang khas Ende.

Yang paling mencuri perhatian adalah sepasang sneaker merah yang dikenakannya. Diketahui, sepatu itu merupakan rilisan rumah mode Italia, Gucci. Mengutip situs web merek mewah tersebut, sneaker yang dipakai Iriana Jokowi adalah model Gucci Ace Embroidered Bee berwarna dasar merah.

Di situs web Gucci, sneaker ini dibanderol 740 dolar AS (sekitar Rp10,8 juta). Namun, di situs pengecer sneaker, StockX, penjualan terakhir sepasang alas kaki ini mencapai 600 dolar AS (sekitar Rp8,7 juta). Sneaker Gucci ini bukan alas kaki mewah pertama yang dipakai Iriana di acara kenegaraan. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Chanel Favorit

Iriana juga secara konsisten memakai mules heels warna hitam keluaran Chanel saat menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 2019, 2020, dan 2021. Series Chanel Runway Black Leather Slides Mules Heels Shoes Pearl ini, melansir 5inchandup, pertama kali dirilis di Chanel Metiers d'Art 2015/16 Runway, Desember 2015.

Kehadirannya segera jadi buah bibir karena, menurut mendiang desainer Karl Lagerfeld, ini adalah "sepatu mules pertama yang layak untuk rumah mode." Heels ini dideskripsikan cukup berbeda dengan DNA desain alas kaki lain dari Chanel karena beraksen  seperti mutiara. Sepatu berujung hitam diperkenalkan Chanel berdekade lalu dan telah jadi ciri khas mereka sejak saat itu.

Soal harga, sepatu yang dikenakan Iriana Jokowi ini dibanderol 1.100 dolar Amerika Serikat (sekitar Rp15,8 juta), menurut laman Tradesy. Warna sepatu tersebut tampak kontras dengan pilihan busana berpalet netral yang dikenakannya dalam peringatan Kemerdekaan RI, Agustus tahun lalu.

4 dari 4 halaman

Baju Adat Jokowi

Presiden Jokowi juga melanjutkan tradisi memakai baju adat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR 2022 yang digelar hari ini. Jokowi mengenakan baju adat Bangka Belitung, bernama Paksian yang didominasi warna hijau tua.

"Presiden memilih baju adat Paksian dari Bangka Belitung. Baju ini terdiri dari jubah panjang sebatas betis, celana panjang, selempang dan kain tenun cual khas Bangka. Sedangkan untuk penutup kepala dipakaikan sungkon," jelas Anggit.

Menurut Anggit, baju adat ini aslinya berwarna merah. Seiring perkembangan zaman, warna bajunya menyesuaikan selera pemakainya. Warna hijau yang dipilih mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

Baju adat ini diperoleh langsung dari perajin lokal di Bangka Belitung. Setelah menyampaikan ukuran baju dan celana Jokowi, para perajin segera mempersiapkannya.

"Mereka yang menjahit dan menyiapkan baju beserta aksesorisnya dalam waktu sekitar tiga hari. Setelah jadi, baju adat dibawa kurir dari Bangka Belitung menuju Jakarta," terangnya soal baju adat Bangka Belitung. Sementara, motif Pucuk Rebung yang menghiasi baju bermakna kerukunan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS