Sukses

4 Tips Liburan Hemat di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta kerap diidentikkan dengan biaya dan gaya hidup sehari-hari yang cukup mahal, terutama kalau dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia.

Ini juga yang menjadi salah satu alasan beberapa orang enggan berkunjung ke Jakarta untuk sekadar liburan. Jakarta pun terkadang bukan jadi destinasi wisata bagi orang Indonesia. Tempat wisata lain di Jakarta dianggap lebih terjangkau.

Padahal, berlibur di Jakarta bisa dilakukan secara hemat asalkan Anda tahu tips-tips yang tepat untuk diterapkan. Simak lima cara untuk liburan hemat di Jakarta.

Susun itinerary dengan benar

Mengingat DKI Jakarta merupakan sebuah provinsi, tentu wilayanya begitu luas. Akan sangat sulit untuk mengeksplor seluruh wilayah Jakarta dalam beberapa hari saja. Di sinilah itinerary bisa membantu Anda untuk berkeliling Jakarta secara maksimal.

Sebaiknya jangan terlalu ambisius untuk menjelajahi seluruh sudut Jakarta. Pilih salah satu wilayah, lalu maksimalkan di situ. Misalnya, Anda akan menginap di kawasan Jakarta Barat. Nah, Anda bisa menyusun itinerary dengan tempat-tempat wisata yang berada di wilayah tersebut.

Beberapa yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah Kota Tua Jakarta dan Gedung Arsip Nasional. Kedua tempat ini bisa Anda masuki secara gratis sehingga akan sangat membantu menghemat pengeluaran.

Pilih tempat wisata yang terjangkau

Sebetulnya masih ada cukup banyak tempat wisata di Jakarta yang tidak memasang tarif sehingga Anda bisa mengunjunginya secara gratis. Selain kedua tempat yang disebutkan di atas, ada juga Monuman Nasional (Monas) di kawasan Jakarta Pusat.

Namun, jika ingin naik ke puncak monumen, Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp15 ribu per orang. Begitu juga kalau ingin masuk ke Museum Sejarah Monas, tiket masuknya kurang lebih Rp10 ribu saja.

Bergeser ke Jakarta Selatan, di sini Anda bisa menemukan beragam kuliner dengan harga terjangkau, tepatnya di Pusat Jajanan Blok S. Mulai dari bakso, siomay, nasi kebuli, bahkan hingga steak, semua dapat Anda temukan di sini. Beberapa yang cukup jadi favorit adalah Nasi Kebuli dan Bakso Tenis Pak Kumis.

2 dari 2 halaman

Beli tiket pesawat lebih awal

Semakin awal Anda mempersiapkan keberangkatan ke Jakarta, maka Anda bisa mendapatkan tiket akomodasi dengan harga yang cenderung lebih murah.  Karena itu Anda disarankan untuk membeli tiket pesawat sejak jauh-jauh hari, terlebih sejak beberapa bulan ini harga tiket pesawat dikabarkan mengalami kenaikan.

Namun, tenang saja, Anda tetap bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga sesuai bujet apabila memanfaatkan fitur Price Alert Traveloka. Melalui fitur ini, Anda bisa memasukkan bujet tiket pesawat yang dikehendaki, destinasi perjalanan, dan tanggal keberangkatan.

Nantinya, kalau ada tiket pesawat dengan harga sesuai bujet yang sudah Anda atur sebelumnya, Traveloka akan mengirimkan notifikasi.  Agar bisa segera mendapatkan tiket pesawat destinasi Jakarta Traveloka, jangan tunda-tunda lagi untuk mengaktifkan fitur Price Alert pada aplikasi Traveloka di perangkat mobile Anda.

Keliling dengan transportasi umum

Tahukah Anda bahwa Jakarta masuk daftar kota terbaik di dunia dalam hal perbaikan sistem transportasi umum? Penghargaan ini didapatkan dari ajang Sustainable Transport Award 2019 yang diadakan di Brazil.

Jadi, selama liburan di Jakarta, Anda tidak perlu khawatir soal mobilitas karena ada begitu banyak pilihan transportasi umum yang bisa Anda gunakan. Salah satu yang terbaru adalah Mass Rapid Transit (MRT), kereta rel listrik cepat yang menghubungkan kawasan Lebak Bulu-Bundaran HI di jalur utara-selatan.

Proyek MRT ini masih akan berlanjut hingga ada lebih banyak kawasan yang bisa tersambung. Selain MRT, Anda juga bisa menggunakan beberapa transportasi umum lain seperti KRL, Transjakarta, atau Bus Kopaja.

Bahkan tersedia pula Bus Pariwisata Jakarta yang akan mengantarkan Anda ke berbagai tempat wisata dan bersejarah di ibu kota. Jadi, sambil berlibur, Anda pun bisa mengenal Jakarta secara lebih jauh.

Berbekal tips-tips di atas, semoga Anda bisa menikmati pesona ibu kota tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak biaya. Kuncinya adalah memesan tiket pesawat jauh-jauh hari dengan fitur Price Alert Traveloka, menggunakan transportasi umum, dan melakukan riset tempat-tempat wisata berharga terjangkau. Semoga liburan Anda di Jakarta berjalan menyenangkan!

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Instalasi Kece untuk Wisata Selfie Terbaru di Jakarta, Bisa Slow-Mo Juga
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Pelesiran Singkat, 4 Serangkai nan Eksotis di Kepulauan Seribu