Sukses

Jenis Segitiga, Rumus, dan Gambarnya dalam Pelajaran Matematika

Liputan6.com, Jakarta Jenis segitiga perlu kamu ketahui, terutama terkait pelajaran geometri. Segitiga merupakan salah satu jenis bangun datar yang memiliki tiga sisi dan tiga titik sudut. Semua sisi dan sudut bisa memiliki ukuran yang berbeda. 

Jenis segitiga dibagi berdasarkan panjang sisi dan besar sudutnya. Berdasarkan panjang sisinya, segitiga dibedakan menjadi 3 antara lain: segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga sembarang. Sementara itu, berdasarkan berdasarkan besar sudutnya, segitiga juga dibedakan menjadi 3 yaitu: segitiga tumpul, segitiga siku-siku dan segitiga lancip.

Jenis segitiga ini biasanya sudah mulai kamu pelajari di Sekolah Dasar. Mengenali jenis segitiga ini bisa membantu kamu dalam mengetahui cara mencari luas dan kelilingnya. Kamu bisa menemukan bentuk segitiga pada berbagai benda dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/1/2022) tentang jenis segitiga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Rumus Luas dan Keliling Segitiga

Sebelum mengenali jenis segitiga, kamu mungkin perlu mengetahui rumus luas dan kelilingnya terlebih dahulu. Segitiga merupakan bangun datar yang memiliki 3 buah sisi dan mempunyai 3 buah titik sudut. Semua sisi dan sudut bisa memiliki ukuran yang berbeda. Segitiga adalah bentuk dua dimensi tertutup. Ia adalah poligon tiga sisi. Semua sisi terbuat dari garis lurus. Sifat paling penting dari segitiga adalah jumlah sudut dalam segitiga sama dengan 180 derajat.

Rumus luas segitiga adalah alas kali tinggi dibagi dua atau:

L = ½ × a × t

Rumus keliling segitiga adalah:

Keliling segitiga = a + b + c

3 dari 4 halaman

Jenis Segitiga Berdasarkan Panjang Sisi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jenis segitiga berdasarkan panjang sisi terbagi menjadi 3, yaitu segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, dan segitiga sembarang. Berikut penjelasannya:

Segitiga Sama Sisi

Jenis segitiga berdasarkan panjang sisinya yang pertama adalah segitiga sama sisi. Segitiga sama sisi adalah jenis segitiga yang ketiga sisinya sama panjang (kongruen). Segitiga sama sisi bentuknya selalu segitiga lancip dan besar sudut-sudutnya sama. Setiap sudut dalam sebuah segitiga sama sisi besarnya adalah 60 derajat.

Segitiga sama sisi memiliki ketiga sisi yang sama panjang, karena ini semua sudut internal memiliki derajat yang sama, yaitu masing-masing sudut adalah 60 °.

Ciri-ciri segitiga sama sisi:

- memiliki 3 sisi sama panjang

- memiliki 3 sudut sama besar (60°)

- memiliki 3 simetri lipat

- memiliki 3 simetri putar

Segitiga Sama Kaki

Jenis segitiga berdasarkan panjang sisinya yang kedua adalah segitiga sama kaki. Segitiga sama kaki adalah jenis segitiga yang paling sedikit terdapat dua sisi yang saling sama panjang (kongruen). Pada segitiga sama kaki, dua sisinya sama panjang. Dua sudut yang berhadapan dengan dua sisi yang sama besar juga sama besar.

Sebuah segitiga sama kaki yang siku-siku besar sudut-sudut kakinya adalah 45 derajat. Kadang-kadang ia dinyatakan memiliki dua sisi dengan panjang yang sama, dan kadang-kadang memiliki setidaknya dua sisi dengan panjang yang sama.

Ciri-ciri segitiga sama kaki:

- memiliki 2 sisi sama panjang

- memiliki 2 sudut yang masing-masing berukuran 45 derajat

- memiliki 1 simetri lipat

- memiliki 1 simetri putar

Segitiga Sembarang

Dalam geometri, jenis segitiga sembarang adalah segitiga yang semua sisinya berbeda panjang. Ini berarti semua sisi segitiga tidak sama panjang dan ketiga sudutnya juga berbeda ukuran. Segitiga sembarang adalah segitiga yang panjang sisi-sisinya tidak ada yang sama (kongruen).

Segitiga sembarang mungkin masuk ke dalam jenis segitiga lancip atau segitiga tumpul. Segitiga sembarang adalah jenis segitiga yang ketiga sisinya memiliki ukuran sisi yang berbeda, karena inilah ketiga sudutnya juga berbeda satu sama lain.

4 dari 4 halaman

Jenis Segitiga Berdasarkan Besar Sudut

Jenis segitiga berdasarkan bentuk sudutnya juga terbagi menjadi 3, yaitu segitiga lancip, segitiga tumpul, dan segitiga siku-siku. Berikut penjelasannya:

Segitiga Lancip

Segitiga lancip merupakan jenis segitiga yang sudurnya memiliki besar sudut antara 0° hingga kurang dari 90°. Sudut ini lebih kecil dari sudut siku-siku. Segitiga yang dibentuk oleh semua sudut berukuran kurang dari 90˚ dikenal sebagai segitiga lancip.

Segitiga Tumpul

Segitiga tumpul adalah jenis segitiga yang mempunyai besar sudut antara 90° hingga kurang dari 180°. Jika diterjemahkan ke dalam notasi matematika, sudut tumpul dituliskan dengan 90° < x < 180°, di mana x adalah besar sudut yang diukur. Sudut tumpul adalah jenis segitiga yang salah satu sudutnya lebih besar dari 90 derajat. Segitiga tumpul bisa berupa segitiga sama kaki atau tak sama panjang.

Segitiga Siku-Siku

Jenis segitiga selanjutnya adalah segitiga siku-siku. Segitiga ini memiliki besar sudut tepat 90°. Sudut siku-siku pada segitiga diwakili oleh simbol ∟. Jika dua garis lurus saling berpotongan pada sudut 90˚ atau saling tegak lurus di persimpangan, keduanya membentuk sudut siku-siku.

Pada setiap segitiga siku-siku, berlaku aturan (teorema) Pythagoras yang berbunyi “kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat sisi siku-sikunya”. Atau apabila panjang sisi miring adalah c, dua sisi siku-siku lainnya adalah a dan b maka hubungannya adalah: c2= a2+ b2.

Ciri-ciri segitiga siku-siku:

- memiliki sisi dengan panjang berbeda

- memiliki 2 sudut lancip

- memiliki 1 sudut siku-siku (90°)

- memiliki 1 simetri lipat

- tidak punya simetri putar

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS