Sukses

Fakta-Fakta Tiyo, Bocah Disabilitas Asal Ciamis Pemilik IQ Tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Dikenal sebagai Tiyo Satrio, bocah berumur 11 tahun ini terlahir dengan kondisi fisik yang tidak sempurna. Tiyo terlahir tidak memiliki kaki dan juga tangan. Namun, siapa sangka jika dibalik kekurangannya justru Tiyo dikenal sebagai anak yang memiliki IQ yang tinggi.

Bocah asal Ciamis ini rupanya menjadi kebanggaan para guru di sekolahnya. Bahkan kepala sekolahnya pun mengatakan bahwa Tiyo mampu menyelesaikan soal matematika kelas empat, padahal Tiyo sendiri masih duduk di bangku kelas dua.

Kekurangan fisik tidak membuat Tiyo patah semangat, setiap pagi pun ia rajin ke sekolah dengan diantar oleh ibu dan juga ayahnya menggunakan sepeda motor.

Kekurangan fisik Tiyo, ia dapatkan dari sejak lahir. Meskipun begitu, orangtua Tiyo tidak menganggap bahwa Tiyo anak yang berbeda dari yang lain. Tiyo memiliki keistimewaan tersendiri bagi ibunya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Bantuan dari Pemerintah Sudah Tidak Ada

Meski pada awalnya Tiyo Satrio sempat mendapatkan bantuan dari pemerintah, namun sudah satu tahun ini bantuan tersebut tidak mereka terima.

3 dari 5 halaman

2. Sempat Malu Datang ke Sekolah

Ternyata pada awalnya Tiyo tidak mau datang ke sekolah, hal itu dikarenakan ia malu dengan kondisinya yang berbeda dengan teman-teman sebayanya.

4 dari 5 halaman

3. Masih Bisa Melakukan Beberapa Hal Seorang Diri

Meskipun kondisi fisik yang berkekurangan, Tiyo masih bisa melakukan beberapa hal seorang diri, seperti bergerak. Ia akan berguling-guling untuk dapat bergerak. Jika membutuhkan bantuan dari ibu dan ayahnya, biasanya ia akan menggunakan kursi roda.

 

Penulis: Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

Loading
Artikel Selanjutnya
1 Tangan Hilang Digigit Hiu Tak Hentikan Bethany Hamilton Jadi Peselancar Dunia
Artikel Selanjutnya
Berkaki Satu Tak Halangi Melissa Stockwell Jadi Atlet Triathlon Profesional