Sukses

Cerita Akhir Pekan: Daftar Pesohor yang Tutup Akun Medsos

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna media sosial berkembang sangat pesat di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Pada kuartal pertama 2017 saja pengguna aktif Instagram di Indonesia mencapai 45 juta.

Di Indonesia angka tersebut mengalami peningkatan drastis. Pada Januari 2018, Indonesia masuk urutan ke-3 pengguna aktif Instagram terbesar di dunia, setelah Amerika Serikat dan Brasil.

Kalangan pesohor jadi bagian dari pengguna aktif Instagram itu. Lewat Instagram, mereka membagikan berbagai aktivitas keseharian mereka.

United Kingdom's Royal Society for Public Health sempat melakukan survei kepada 1.479 pemuda di seluruh Inggris Raya pada 2017. Hasilnya, Instagram, aplikasi untuk berbagi foto, dinilai sebagai media sosial terburuk bagi kesehatan mental dan jiwa.

Instagram dianggap berkaitan dengan tingkat kecemasan yang tinggi, depresi, dan bullying, serta fobia ketinggalan berita di jejaring sosial. Meski begitu, media sosial seperti Instagram dan lainnya pun memiliki nilai positif, dalam hal menunjukkan menunjukkan ekspresi diri, identitas diri, membangun komunitas, dan dukungan emosional.

Bagi pesohor di Indonesia, media sosial jadi sarana interaksi untuk menjalin komunikasi dengan penggemar atau mempromosikan karya atau produk mereka. Di luar pro-kontra tersebut, Liputan6.com merangkum sejumlah pesohor yang memutuskan undur diri dari ingar bingar Instagram. Namun, lebih banyak dari mereka kembali aktif di media sosial. Siapa saja mereka? 

2 dari 8 halaman

Sarah Sechan

Presenter ini memutuskan untuk berhenti bermain media sosial, termasuk Instagram pada Maret 2017 lalu. Saat itu, ia mengumumkan mundur dari media sosial lewat Instagram. Alasannya, ia ingin memulai hidup dan menikmati setiap momen dalam hidupnya tanpa sibuk memikirkan pendapat dan persetujuan dari orang lain.

3 dari 8 halaman

Ariel Tatum

Ariel Tatum juga pernah memutuskan untuk jeda dari jagat maya. Mantan kekasih pesepakbola Ryuji Utomo ini mengumumkan keputusan tersebut lewat akun Instagramnya pada 19 Juni 2017. Kini, Ariel  bermain media sosial kembal.

"Setelah lama mempertimbangkan, saya memutuskan untuk istirahat dari televisi dan berbagai bentuk media sosial. Sampai jumpa lagi," tulis Ariel Tatum saat itu.

4 dari 8 halaman

Eva Celia

Selain itu, putri Sophia Latjuba dan Indra Lesmana ini juga pernah memutuskan untuk berhenti bermain media sosial dalam rentang waktu tertentu. Keputusan Eva Celia ini digunakan untuk mendetok kehidupannya. Belakangan, Eva kembali bermain media sosial.

5 dari 8 halaman

Dewi Perssik

Selain Eva Celia, Dewi Perssik juga pernah memutuskan untuk berhenti menggunakan Instagram. Akun Instagram miliknya @dewiperssik16 pernah disalahgunakan oleh oknum. Akun Instagram milik Dewi diretas orang tak bertanggung jawab.

Sejak saat itu, Dewi Perssik memutuskan untuk pamit sejenak dari Instagram dan akan membuat akun baru. Setelah beberapa saat, Dewi Perssik kini telah aktif kembali di Instagram baru dengan akun @dewiperssikreal.

6 dari 8 halaman

Mulan Jameela

Istri Ahmad Dhani pun memutuskan untuk berhenti menggunakan akun Instagram. Peristiwa tersebut terjadi pada Desember 2016 lalu.

Mulan Jameela berhenti bermain Instagram lantaran banyaknya haters yang menyerang akun pribadinya. Belakangan Mulan aktif kembali bermain Instagram. Ia banyak mengunggah aktivitasnya, termasuk meng-endorse banyak produk.

7 dari 8 halaman

Dinda Kirana

Nama lain yang juga pernah memutuskan istirahat dari media sosial adalah Dinda Kirana. Bagi Dinda, keputusan untuk berhenti sementara menggunakan media sosial karena telah menyita waktunya. Selain itu, ia menuliskan alasan berhenti bermain media sosial.

"Aku rasa ini yang tepat untuk istirahat dari media sosial. medsos sekarang yang gak sedikit membicarakan hal buruk dan kadang lumayan menyita waktu aktu karena aku jadi pingin cari tau. Aku rasa akan lebih baik buat aku juga untuk manfaatin waktu buat melakukan hal yang bisa bawa manfaat lebih. terimakasih. I'll see you when I see you!," curhat Dinda Kirana dalam akun Instagram pribadinya.

Dari banyak pesohor yang tutup akun media sosialnya, Sarah Sechan termasuk yang paling konsisten. Dalam akun @sarahsechan misalnya, ditulis bahwa Sarah tak memiliki akun media sosial, "Teh Sarah sudah tidak aktif semua sosial media."

8 dari 8 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: Yakin Anda Tidak Masuk dalam Kategori Kecanduan Media Sosial?
Artikel Selanjutnya
Tagar Ramadhan Kareem Jadi Trending Topic di Twitter