Sukses

Pengguna Instagram Kini Bisa Jual Barang Langsung dari Akunnya

Liputan6.com, Jakarta - Instagram baru saja mengumumkan fitur baru yang membantu para kreator dan influencer menjual barang langsung dari akunnya.

Dengan demikian, pengguna bisa langsung menandai (tag) produk yang mereka pajang di posting akun pribadinya untuk langsung menjualnya, serta mencantumkan nama produk dan harga kepada orang-orang yang melihat posting dan stories mereka.

Dilansir Tech Crunch pada Sabtu (4/5/2019), kehadiran fitur ini diyakini dapat meningkatkan daya beli pengguna terhadap apa yang mereka lihat dari para kreator dan influencer yang diikuti.

Meski demikian, fitur ini hanya dapat digunakan oleh para kreator dan influencer dalam kepentingan bisnis, bukan untuk pribadi

Adapun tujuan dari fitur ini bukan untuk membantu kreator mendapatkan penghasilan atas penjualannya.

Facebook mengatakan bahwa mulai sekarang, kreator tidak akan memotong setiap pembelian dari hasil siapa pun yang mengeklik tautan pos mereka.

"Untuk mengurangi beberapa pertanyaan yang berulang dari para pengikutnya, kemampuan fitur ini menandai produk dapat memberikan informasi yang dicari dan mengekspresikan diri mereka, serta membagikan apa yang ada di pikiran mereka untuk membuat para pengikut bahagia," kata juru bicara Instagram.

Instagram akan mencoba fitur baru ini pada kelompok kecil kreator selama beberapa minggu ke depan, ada beberapa akun pesohor yang akan mencoba fitur baru ini, seperti Gigi Hadid, Kim Kardashian West, Kris Jenner, Kylie Jenner, and Leesa Angelique.

 

2 dari 4 halaman

Dirombak, Instagram Stories Kini Tampil Lebih Segar

Instagram kembali mengumumkan sejumlah pembaruan yang dihadirkan untuk Stories.

Kali ini, Instagram menggulirkan beberapa hal, mulai dari perubahan tampilan hingga sejumlah fitur terbaru.

"Dengan lebih dari 500 juta pengguna aktif harian. Instagram Stories terus berkembang menjadi tempat bagi para pengguna berekspresi dan berinteraksi dengan pengguna lain dan minat mereka," tutur Instagram dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (1/5/2019).

Salah satu perubahan yang akan terlihat adalah tampilan Instagram Stories. Media sosial milik Facebook ini akan memperkenalkan desain kamera Stories baru dan modus 'Create' untuk memudahkan pengguna berbagi foto maupun video.

Dengan desain kamera baru ini, pengguna dapat mengakses sejumlah fitur Stories, seperti efek kamera hingga stiker secara lebih mudah. Perubahan ini digulirkan untuk seluruh pengguna dalam waktu dekat.

Fitur lain yang akan hadir adalah stiker untuk donasi. Sesuai namanya, pengguna dapat melakukan penggalangan dana untuk organisasi nonprofit melalui stiker ini di Instagram Stories.

Lalu, fitur anyar lain yang diperkenalkan Instagram adalah belanja langsung dari akun kreator.

Jadi, pengguna tidak perlu melakukan screeshot atau mengirimkan pesan melalui Direct untuk mengetahui produk yang digunakan kreator dalam unggahannya.

Melalui fitur ini, pengguna tinggal mengklik unggahan kreator untuk melihat produk yang sedang digunakan. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat melakukan pembelian langsung lewat Instagram.

Beberapa kreator yang terlibat dalam uji coba fitur ini adalah Aimee Song, Camile Coelho, HypeBeast, Gigi Hadid, hinga Neil Blumenthal.

Menurut Instagram, kemampuan anyar ini merupakan bagian dari fitur belanja Instagram yang terus ditingkatkan.

3 dari 4 halaman

Kembali Ramaikan Stories, Instagram Hadirkan Fitur Stiker Kuis

Instagram kembali memperkenalkan fitur anyar untuk Stories. Kali ini, Instagram merilis fitur bernama Stiker Kuis bagi para pengguna.

Fitur ini memungkinkan pengguna mengekspresikan hal-hal yang mereka sukai sekaligus menguji seberapa baik para pengikut mengetahui tentang diri mereka.

Dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com dari Instagram, Rabu (24/4/2019), fitur ini juga membuka kesempatan pelaku UMKM mengadakan kuis berhadiah bagi para pelanggan.

"Stiker Kuis melengkapi rangkaian fitur interaktif dalam Instagram Stories, seperti Poll Sticker, Questions Sticker, dan Emoji Slider," ujar Instagram dalam keterangan resminya.

Saat ini, fitur Stiker Kuis sudah tersedia untuk pengguna Instagram di iOS dan Android. Untuk mengetahui cara menggunakan fitur Stiker Kuis, berikut ini caranya.

1. Ambil foto atau video yang ingin dibagikan di Stories.

2. Tambahkan Stiker Kuis dari galeri stiker yang dapat diakses menekan ikon smiley.

3. Setelah itu, kamu tinggal memilih warna stiker yang diinginkan.

4. Beri nama kuis tersebut dan masukkan dua hingga empat jawaban.

5. Lalu, kamu harus memilih jawaban benar sebelum membaginya ke para followers.

Nantinya, setelah followers memilih salah satu jawaban tersebut, mereka akan langsung mengetahui jawaban yang benar. 

(Shintya Alfian/Jek)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Peduli Lingkungan, Pria Ini Sadarkan Warganet Lewat Foto Sampah di Instagram
Artikel Selanjutnya
Instagram Uji Coba Fitur Baru untuk Boomerang dan Stories