Sukses

20 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah dengan Bahan Alami

Jakarta Kulit wajah yang berminyak sering menjadi gangguan kulit yang dialami oleh beberapa orang. Tampilan kulit yang karena minyak tentu bukanlah pemandangan yang indah untuk dilihat. Apalagi jika ada jerawat yang menghiasinya. Sebab munculnya jerawat seringkali jadi pasangan dari kulit berminyak.

Lalu, apa sih yang menyebabkan produksi minyak di wajah Anda jadi berlebih?

Perubahan hormon

Ketika kulit wajah Anda berminyak dari yang biasanya kering atau normal, bisa jadi sedang terjadi perubahan hormon dalam tubuh Anda. Bisa saja karena Anda sedang stres atau sedang dalam masa pra menstruasi bagi wanita.

Memakai produk kecantikan yang salah

Memakai produk kecantikan baik pelembap, bedak, maupun yang lainnya sebaiknya Anda sesuaikan dengan jenis kulit wajah Anda. Memakai produk kecantikan yang ternyata tidak sesuai dengan jenis kulit akan menimbulkan penolakan oleh kulit wajah Anda dengan cara produksi minyak yang berlebih.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak

Mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan akan menimbulkan dampak di mana produksi minyak pada kulit juga akan bertambah. Sehingga kulit terlihat berminyak.

Cuaca

Pergantian cuaca yang ekstrim juga bisa mengakibatkan kulit wajah berminyak. Bisa saja pada musim kemarau karena cuaca yang panas, kulit jadi memproduksi minyak berlebihan.

Untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak, tentu dibutuhkan penanganan ekstra. Selain wajah yang terlihat mengkilap dan kusam, bagi perempuan yang hobi dandan, make up bisa luntur karena minyak yang diproduksi secara berlebihan oleh kulit. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan minyak di wajah. Dirangkum Liputan6.com (11/7) berikut adalah cara menghilangkan minyak di wajah.

Cara menghilangkan minyak di wajah

1. Rajin membersihkan wajah

Sebenarnya hal ini mudah dilakukan, namun banyak orang yang tidak membersihkan wajahnya secara rutin. Dengan wajah yang berminyak, bersihkan wajah Anda menggunakan pembersih wajah yang cocok dengan tipe wajah setidaknya dua kali sehari yakni sebelum beraktifitas dan sebelum istirahat malam.

2. Memakai produk pembersih wajah yang tepat

Untuk membersihkan wajah, bagi Anda yang memakai sabun, jangan menggunakan sabun yang terlalu banyak busa atau yang menggunakan bahan deterjen. Carilah produk pembersih wajah yang dikhususkan untuk wajah berminyak.

3. Selalu menghapus make up

Pastikan setiap kali memakai make up Anda menghapusnya secara bersih. Agar make up yang menumpuk pada wajah tidak menyebabkan masalah lain di wajah.

4. Membersihkan wajah menggunakan air hangat

Membersihkan wajah berminyak menggunakan air hangat akan membuka pori-pori sehingga minyak di wajah bisa berkurang secara signifikan.

5. Jeruk nipis dan putih telur

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Sedangkan putih telur dapat mengenyalkan wajah Anda serta untuk mencerahkan kulit wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami ini mudah saja. Putih telur digunakan sebagai masker yang sebelumnya dicampur dengan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dan memaksimalkan manfaatnya.

6. Lemon

Jeruk yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C berikut adalah lemon. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Dengan mengoleskan perasan lemon pada wajah Anda, maka minyak di wajah akan berkurang.

7. Apel

Anti-septik dalam apel berguna agar sel kulit mati terkelupas sehingga minyak yang menumpuk pada wajah akan hilang atau berkurang. Caranya adalah dengan memarut halus apel lalu gunakan sebagai masker pada wajah.

8. Avokad

Avokad bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini karena avokad banyak mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal.

9. Pisang

Pisang kaya akan vitamin C dan tentu saja efektif sebagai cara menghilangkan minyak di wajah secara alami. Caranya yaitu dengan menghaluskan 1 buah pisang lalu tambahkan 1 sdm madu. Campur hingga rata lalu oleskan pada wajah.

10. Mentimun

Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran wajah terjaga sehingga wajah tidak terlihat kusam. Mentimun juga berguna untuk menghambat pigmentasi kulit serta menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Gunakan mentimun sebagai masker alami untuk membasmi minyak di kulit.

11. Tomat

Senyawa anti-oksidan yaitu lycopene ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah, berseri, dan tidak berminyak. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

12. Bengkoang

Banyak sekali produk kecantikan yang mengandung bengkoang sebagai pemutih. Namun tidak hanya berguna sebagai pemutih, bengkoang juga merupakan cara efektif untuk menghilangkan minyak di wajah. Hal ini dikarenakan bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang sangat berperan penting bagi kesegaran wajah.

Caranya mudah saja. Parut bengkoang lalu peras dengan menggunakan air. Gunakan sarinya sebagai masker wajah alami

13. Almond

Selain bekerja untuk mengelupas sel kulit mati, almond juga bekerja untuk mengurangi minyak berlebih terutama pada wajah Anda. Caranya adalah dengan menumbuk halus 2 biji almond kemudian tambahkan 2 sendok teh madu lalu oleskan merata pada wajah.

14. Susu

Dalam wajah terdapat kolagen agar kulit tetap terlihat kenyal dan tidak berkerut. Nah, susu memiliki kandungan vitamin D yang dapat meningkatkan produksi kolagen serta vitamin B6 berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap namun tidak tampak berminyak.

15. Yogurt

Tentu Anda tahu bahwa yogurt merupakan produk olahan susu. Oleh karena itu, tentu saja yogurt mengandung kalsium dan zinc. Kalsium berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi sedangkan zinc berperan untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah. Begitu pula dengan vitamin B kompleks yang dapat menyehatkan wajah Anda dan membuatnya bersinar alami.

16. Oatmeal

Oatmeal kaya akan antioksidan yang penting untuk menjaga wajah dari radikal bebas yang memberikan dampak bagi kesehatan internal maupun eksternal bagi kulit. Buat oatmeal jadi bubur lalu jadikan lulur. Anda bisa menambahkan madu juga.

17. Madu

Pelembap alami wajah selanjutnya adalah madu yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan antioksidan. Anda cukup mengambil 1 sdm madu lalu oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

18. Cuka apel

Cuka apel memang asam, namun justru asam ini dapat membantu regenerasi kulit serta mengikis dan mengangkat sel kulit mati. Cuka apel berfungsi sebagai toner alami bagi kulit wajah Anda. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air lalu celupkan kapas dan oleskan pada wajah Anda.

19. Baking soda

Baking soda berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati yang menumpuk pada wajah, mengatur produksi minyak di kulit, dan membantu menjaga kadar pH kulit. Buat pasta dengan menggunakan baking soda lalu oleskan pada wajah secara merata.

20. Lidah buaya

Zat yang menghambat pembentukan melanin yang membuat wajah menjadi gelap yakni aloesin ada dalam lidah buaya. Itulah sebabnya mengapa banyak jenis produk pencerah wajah yang memasukkan lidah buaya dalam komposisinya. Selain mencerahkan, lidah buaya juga akan menyerap minyak berlebih pada wajah dan mengecilkan pori-pori wajah sehingga minyak tidak akan diproduksi secara berlebihan.

Anda bisa membuat masker dari lidah buaya untuk mengatasi gangguan kulit yang terjadi.

Adanya minyak di wajah sebenarnya merupakan hal yang normal sebab bisa menjaga kelembapan kulit. Minyak ini bisa menimbulkan masalah ketika produksinya berlebih. Oleh karena itu redakan dengan bahan alami di atas.

Artikel Selanjutnya
15 Cara Menghilangkan Stretch Mark Sehingga Kulit Jadi Mulus Kembali
Artikel Selanjutnya
7 Cara Mempercepat Haid Secara Alami dan Aman