Sukses

Maksimalkan Manfaatnya, Ini Waktu yang untuk Tepat Makan Buah

Liputan6.com, Jakarta Buah-buahan yang kaya akan manfaat bagi tubuh manusia menjadi asupan wajib yang harus dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh. Dilansir dari lifehack.com pada Selasa (12/7/2016), tubuh kita membutuhkan tiga-empat porsi buah setiap hari, setara dengan dua gelas buah per hari. Namun ternyata, ada waktu-waktu tertentu bagi tubuh kita untuk mencerna buah yang kita konsumsi secara efisien dan maksimal yang belum diketahui banyak orang. Yuk, kita intip tiga tips jitu berikut ini.

Makan Buah di Pagi Hari
Karena mengandung fruktosa yang tinggi, sangat baik mengkonsumsi buah di pagi hari untuk memulihkan tubuh yang telah diam semalaman. Jika mengonsumsi buah sebelum tidur, kadar gula yang tinggi dapat membantu Anda untuk tidur tepat waktu.

Buah mudah dicerna dan dipecah menjadi nutrisi oleh sistem pencernaan, sehingga baik untuk dikonsumsi pada pagi hari sebelum makan.

Setelah makan buah-buahan, tunggu selama satu-dua jam agar buah dicerna terlebih dahulu sebelum Anda menyantap makanan lain. Jangan khawatir, Anda tidak akan merasa kembung atau sakit perut.

Jangan Pernah Makan Buah dengan Makanan
Hanya sedikit yang tahu bahwa faktanya Anda tidak boleh makan buah dengan campuran apa pun, kecuali buah yang lainnya.

Menu salad buah baik untuk dikonsumsi,selama Anda tidak mencampurkannya dengan jenis makanan lain selain buah. Namun, menu buah dengan terlalu banyak campuran yang lain dapat memperlambat proses pencernaan, termasuk smoothie. Sesekali tidak ada salahnya mengonsumsi smoothie dengan buah, sedikit susu kacang, susu kelapa, dan sayuran. Pastikan Anda perbanyak minum air putih agar saluran pencernaan tetap sehat dan lancar.

Makan Buah di Pagi Hari Tingkatkan Kebahagiaan
Makan buah lebih awal di pagi hari akan menambah energi untuk memulai aktivitas. Energi yang bertambah akan membuat Anda prima saat beraktivitas. Sebagai tambahan manfaatnya, makan buah juga dapat membantu menurunkan berat badan, cocok untuk Anda yang sedang ingin mencoba program diet.

Buah-buahan mengandung banyak nutrisi, serat dan karbohidrat yang sehat untuk menjaga tubuh Anda agar tetap baik sepanjang hari.

Setiap buah memiliki nutrisi yang berbeda di dalamnya. Kebanyakan buah mengandung vitamin C. Dengan mengonsumsi beberapa macam campuran buah, berarti Anda menambahkan nutrisi sehat bagi tubuh Anda. Contohnya pisang, yang mengandung potasium yang dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan stroke.

(Dearni Grasia)

BERANI BERUBAH: Lepas Gengsi, Jemput Rezeki