Sukses

Puasa Ayyamul Bidh Dzulqa’dah: Jadwal Juni 2023, Niat dan Keutamaannya

Memasuki bulan Dzulqa’dah 1444 H umat Islam perlu tahu ibadah-ibadah sunnah yang dapat dijalankan. Salah satu ibadah yang rutin dilakukan setiap bulan dan dapat dikerjakan pada Dzulqa’dah adalah puasa sunnah Ayyamul Bidh.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki bulan Dzulqa’dah umat Islam perlu tahu ibadah-ibadah sunnah yang dapat dijalankan. Salah satu ibadah yang rutin dilakukan setiap bulan dan dapat dikerjakan pada Dzulqa’dah adalah puasa sunnah Ayyamul Bidh.

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa yang dilaksanakan pada pertengahan bulan qomariah. Yakni setiap tanggal 13, 14, dan 15. Dalil pelaksanaan puasa Ayyamul Bidh berdasarkan hadis riwayat Abu Dawud berikut.

Diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw telah memerintahkan untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15’.” (HR Abu Dawud). (An-Nawawi, Riyâdhus Shâlihîn, juz II, h. 81 dikutip dari NU Online)

Hukum melaksanakan puasa Ayyamul Bidh adalah sunnah. Artinya, jika dikerjakan mendapat pahala dan jika ditinggalkan tidak menjadi dosa.

Pada Dzulqa’dah puasa Ayyamul Bidh bertepatan dengan bulan Juni 2023. Berikut adalah jadwal puasa Ayyamul Bidh lengkap dengan niat dan keutamaannya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Juni 2023

Berdasarkan Kalender Kementerian Agama Republik Indonesia, berikut adalah jadwal puasa Ayyamul Bidh Juni 2023.

  • 13 Dzulqa'dah 1444 H/Jumat, 2 Juni 2023
  • 14 Dzulqa'dah 1444 H/Sabtu, 3 Juni 2023
  • 15 Dzulqa'dah 1444 H/Ahad, 4 Juni 2023
3 dari 3 halaman

Niat dan Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Berikut adalah lafal niat puasa Ayyamul Bidh.

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى  

Arab-latin: Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta’âlâ.   

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Bagi yang melaksanakan puasa ayyamul bidh akan meraih keutamaan luar biasa, di antara keutamaannya seperti puasa sepanjang tahun. Keutamaan ini berdasarkan hadis riwayat Bukhari nomor 1979.

Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun,” demikian sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ’As. Wallahu’alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.