Sukses

9 Istilah Bencana dalam Islam, Jangan Sampai Keliru Penyebutan Sesuai Konteks

Secara umum, bencana alam dalam Islam lazim disebut musibah. Namun, ternyata dalam Al-Qur'an dan hadis, bencana dapat ditemukan dalam istilah yang bervariasi

Liputan6.com, Banyumas - Secara umum, bencana alam dalam Islam lazim disebut musibah. Namun, ternyata dalam Al-Qur'an dan hadis, bencana dapat ditemukan dalam istilah yang bervariasi.

Variasi istilah bencana tersebut merujuk pada konteks kebencanaan. Seringkali, penyebutan ini terhubung dengan muasal bencana yang bisa dilihat dengan berbagai perspektif.

Berikut ini akan dijelaskan 9 istilah bencana dalam Islam,dikutip dari muhammadiyah.or.id:

1. Musibah

Dalam istilah al-Qur'an, apa saja yang menimpa manusia disebut dengan “musibah”, baik yang berwujud kebaikan atau keburukan bagi manusia.

Dengan kata lain, tidak semua musibah adalah bencana. Musibah yang disebut bencana dan bermakna negatif adalah musibah yang mendatangkan keburukan bagi manusia dan hal itu merupakan hasil dari perbuatan manusia sendiri juga, bukan dari Allah, meskipun secara kasat mata musibah itu terjadi di alam.

2. Bala

Bala’ merupakan sebuah ujian atau cobaan baik yang berupa kebaikan (al-hasanat) ataupun yang berupa keburukan (al-sayyi’at), baik yang datang dari kejadian di alam semesta (gempa bumi, tsunami, banjir, tanah longsor, dan lain-lain) atau dari diri sendiri dan sosial kemasyarakatan (sakit, kerusuhan, kekurangan, dan lain-lain).

3. Fitnah

Fitnah diartikan sebagai sebuah peristiwa yang berasal dari hubungan antara manusia dengan manusia lainnya yang memunculkan dampak negatif baik berupa kematian, ketakutan, kesesatan dan kericuhan.

4. Fasad

Fasad berarti sikap manusia yang tidak baik yang berakibat pada kerusakan di bumi, baik kerusakan sosial ataupun kerusakan alam.

Dengan kata lain, fasad dimaknai sebagai semua perbuatan manusia yang bertentangan dengan kebaikan, baik itu berupa kesombongan, pembangkangan terhadap perintah Allah, perbuatan semena-mena, perpecahan dan pertumpahan darah.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Istilah Bencana dalam Islam

5. Halak

Berbeda dengan fasad, halak dalam al-Quran sebagian besar dihubungkan dengan perbuatan Allah bukan manusia, yaitu tindakan Allah memusnahkan, mematikan, atau membinasakan tersebut baik individu maupun kelompok. Dengan demikian halak berarti semua perbuatan Allah, yakni mematikan, membinasa-kan, dan memusnahkan makhluk baik individu maupun kelompok.

6. Tadmir

Tadmīr merupakan sifat dari sebuah kejadian yang buruk bagi manusia, yakni sifat “hancur sehancur-hancurnya”. Sifat tadmīr merupakan kehancuran yang berasal dari peristiwa alam dan perbuatan manusia. Sifat kehancuran ini pula merupakan bencana bagi manusia karena kesalahan manusia tidak memperhitungkan faktor risiko dari perbuatan yang dilakukannya.

7.Tamziq

Tamziq merupakan sifat dari sebuah kejadian yang buruk yang merupakan akibat dari perbuatan manusia sendiri. Karena manusia salah dalam berbuat dan berperilaku dengan berbagai hal yang telah ditetapkan oleh Allah, maka kehancuran itu akan terjadi. Oleh karena itu, istilah tamzīq merupakan bencana bagi manusia.

8. Iqab

Iqab merujuk kepada kejadian yang akan didatangkan oleh Allah bila manusia mendustakan Allah dan Rasullah. Kejadian yang datang itu berupa peristiwa yang menyakitkan dan merupakan keburukan bagi manusia. Selain itu, iqab merujuk pada bentuk “balasan” atas perbuatan manusia di muka bumi. Bila manusia berhasil dalam memahami ketentuan Allah dan mampu memperhitungkan risiko dari perilakunya atas diri sendiri dan alam, maka terhindar dari iqab.

9. Azab

Peristiwa yang masuk dalam kategori ‘ażāb dapat berupa peristiwa alam yang dahsyat seperti tsunami, tanah longsor, banjir, gunung meletus, dan gempa bumi, ataupun berupa peristiwa sosial yang besar seperti peperangan dan ancaman sosial lainnya yang berfungsi sebagai peringatan agar manusia kembali pada ketetapan Allah.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.