Sukses

Maria Salud Ramirez Caballero, Sosok Mama Coco Dalam Kehidupan Nyata Meninggal Dunia

Maria Salud Ramirez Caballero, sosok yang disebut-sebut menginspirasi karakter Mama Coco dalam film Pixar Coco meninggal dunia di usia 109 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kalian masih ingat dengan film produksi Pixar Coco? Film ini menceritakan perjalanan seorang anak laki-laki yang berumur 12 tahun bernama Miquel yang mengejar cita-citanya sebagai seorang musisi. Namun impiannya ini ditentang oleh keluarganya yang sangat anti terhadap musik.

Selain Miguel, Ernesto de la Cruz, Hector, dan Dante si anjing penjaga, ada sosok lain yang sangat ikonik dalam film Coco. Dialah Mama Coco yang namanya menjadi judul dalam film animasi ini.

Seluruh kisah dalam film itu rupanya tersebut terinspirasi dari kisah keluarga lokal di Meksiko. Produser film Coco juga bertemu dengan seorang nenek yang akhirnya menginspirasi karakter Mama Coco.

Mama Coco dikisahkan sebagai nenek buyut Miguel yang nyaris kehilangan seluruh pikirannya karena usia (pikun). Uniknya, sosok ini terinspirasi dari seorang nenek asal Meksiko. 

Nenek yang menginspirasi karakter Mama Coco bernama Maria Salud Ramirez Caballero. Caballero karib disapa dengan nama Nana Salud, yang seperti karakter Mama Coco, sangat mementingkan keluarga besarnya. 

Namun, belum lama ini Nana Salud, si Mama Coco dalam kehidupan nyata dikabarkan meninggal dunia di usianya yang ke-109 tahun. 

Mengutip TMZ, Selasa (18/10/2022), Mama Coco disebut telah meninggal dunia pada Senin, 16 Oktober 2022. Nana Salud meninggal dunia usianya yang menginjak 109 tahun. Nana Salud meninggal di Kota Santa Fe de la Laguna, negara bagian Michoacán, Meksiko.

Sebelumnya, Nana Salud didiagnosa mengidap penyakit paru obstruktif kronik yang menyebabkannya harus menggunakan tangki oksigen untuk bernafas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sosok Asli Mama Coco Tarik Perhatian Wisawatan

Popularitas film Coco ternyata juga menarik perhatian para wisatawan untuk mengunjungi sosok yang menginspirasi karakter Mama Coco di film.

Ketika dikunjungi oleh wisatawan, Nana Salud dan keluarga mengaku senang ketika ada orang-orang yang mau melihatnya sebagai Mama Coco.

 

Namun dibalik kabar tentang Mama Coco di kehidupan nyata, sosoknya sebagai penginspirasi Mama Coco rupanya tak diakui oleh kru film Coco. Padahal, Nana Salud dan keluarga mengaku tidak mengharapkan apa-apa termasuk uang.

Nana Salud hanya mau diakui sebagai sosok orisinil dari Mama Coco. Dalam wawancaranya, Mama Coco mengaku berjumpa seseorang di pasar yang memotret dirinya untuk dijadikan inspirasi dalam sebuah film.

Berikut ini beberapa fakta film Coco:

1. Lagu Ikonik Remember Me

Jika kalian sudah menonton film Coco, Anda pasti akan sangat familiar dengan lagu yang satu ini. Lagu Remember Me dapat didengar beberapa kali selama pemutaran film, dari versi Ernesto de la Cruz hingga versi Miguel dan Mama Coco. Lagu ini ditulis oleh Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez.

3 dari 4 halaman

2. Keluarga Rivera yang Unik

Keluarga besar Miguel, yaitu keluarga Rivera adalah keluarga pembuat sepatu. Berbeda dengan kebanyakan keluarga Meksiko lainnya, keluarga Rivera sangat menghindari musik. Mereka sama sekali tidak suka menyanyi dan menari, bahkan sepertinya membenci musisi.

Keluarga unik ini pun sangat akrab dan saling menjaga. Saat Miguel menyukai musik, mereka dengan sekuat tenaga mencegahnya bermain musik sebab mereka percaya musik membawa pengaruh jahat untuk Miguel.

Keluarga Rivera juga memiliki keturunan anak kembar dalam beberapa generasi, saat itu Miguel bertemu dengan paman kembarnya yaitu Tio Felipe dan Tio Oscar di Land of the Dead.

Dalam film ini, keluarga Rivera juga punya angggota keluarga kembar yakni Benny dan Manny yang berusia 4 tahun. Keakraban dan ikatan keluarga ini membuat Miguel yang tersesat di Land of Dead bisa selamat. 

 

4 dari 4 halaman

3. Pertemuan dengan Frida Kahlo, Seniman Self-Potrait Terkenal dari Meksiko

Dalam petualangannya, Miguel bertemu dengan seorang seniman legendaris dari Meksiko, Frida Kahlo, di Land of the Dead. Para filmmaker menggunakan beragam referensi, termasuk dari karya asli sang seniman, untuk menciptakan karakter Frida Kahlo.

Desain kostum Frida Kahlo juga dibuat dengan gaya Tehuantepec, yang sering kali digunakan oleh seniman tersebut semasa masih hidup.

Binatang peliharaan Frida Kahlo, monyet laba-laba juga dimunculkan dalam film ini sebagai Alebrije atau sang penuntun arwah dari Frida.

4. Dante si Ras Anjing Nasional Asli Meksiko

Dalam film ini pasti kita sering melihat anjing yang selalu bersama Miguel. Teman setia Miguel, Dante adalah seekor anjing Xolo yang merupakan kependekan dari Xoloitzcuintli.

Ras anjing tersebut disebut sebagai anjing nasional dari Meksiko. Hampir tidak berbulu, anjing Xolo kebanyakan memiliki beberapa gigi yang hilang. Karena itu, lidah mereka terbiasa menjulur keluar.

Para pembuat dari Coco tidak lupa untuk mengikutkan detail-detail tersebut untuk Dante. Teknik animasi untuk lidah Dante menggunakan teknik desain yang sama yang digunakan oleh Pixar dalam membuat pergerakan tentakel Hank, gurita berkaki tujuh yang merupakan karakter dari Finding Dory.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.