Sukses

Chicco Jerikho Pernah Alami Sepsis dengan Kondisi Buruk: Gue Sudah Pamit, Nggak Sanggup

Awalnya dokter menduga-duga, sakit apa yang dialami oleh Chicco Jerikho.

Liputan6.com, Jakarta Di media sosial viral lagi konten Chicco Jerikho saat cerita soal penyakitnya kepada Daniel Mananta. Dia pernah mengalami sepsis atau infeksi dan kondisi ini membuat kesehatannya tiba-tiba menurun drastis.

"Itu di bulan September, gue ngerasa sehat-sehat aja. Gue masih bangun pagi, terus gue syuting. Selesai syuting gue ngerasa kayak tiba-tiba sakit, dilarikan ke rumah sakit dicek tensinya cuma 60/40. I can't feel my leg. Dingin banget kaki gue," kata Chicco Jerikho di YouTube Daniel Mananta.

"Gue di ruang HCU saat itu, pakai pacu jantung karena heart rate gue sangat rendah saat itu. Dan gue harus di-support alat supaya gue bertahan, selama tiga hari diobservasi. Itu gue merasa yang enggak-enggak. Napas gue susah," sambungnya.

Awalnya dokter menduga-duga, sakit apa yang dialami ayah satu anak ini. Chicco Jerikho diduga terinfeksi Covid-19, hingga terkena badai sitokin, namun dugaan itu salah.

"Awalnya gue merasa kayak Covid, ternyata di-PCR berkali-kali hasilnya negatif. Ini sakit apa, kok gue susah napas? Beberapa penyakit yang dipikir dokter kena sitokin, tapi jaraknya terlalu jauh, gue survivor Covid juga kan sebelumnya, Februari," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beruntung Bisa Selamat

Setelah melalui pemeriksaan, dia ternyata mengalami sepsis. Beruntung aktor berusia 39 tahun itu dapat melewati masa-masa berat. Chicco Jerikho merasa diberi kesempatan hidup kedua.

"Baru akhirnya dokter bilang katanya ada sepsis, infeksi, dan itu sangat berbahaya. Begitu gue sembuh, pindah dari ruang HCU, dokter bilang beberapa yang mengalami kayak gini sebenarnya beruntung bisa survive dikasih kesempatan padahal kondisinya benar-benar buruk," ujar Chicco Jerikho.

3 dari 4 halaman

Ingat Suri!

Bintang sinetron Bayu Cinta Luna mengingat kembali saat kondisinya lemah dan tidak berdaya. Kebetulan, saat itu anak dan istrinya tidak ada di rumah hingga dia ditolong sanak keluarga, yaitu adik ipar.

"Istri gue lagi syuting. Gue enggak ada siapa-siapa, istri sama anak lagi di luar kota. Pada saat gue sesak itu gue ngawang-ngawang, dingin kaki, lihat orang gelap-gelap. Gue ditampar-tampar, pas dibilang 'Ingat Suri! (anaknya)' itu gue melek lagi," ujar suami Putri Marino.

4 dari 4 halaman

Sudah Berpamitan

Bicara Chicco Jerikho pun sudah melantur. Kondisinya berada di antara sadar dan tidak sadar.

"Dibawa ke rumah sakit antara sadar enggak sadar dan katanya gue sudah ngomong yang enggak-enggak. 'Tolong jagain Suri, jangan bilang Putri gue sakit, kasihan nanti dia kepikiran, lagi syuting soalnya' Gue tuh sudah pamit, 'Gue udah enggak kuat, gue mau pulang'. Dan pas gue lihat orang-orang lagi nangis di depan gue,"Chicco Jerikho mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.