Sukses

Chicco Jerikho Alami Shock Sepsis dan Pasang Alat Pacu Jantung Pasca Covid-19: Pengalaman Menegangkan dan Pemulihan Cepat Berkat Olahraga

Chicco Jerikho berjuang melawan shock sepsis akibat komplikasi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Aktor Chicco Jerikho baru-baru ini mengungkapkan pengalaman menegangkannya saat berjuang melawan shock sepsis akibat komplikasi Covid-19. Ia menceritakan kisahnya tersebut di kawasan Senayan Jakarta Pusat pada Minggu (28/4/2024). 

Chicco Jerikho menjelaskan bahwa kondisinya sempat parah hingga hilang kesadaran dan harus dirawat di HCU (High Care Unit) untuk mendapatkan penanganan intensif. Ia bahkan harus dibantu dengan alat pacu jantung saat itu.

"Iya bener (pakai alat pacu jantung), sempat pakai alat segala macam," ujar Chicco.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesadaran akan Bahaya Komplikasi Covid-19

Pengalaman ini membuka mata Chicco tentang beragam komplikasi dan efek samping yang bisa terjadi setelah terpapar Covid-19. 

"Dan memang nggak disangka-sangka juga, sakit postcovid itu memang luar biasa, ada saja gitu susulannya," tuturnya.

"Waktu itu kayak baby MERS, dinyatakan lumayan cukup tinggi," lanjut Chicco, merujuk pada salah satu komplikasi yang ia alami.

 

3 dari 4 halaman

Pemulihan Cepat Berkat Kebiasaan Olahraga

Meskipun kondisinya sempat kritis, Chicco beruntung karena memiliki kebiasaan rutin berolahraga. Ia bersyukur bahwa pemulihannya berjalan cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar tiga hari. 

"Tapi di hari ke-2, ke-3, keadaannya lumayan langsung pulih, membaik," terangnya.

"Karena dokternya juga bilang mungkin karena kebiasaan olahraga, jadi cepat recovery-nya," beber Chicco.

 

4 dari 4 halaman

Pesan untuk Tetap Menjaga Kesehatan

Pengalaman Chicco Jerikho menjadi pengingat penting bagi kita semua untuk selalu menjaga kesehatan, terutama di tengah situasi pandemi yang masih belum usai. Kebiasaan berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan meminimalkan risiko komplikasi serius.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini