Sukses

Mengenal Telaga Menjer, Telaga Indah di Wonosobo dengan Pemandangan Gunung Sindoro

Telaga Menjer dikenal sebagai destinasi wisata alam indah di Wonosobo. Pasalnya, telaga ini memiliki pemandangan cantik salah satunya pemandangan Gunung Sindoro.

Liputan6.com, Bandung - Telaga merupakan destinasi wisata yang menampilkan pemandangan alam indah memesona. Para wisatawan menjadikan tempat ini untuk melepas penat dengan melihat indahnya hutan-hutan hijau hingga pemandangan alamnya yang cantik.

Diketahui telaga sendiri biasa terbentuk dari cekungan alami berbagai proses geologis seperti erosi, pencairan es, atau aktivitas vulkanik. Berbeda dengan danau telaga biasanya terisi air karena air hujan atau air sungai yang mengalir.

Biasanya lingkungan di sekitar telaga memiliki beragam jenis kehidupan alam termasuk hutan hijau, pegunungan yang menjulang, atau batuan unik yang ada di sekitarnya. Pengunjung yang menikmati wisata di telaga biasanya ingin menikmati alam dengan tenang.

Pada beberapa telaga biasanya menjadi rumah untuk sejumlah jenis flora dan fauna yang unik. Air telaga yang tenang dan jernih bahkan menjadikannya sebagai rumah untuk sejumlah ikan atau kehidupan makhluk air lainnya.

Kemudian pepohonan yang berdiri di sekitar telaga biasanya menjadi habitat untuk sejumlah spesies hewan misalnya burung, mamalia, dan lain-lain. Sehingga pada kesempatan tertentu wisatawan yang mengunjungi telaga bisa mendengar suara merdu para burung tersebut.

Selain bersantai menikmati alam wisatawan juga bisa melakukan aktivitas menarik di sekitar telaga. Misalnya, piknik di tepi telaga, berenang, memancing, atau sebagian tempat ada yang menyediakan sewa perahu untuk mengelilingi telaga.

Di Indonesia sendiri ada beberapa daerah yang dikenal dengan pemandangan telaganya yang cantik. Salah satunya Telaga Menjer yang berada di Wonosobo dengan pemandangan alamnya yang indah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Telaga Menjer?

Melansir dari beberapa sumber Telaga Menjer berada di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga ini mulai dikenal sebagai tempat wisata dengan pemandangan alam cantik dan bisa melihat pesona Gunung Sindoro.

Telaga Menjer terbentuk secara alami dan terluas di area wisata dataran tinggi Dieng. Diketahui telaga ini berada di ketinggian sekitar 1300 meter di atas permukaan laut dan mempunyai luas sekitar 70 hektar dengan kedalaman telaga sekitar 50 meter.

Kemudian telaga ini terbentuk dari letusan vulkanik di kaki gunung Pakuwaja yang sudah terjadi bertahun-tahun yang lalu. Melalui letusannya terbentuk cekungan yang sangat luas dan dalam.

Melalui beberapa waktu Telaga Menjer mulai dipenuhi dengan air hujan serta air yang berasal dari sejumlah mata air. Karena hal tersebut kini Telaga Menjer dikenal sebagai telaga dengan pemandangan mempesona.

Saat ini Telaga Menjer tidak hanya menjadi tempat wisata juga diketahui sebagai tempat pemanfaatan pembangkit listrik tenaga air.

3 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Telaga Menjer

Telaga Menjer berlokasi di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga ini berjarak cukup dekat dengan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng dan wilayah Wonosobo.

Diketahui jarak tempuh dari Dieng ke Telaga Menjer mempunyai jarak sekitar 15 kilometer atau menempuh waktu perjalanan kurang lebih selama 50 menit. Wisatawan yang ingin mengunjungi Telaga Menjer bisa melalui jalan Dieng dan Jalan Desa Serang.

Sementara bagi wisatawan yang ingin mengunjungi telaga ini berasal dari Alun-Alun Wonosobo maka bisa menempuh jarak sekitar 10,2 kilometer atau sekitar 22 menit saja. Perjalanannya melalui Jalan KH Abdurrahman Wahid, Jalan Dieng, dan Jalan Indah Syachar.

4 dari 4 halaman

Daya Tarik Telaga Menjer

Mengutip dari Disparbud Kabupaten Wonosobo, Telaga Menjer mempunyai sejumlah daya tarik yang membuat banyak wisatawan senang mengunjunginya. Salah satunya keindahan alam sekitarnya terutama pemandangan Gunung Sindoro dari kejauhan.

Telaga ini memiliki alam air yang melimpah dengan dikelilingi bukit-bukit yang menjulang tinggi. Bahkan kelimpahan airnya menjadikan Telaga Menjer sebagai salah satu tempat yang dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air.

Sebagai tempat wisata, Telaga Menjer mempunyai sebuah floating garden yang menjadi daya tarik wisatawan. Para pengunjung bisa berfoto santai di sekitar telaga dengan pemandangan Gunung Sindoro.

Kemudian wisatawan yang gemar memancing bisa melakukan aktivitas memancing ikan karena terdapat sejumlah ikan menarik di telaga ini. Selain memancing para wisatawan bisa menikmati waktu piknik di tepi telaga atau menaiki perahu untuk mengelilingi telaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini