Sukses

Manchester United Ketiban Durian Runtuh dari Final Liga Champions Real Madrid vs Dortmund

Manchester United meraup cuan tambahan dari final Liga Champions dimana Dortmund akan ikut berlaga.

Liputan6.com, Jakarta- Final Liga Champions 2023/2024 akan mempertemukan langganan juara Real Madrid dengan klub kuda hitam asal Jerman Borussia Dortmund. Manchester United mendapat durian runtuh dari lolosnya Dortmund ke final.

Dortmund melaju ke final setelah menang agregat 2-0 atas Paris Saint-Germain. Dortmund dua kali mengalahkan PSG dengan skor 1-0 baik di kandang maupun saat tandang. Ini menjadi final Liga Champions pertama Dortmund sejak 2013.

Sedangkan Real Madrid mengamankan tiket final setelah menang dramatis 2-1 atas Bayern Munchen pada leg kedua. Joselu menjadi pahlawan dengan dua gol di menit akhir untuk membalikkan keadaan. Secara agregat Madrid unggul 4-3 atas Muncehn.

Apapun hasil final Liga Champions nanti, MU akan mendapat cuan sekitar 3,4 juta poundsterling. Setan Merah mendapatkannya dari Dortmund sebagai bagian dari bonus peminjaman winger Jadon Sancho.

Menurut laporan talkSPORT, MU memasukkan klausul bonus dalam kesepakatan peminjaman pada Januari lalu bergantung pada pencapaian tertentu. Dortmund awalnya cuma membayar tiga juta pounds dan sebagian dari gaji Sancho sebagai biaya peminjaman di awal tahun ini.

Tapi biaya peminjaman ini bisa membengkak tergantung pencapaian Borussia Dortmund di Liga Champions musim ini dan jumlah penampilan Sancho di kompetisi tersebut. Kebetulan Sancho turut memainkan peran penting dalam keberhasilan Dortmund lolos ke final Liga Champions.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

MU Bisa Jual Permanen Sancho

Cuan 3,4 juta pounds tambahan untuk MU akhirnya aktif usai Dortmund menang atas PSG. MU juga bisa semakin untung berkat kesuksesan Dortmund di Liga Champions ini. Dortmund kini semakin yakin untuk mempermanenkan Sancho saat mas peminjamannya habis.

MU belum mengumumkan berapa biaya untuk mempermanenkan Sancho. Namun diperkirakan bakalan di atas 50 juta poundsterling. Dortmund bisa menembusnya karena bonus berprestasi di Liga Champions sangat besar.

3 dari 5 halaman

Kendala Gaji besar Sancho

Kendala Dortmund mempermanenkan Sancho cuma pada besarnya gaji pemuda Inggris itu. Dortmund tidak mau bila harus membayar gaji setara dengan yang diberikan MU senilai 290.000 pounds per pekan.

Sancho sukses bersama Dortmund sejak dipinjamkan Januari lalu. Eks pemain Manchester City itu membuat tiga gol dan dua assists dalam 18 penampilan bersama Dortmund dimana 16 diantaranya menjadi starter.

4 dari 5 halaman

Penyebab Sancho Dibuang Manchester United

MU meminjamkan Sancho ke Dortmund setelah tampil mengecewakan sejak dibeli tahun 2021 lalu. Sancho juga ribut-ribut dengan manajer Erik ten Hag pada Oktober 2023 lalu sehingga dibekukan dari tim sebelum akhirnya dipinjamkan ke Dortmund.

Sancho ketika itu mengkritik Ten Hag terang-terangan di media sosial. Pelatih asal Belanda itu marah besar dan meminta Sancho meminta maaf. Namun keinginan Ten Hag tak dipenuhi sehingga Sancho yang terpental dari Old Trafford.

5 dari 5 halaman

Klasemen Liga Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini