Sukses

9 Planet Teraneh di Alam Semesta yang Ditemukan Para Astronom

Planet-planet ini dinilai memiliki karakteristik yang aneh dan unik, misalnya mengorbit pada tiga matahari, sangat ringan, hingga dipenuhi intan.

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan terus melakukan penjelajahan luar angkasa dengan berbagai tujuan, salah satunya untuk menemukan kemungkinan planet lain yang bisa dihuni manusia. Dalam perjalanan eksplorasi planet baru, ternyata ada sejumlah planet unik yang ditemukan para astronom.

Planet-planet ini dinilai memiliki karakteristik yang aneh dan unik, misalnya mengorbit pada tiga matahari, sangat ringan, hingga dipenuhi intan. Melansir laman Space pada Jumat (10/05/2024), berikut planet teraneh di alam semesta.

1. Planet dengan Tiga Matahari

HD 188753 menjadi salah satu planet teraneh yang ditemukan para astronom. Planet ini memiliki tiga matahari sebagai bintang utamanya.

Ketiganya memiliki massa seperti matahari di pusat Bima Sakti. Sekilas HD 188753 mirip dengan Jupiter. Planet aneh ini memiliki jarak sekitar 149 tahun cahaya dari bumi.

Para astronom menilai planet di alam semesta ini cukup panas karena mengorbit sangat dekat dengan bintangnya selama 3,5 hari.

2. Planet Terpanas

Meski mengorbit pada tiga bintang besar, HD 188753 bukanlah palnet terpanas yang pernah ditemukan para astronom. Planet terpanas yang ditemukan adalah WASP-12b.

Planet ini memiliki suhu sekitar 2.200 derajat Celsius dengan ukurannya yang 1,5 kali massa Jupiter dan termasuk dalam jenis planet gas. WASP-12b mengorbit pada bintangnya yang berjarak 3,4 juta kilometer.

Sedangkan dengan bumi, ia memiliki jarak sekitar 870 tahun cahaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Planet Paling Ringan

3. Planet Paling Ringan

Sebuah planet bernama HAT-P-1 adalah planet yang bisa jadi lebih ringan dari bola gabus, sehingga dijuluki planet asing teringan untuk saat ini. Planet ini berukuran setengah dari Jupiter dengan 1,76 kali lebih luas atau sekitar 24 persen lebih besar.

Kemungkinan jika ada penampungan air yang besar, maka planet ini bisa mengapung di dalamnya. HAT-P-1b adalah exoplanet atau planet luar tata surya yang berjarak sekitar 520,92 tahun cahaya dari bumi.

Planet ini ditemukan pada tahun 2006 menggunakan metode transit.

4. Planet Berair

Planet GJ 1214b disebut sebagai planet berbatu yang kaya akan air. Planet ini memiliki pusat yang padat dan memiliki massa sebesar antara ukuran Bumi dan Neptunus.

Sedangkan ukurannya sekitar tiga kali ukuran bumi dan 6,5 kali lebih besar. GJ 1214b memiliki jarak sekitar 40 tahun cahaya dan mengorbit pada bintang katai merah.

5. Planet Berlian

Planet berlian ini bernama PSR J1719-1438 yang dianggap sebagai sebuah berlian raksasa. Diketahui berlian tersebut dikarenakan adanya tekanan ultra tinggi yang menyebabkan karbon di dalamnya mengkristal menjadi berlian.

Tak sampai di situ, kemungkinan lain menyebutkan bahwa dulunya planet ini adalah bintang. Namun sebagian besar massanya tersedot oleh pulsar kecil yang berputar dengan kecepatan 10.000 putaran per menit.

Planet ini memiliki jarak 4.000 tahun cahaya dari bumi.

6. Planet Tergelap

Planet berikutnya yang aneh adalah planet TrES-2b yang dikenal sebagai planet asing tergelap. Bahkan gelapnya planet ini lebih gelap dari batu bara yang paling hitam.

Planet ini memiliki ukuran sebesar Jupiter dan memantulkan kurang dari satu persen cahaya, sehingga hal itu yang menyebabkannya gelap dari planet lainnya di tata surya. Dari bumi, planet ini memiliki jarak 750 tahun cahaya.

 

3 dari 3 halaman

Planet Terpadat

7. Planet Terpadat

Planet asing kali ini dikenal sebagai planet yang paling padat dengan nama COROT-exo-3b. Planet ini memiliki ukuran seperti Jupiter, namun dengan massa 20 kali dari planet tersebut.

Artinya planet ini berarti lebih padat dua kali dari timah. Para ilmuwan menduga bahwa COROT-exo-3b ini merupakan bintang katai coklat.

8. Planet yang Terancam Hancur

Planet yang terancam punah ini adalah WASP-18b. Planet ini terancam punah karena berputar mengelilingi bintang dalam waktu kurang dari satu hari Bumi.

Dengan kecepatan tersebut menghasilkan tarikan gravitasi yang dapat mengubah orbit planet. Jika perputarannya lebih cepat maka planet akan bertahap bergerak menuju matahari dan otomatis akan mengalami kehancuran.

9. Planet Paling Terang

Venus merupakan planet yang paling mudah dilihat dengan mata telanjang dari bumi. Penampakan Venus di atas langit terlihat seperti cahaya putih yang cemerlang.

Kemunculan Venus di langit berselang-seling. Bahkan, Venus juga memiliki julukan sebagai The Morning Star karena terlihat dari arah Matahari terbit.

Venus juga kerap kali dijuluki The Evening Star bila muncul dari arah Matahari terbenam. Bila melihat cahaya yang berkilau di langit pada pagi hari, mungkin itu Venus.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini