Sukses

Jokowi: FIFA Ingin Berinvestasi Banyak di Indonesia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) ingin berinvestasi banyak di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) ingin berinvestasi banyak di Indonesia. Investasi FIFA tersebut mencakup, pembangunan stadion, keselamatan suporter maupun pemain, hingga sekolah Sepak Bola di Indonesia.

"Tadi Presiden FIFA Gianni Infantino menyampaikan bahwa FIFA ingin berinvestasi banyak di Indonesia, dalam hal yang tadi berkaitan dengan stadion, dengan keselamatan, dengan suporter, dengan sekolah Sepak Bola yang ada di Indonesia. Dia ingin memberikan perhatian yang khusus kepada negara kita, ini yang patut kita syukuri," jelas Jokowi usai bertemu Presiden FIFA di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Dia menyampaikan bentuk investasi yang akan diberikan FIFA akan dibahas lebih detail dalam pertemuan berikutnya. Jokowi menyebut dirinya diundang secara khusus untuk menghadiri Piala Dunia Qatar 2022 pada November mendatang.

"Yang untuk yang lain-lain investasi apa nanti secara detail akan kita bicarakan lagi, mungkin di Qatar, atau mungkin di Bali bulan depan atau di Qatar juga nanti saat Piala Dunia karena saya diundang secara khusus," ujarnya.

Disisi lain, Jokowi menuturkan bahwa FIFA kemungkinan akan berkantor dalam jangka waktu panjang di Indonesia. FIFA akan melakukan transformasi sepak bola Indonesia hingga semuanya sesuai standar.

"Saya sampaikan tadi kelihatannya FIFA akan lama di Indonesia," ucap Jokowi.

Sebagai informasi, pertemuan Jokowi dan Gianni Infantino membahas sepakbola Indonesia pasca tragedi Kanjuruhan Malang. Keduanya sepakat untuk melakukan transformasi sepakbola Indonesia secara menyeluruh.

"Kami bersepakat melakukan tranformasi sepakbola Indonesia secara menyeluruh," kata Jokowi dalam konferensi pers usai pertemuan di Istana Merdeka Jakarta, Selasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Transformasi Mencakup Seluruh Aspek Pertandingan Sepak Bola

Transformasi tersebut yakni, memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai standar keamanan FIFA. Jokowi menekankan keamanan dan keselamatan pemain dan penonton harus terjamin.

"Untuk itu, kita sepakat mengkaji kembali kelayakan stadion dan juga menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton maupun pemain," jelasnya.

Selain itu, Jokowi menyampaikan pemerintah dan FIFA bersepakat untuk memastikan pertandingan Piala Dunia U-20 di Indonesia berjalan dengan baik. Mulai dari, persiaapan hingga pelaksanaan pertandingan Piala Dunia U-20.

"Semua segi persiapan sampai dengan pelaksanaannya harus dipastikan berjalan sesuai dengan standar FIFA dan ditangani secara baik secara profesional," tutur Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.