Sukses

Zulkifli Hasan: Jokowi Owner PAN

Zulkifli Hasan menuturkan PAN telah menganggap Jokowi bagian dari keluarga. Dia pun rutin melaporkan hasil rapat PAN kepada Jokowi, salah satunya Rakornas Pemenangan Pilkada 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan hubungan dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sangat erat. Bahkan, dia menyebut Jokowi merupakan owner atau pemilik PAN.

"Pak Jokowi owner (PAN). Sudah," kata Zulhas usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (10/5/2024).

Dia menuturkan PAN telah menganggap Jokowi bagian dari keluarga. Zulhas pun rutin melaporkan hasil rapat PAN kepada Jokowi, salah satunya Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemenangan Pilkada 2024 yang digelar PAN pada 9-11 Mei 2024 .

"Saya kan selalu menyampaikan PAN ini, Pak Jokowi itu keluarga kami. PAN ini keluarganya Pak Jokowi. Jadi kami sudah, kami hubungannya, PAN ini menganggap Pak Jokowi itu ya keluarga kita," jelasnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi saat ini tak bernaung dalam partai politk usai PDI Perjuangan (PDIP) tak lagi menganggapnya sebagai kader. Jokowi sendiri belum memutuskan parpol baru yang akan menjadi tempatnya berlabuh, setelah pensiun sebagai presiden.

"Akan berlabuh di pelabuhan," kata Jokowi kepada wartawan di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi, Depok, Jawa Barat, Selasa (7/5/2024).

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto turut merespons pernyataan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun yang menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah tidak dianggap sebagai kader PDIP usai mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

"Bahwa Pak Jokowi itu dekat dengan Partai Golkar, dan kedua Pak Gibran itu mendapatkan mandat dari Partai Golkar melalui mekanisme Rapimnas resmi," kata Airlangga kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (24/4/2024).

"Jadi, bagi kami Pak Jokowi dan Mas Gibran itu sudah masuk dalam keluarga besar Golkar. Tinggal tentunya formalitasnya saja," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Airlangga Sebut Golkar Terbuka untuk Jokowi

Airlangga menegaskan, partainya sangat terbuka terhadap Jokowi yang sudah dianggap sebagai kader terbaik bangsa.

"Tentu Partai Golkar selalu terbuka terhadap kader-kader terbaik bangsa ini, dan jelas Pak Presiden, Pak Jokowi adalah kader terbaik bangsa yang sudah bersama Partai Golkar di dalam dua periode beliau," tegasnya.

Kemudian, saat disinggung kursi apa yang akan disiapkan Golkar jika Jokowi benar bergabung dengan partai berlambang pohon beringin tersebut.

Menurutnya, posisi itu nantinya akan diserahkan kepada Jokowi. Apalagi, tidak ada syarat untuk menjadi kader Golkar.

"Kalau posisi tergantung beliau. Karena beliau sekarang milik bangsa. Beliau milik semua partai, dan saya dengarkan tentu Pak Prabowo juga beliau juga terbuka dengan Pak Presiden," ujarnya.

"(Syarat harus jadi kader sekian tahun) Kalau menjadi anggota kan enggak ada syarat," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Zulhas: Pak Jokowi-Mas Gibran Enggak Usah Repot, Sudah Keluarga PAN

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah keluarga PAN. Dia menyatakan, bahwa Jokowi sudah punya rumah yang bernama PAN.

Zulhas mengatakan ini ketika ditanyakan di mana sekarang Jokowi dan putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka berlabuh. Dia lalu ditanya apakah ada prospek dari PAN untuk mengajak Jokowi bergabung.

"Ya saya waktu dekat ada agenda mau ke Solo. Jadi Pak Jokowi, Mas Gibran nggak usah repot-repot lah. Kan sudah berkali-kali Keluarga Pak Jokowi keluarga PAN, PAN keluarganya Pak Jokowi," kata Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2024).

"Jadi sudah jelas, enggak usah ke sana kemari, ngapain. Sudah ada rumahnya, namanya Partai Amanat Nasional," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.