Sukses

Menjadi Orangtua yang Dirindukan ala Haikal Hassan

Liputan6.com, Tangsel - Ikatan Warga Muslim (IWM) Graha Raya, Tangerang Selatan, Banten, rutin menggelar kegiatan Silaturahmi Safari Bulanan untuk mempererat silaturahmi sekaligus menambah bekal ilmu dan amal.

Kegiatan terbaru berlokasi di Musholla Al-Hurriyyah, Cluster Verina Graha Raya, menghadirkan Ustadz Haikal Hassan yang menyampaikan materi 'Menjadi Orangtua yang Dirindukan'.

Haikal Hassan menekankan pentingnya kedekatan orangtua dengan anaknya sehingga orang tua dapat menjadi teman sekaligus panutan. Dia mencontohkan dengan praktek di dalam lingkungan keluarganya.

 Ustadz Haikal Hassan dalam kegiatan Silaturahmi Safari Bulanan di Mushala Al-Hurriyah, Verina, Graha Raya, Tangsel

Salah satunya ketika anaknya masih bermain gadget ketika adzan berkumandang, dia secara pelan-pelan memberi pengertian dengan pendekatan interpersonal yang baik.

"Sehingga anak bisa memahami bagaimana keutamaan sholat adalah menjadi sesuatu kegiatan yang menyenangkan, bukan sebaliknya malah dimarahi ditegur dengan bentakan apalagi kata-kata keras dan kasar untuk meninggalkan kesenangan saat itu, agar anak segera menjalankan ibadah sholatnya," ujarnya.

Pendekatan diri orangtua mengikuti perkembangan zaman dan tren apa yang disenangi anak saat ini merupakan cara efektif ketika anak sedang menyukai sesuatu yang ia senangi. "Namun tidak meninggalkan keutamaan perintah agamanya," kata Haikal.

Akan terbersit rasa berkesan dalam anak ketika orangtua dalam memahami dunianya. "Anak-anak kita bukan ingkar pada ajaran agamanya, anak kita hanya sedang menikmati sesaat kesenangan dalam dunianya," ujarnya.

 Ustadz Haikal Hassan dalam kegiatan Silaturahmi Safari Bulanan di Mushala Al-Hurriyah, Verina, Graha Raya, Tangsel

Haikal menambahkan, pemberian apresiasi kepada anak penting dilakukan untuk memotivasi dan afirmasi sehingga anak mempunyai kepercayaan diri dalam mencapai cita-citanya. Sebaliknya, bagi anak ridho dan restu orangtua sangat penting agar mendapatkan berkah di dunia dan akhirat.

"Insya Allah apabila orangtua menjadi teman dan sahabat anak, niscaya anak akan mengikuti apa yang orangtua contohkan, sehingga anak merindukan apa yang menjadi harapan orangtuanya. Diharapkan anakpun juga akan dengan senang menjalankan kewajiban ibadahnya seiring langkah harapan orangtuanya."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS