Sukses

Saudi Perketat Pintu Masuk Makkah, Jemaah Diimbau Tak Jauh Bepergian

Kepala PPIH Daerah Kerja Makkah Mukhammad Khanif mengatakan, pemerintah Arab Saudi melakukan pengetatan terhadap jemaah yang akan melaksanakan ibadah haji 2022.

Liputan6.com, Jakarta Kepala PPIH Daerah Kerja Makkah Mukhammad Khanif mengatakan, pemerintah Arab Saudi melakukan pengetatan terhadap jemaah yang akan melaksanakan ibadah haji 2022. Pengetatan terkait tasrih atau izin yang diberlakukan ke seluruh jemaah yang nanti melaksanakan ibadah haji.

"Hal ini terlihat di tempat-tempat check point yang jalur-jalur di mana jalan menuju Kota Makkah ini. Jalur dari Madinah itu ada di Jummum dan kemudian di jalur Jeddah itu, di pintu masuk sebelum Kota Makkah ini," kata Khanif di Makkah, Minggu (26/6/2022).

Dia menerangkan, pengetatan ini diperuntukkan bagi seluruh kendaraan yang masuk. Pengemudi akan diperiksa di sana dan akan ditanyakan terkait tasrihnya.

"Semua mobil yang akan masuk. Mungkin penduduk Makkah ada pengecualian ya tapi kalau dari luar pasti akan ditanya terkait tasrihnya, kalau jemaah haji pasti akan ditanyakan tasrih hajinya," ucap Khanif.

Adanya pengetatan ini diharapkan membuat jalan di Makkah tidak menjadi padat dan macet karena mendekati puncak haji. Semua jemaah, kata Khanif, akan berangkat ke Arafah sampai proses puncak hajinya dan kembali lagi ke Makkah sehingga diharapkan seluruh jalur yang ada di Makkah ini bisa dilalui dengan lancar.

"Kemudian untuk jemaah haji diimbau dimohon agar tidak melakukan perjalanan yang jauh karena dimungkinkan akan ada pengecekan terkait izin perjalanan itu sendiri, sehingga jangan sampai ketika tidak ada izin untuk melakukan perjalanan jamaah haji juga mengalami kesulitan terkait pengamanan di jalan ini," tutur dia.

Khanif menuturkan, beberapa hari lalu ada satu rombongan jemaah yang mengambil miqat jauh dari Kota Makkah, yakni Ji'ranah. Mereka kemudian tertahan dan harus dijemput oleh maktab jamaah haji yang bersangkutan.

"Ini memerlukan waktu dan tentu saja akan mengurangi kenyamanan jemaah. Jadi sebelum melakukan perjalanan itu semestinya jemaah mengajukan permohonan izin ke maktab-maktab yang melayaninya sehingga di dalam perjalanan tidak ada masalah di perjalanan," ucap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Jemaah yang Tertahan

Khanif pun mengaku baru kali ini mendengar ada jemaah yang tertahan karena mengambil miqat di tempat yang jauh.

"Baru kali ini tapi alhamdulillah sudah dapat diselesaikan. Ada kurang lebih 15 orang. Miqat kan ada beberapa tempat di Makkah, memang tidak ada larangan sebelumnya miqat itu tapi mungkin karena tempatnya jauh jadi izin dulu ke maktab," kata dia.

Dia juga mengimbau jemaah menjaga stamina untuk persiapan puncak ibadah haji di mana tahun ini cuacanya cukup panas. Selain stamina perlu persiapan mental dan kesehatan.

"Kami mengimbau kepada jamaah haji agar menyiapkan diri baik itu kesehatan, asupan gizi juga harus diperhatikan dan tidak melakukan hal-hal yang menyebabkan kondisi melemah karena ibadah haji nanti cukup memakan energi yang harus kita siapkan sehingga jemaah bisa mengukur sendiri sejauh mana kesiapan dari masing-masing jamaah dan tidak memaksakan diri untuk melakukan ibadah-ibadah yang sunah," tandas Khanif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.