Sukses

Melihat Nusantara Lewat Buku Karya Orang Taiwan yang Mencintai Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Direktur Divisi Pers Informasi Kantor perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) di Indonesia , Lee Dong-ming, baru-baru ini menerbitkan sebuah buku yang menceritakan tentang Nusantara, berjudul "Seeing Indonesia: The Rainbow Country Across the Equator" versi bahasa Mandarin.

Awal mula Dong-ming menorehkan tinta dalam cerita tersebut berawal dari penugasan pertamanya di Tanah Air. Ia mulai ditempatkan di Indonesia pada tahun 2009 dengan masa jabatan selama 5 tahun.

Pria yang akrab disapa Tommy Lee ini kemudian menjelajahi berbagai tempat di Indonesia, negara yang dianggap memiliki kesan mendalam bagi orang Taiwan.

Selama melalang buana, Tommy sudah menulis lebih dari 30.000 kata cerita, terkait apa pun yang dia lihat dan dengar sendiri.

Pada saat yang sama, beliau juga memperdalam pengetahuan tentang pulau-pulau terpencil di Indonesia, untuk memahami adat istiadat di sana, serta menyebarluaskan budaya yang berbeda dari yang umum.

Seorang warga Taiwan, Lee Dong-ming, menulis buku tentang Nusantara berjudul

Ketika berada di sini, ia berfokus pada hubungan antara Taiwan, China dan Indonesia, serta perubahan situasi orang Tionghoa di Indonesia, yang dapat berfungsi sebagai perspektif historis untuk meningkatkan relasi antara Taiwan-Indonesia. 

Setelah belajar untuk memahami ikatan sejarah kedua negara, Tommy akhirnya kembali ke negara asalnya. Ia mengaku selalu teringat kenangan indah selama tinggal di indonesia.

Bersama banyak teman lokal Indonesia, ia merasa telah menemukan karakter penduduk Indonesia yang mirip dengan penduduk asli Taiwan: sederhana, berpikiran terbuka, suka berbagi dan punya rasa kebersamaan yang tinggi.

Dari situlah awal mula tercetus buku tersebut. Ia mendokumentasikan kenangannya selama berada di Indonesia dan berharap dapat memberikan lebih banyak penulisan melalui catatan teks dan fotografi.

Selain berkisah soal bencana alam, TKI, sentimen anti-Tionghoa, dan masalah transportasi, ia pun menuliskan tentang budaya Indonesia yang kaya dan beragam.

"Buku ini penuh dengan cerita tentang keberagaman, semangat hidup dan senyum kebahagiaan," demikian bunyi pernyataan tertulis dari TETO yang Liputan6.com muat pada Kamis (23/5/2019).

2 dari 2 halaman

Memperkenalkan ke Orang Taiwan

Buku "Seeing Indonesia: The Rainbow Country Across the Equator" atau "Melihat Indonesia: Negara Pelangi Di Khatulistiwa" segera diterbitkan dalam waktu dekat dan dijual di toko-toko buku di Tanah Air.

Melalui karya tersebut, diharapkan akan ada banyak orang Taiwan yang mengenal Indonesia, negara kepulauan di Asia Tenggara, untuk meningkatkan saling pengertian, serta memperluas wawasan masyarakat Taiwan dan ruang internasional Taiwan.

Loading