Sukses

Lebih Sehat dari Junkfood, Ini 9 Rekomendasi Jajanan Tradisional yang Nikmat Disantap

Berikut ini 9 rekomendasi jajanan tradisional Indonesia yang nimat untuk disantap dan lebih sehat daripada junkfood

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan olahan atau junkfood memang suatu kenikmatan tersendiri. Namun, keseringan jajan junkfood akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita cepat ataupun lambat.

Ada banyak pilihan kuliner lain untuk disantap selain junkfood, salah satunya jajanan tradisional. Ya, Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang melimpah, termasuk jajanan pasar atau jajanan tradisional.

Mengonsumsi jajanan tradisional tidak hanya ikut melestarikan budaya nusantara, tetapi juga lebih terjangkau dan lebih sehat dibandingkan dengan junk food yang kini banyak dijual di pasaran.

Selain itu, ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengonsumsi jajanan tradisional. Antara lain:

- Tidak menggunakan bahan pengawet. Umumnya penjual membuat untuk sekali habis, sehingga tidak mengandung pengawet buatan.

- Bahan-bahan sekitar yang mudah diperoleh. Jajanan tradisional umumnya menggunakan bahan yang mudah diperoleh seperti tepung beras, ketan, kelapa, atau buah-buahan. Hal ini membuat Anda pun dapat membuat jajanan tradisional di rumah.

- Membantu usaha kecil sekitar. Melalui membeli kutu putu keliling atau jajanan tradisional di pasar, Anda turun membantu perekonomian dan usaha kecil di sekitar Anda.

Dilansir dari laman Badan Bahasa Kemendikbud RI, dalam buku "Jajanan Tradisional Asli Indonesia" karya Paskalina Oktavianawati, Selasa (28/2/2023), ada banyak sekali kuliner jajanan tradisional yang bisa kita santap sebagai makanan lebih sehat dibanding junkfood. Berikut ini Liputan6.com rangkum 9 rekomendasi jajanan tradisional yang nikmat untuk disantap dan menyehatkan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Klepon

Klepon berbentuk bulat,berwarna hijau, berisi gula merah, dan diselimuti parutan kelapa, klepon adalah jajanan tradisional yang manis dan gurih. Klepon terbuat dari tepung beras ketan yang diadoni, dibentuk bulat-bulat, diisi gula merah, kemudian direbus dalam air mendidih. Camilan ini lalu digulingkan di atas parutan kelapa. Selain beras ketan, klepon juga dapat dibuat dari ubi ungu.

Kue Ape

Kue ini merupakan jajanan khas Betawi. Kue ape berasal dari kata ‘ape’ yang berarti ‘apa’. Kue ape dijajakan dengan cara langsung dibuat saat dipesan dan tidak dapat disimpan dalam waktu lama. Penjual kue ape biasanya membawa tungku atau kompor dan wajan untuk mencetak kue ape karena mereka akan langsung membuat begitu Anda memesannya. Kue ape berbahan dasar tepung beras, air, tepung terigu, garam, santan, baking powder dan gula pasir.

3 dari 5 halaman

Bubur Sumsum

Bubur sumsum terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan santan, dan disajikan dengan siraman kuah gula merah. Bubur ini juga dapat dicampur dengan ketan hitam, bubur mutiara, maupun candil atau biji salak. Menyantap bubur sumsum di kala hujan gerimis, tentunya menghangatkan tubuh.

Pancong

Penjual kue pancong biasanya berkeliling dan membuat pancong ketika Anda memesannya. Adonan kue pancong terdiri atas tepung beras dan kelapa, baik dalam bentuk santan maupun parutan kelapa. Di atas pancong yang hangat, biasanya ditabur gula pasir. Ini membuat rasa gurih dari adonan bercampur dengan manis gula pasir yang menari di lidah Anda.

Getuk

Jajanan khas Jawa Tengah dan Jawa Timur ini terbuat dari singkong yang direbus lalu ditumbuk, ditambah gula, lalu dibentuk, dan disajikan dengan kelapa parut.

 

4 dari 5 halaman

Kerak Telor

Jajanan ini adalah jajanan khas Jakarta yang selalu muncul ketika Pekan Raya Jakarta digelar. Kerak telor dibuat langsung oleh penjual yang biasanya berdagang dengan membawa tungku dan wajan mini. Bahan utama dari jajanan bercita rasa gurih ini adalah beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi, dan bawang goreng sebagai taburan.

Dadar Gulung

Dadar gulung merupakan jajanan khas Jawa yang juga menyebar di nusantara. Ada yang menyebut bahwa dadar gulung merupakan makanan warisan penjajahan Belanda karena memiliki konsep yang sama dengan pannekoeken dari negara tersebut.

Dadar gulung adalah dadar yang berasal dari campuran tepung terigu, telur, santan, air dingin, perasan pandan dan garam. Sedangkan isinya adalah campuran parutan kelapa, gula pasir, kayu manis, sedikit air dan garam.

5 dari 5 halaman

Cenil

Cenil merupakan jajanan khas Jogja dan daerah Jawa lainnya yang memiliki filosofi bahwa orang Jawa memiliki sifat persaudaraan yang erat dan sulit dipecah-belah. Cenil berbahan dasar tepung tapioka, tepung terigu, kelapa, daun pandan, garam dan air. Camilan berwarna-warni ini dapat ditaburi dengan kelapa parut dan gula pasir. Sebagai pelengkap, cenil juga kerap dijual bersama gerontang jagung dan ketan hitam

Jongkong

Jongkong adalah jajanan khas Bangka, yang juga terkenal di wilayah Sumatera lainnya. Rasanya manis dan gurih bercampur membuat kue jongkong nikmat di lidah.

Jongkong berbahan dasar tepung beras, tepung ketan, tepung kanji, santan, kelapa, gula merah yang campur, dimasukkan ke dalam daun pisang, dan dikukus.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.