Sukses

5 Cara Mengenang Hewan Peliharaan yang Telah Mati

Liputan6.com, Jakarta - Kehilangan hewan kesayangan seperti anjing atau kucing adalah salah satu hal tersulit yang bisa dialami oleh pemilik hewan peliharaan.

Bagi pemilik hewan peliharaan, kesedihan yang dialami karena meninggalnya hewan kesayangan sangat menyedihkan dan tidak dapat diprediksi, sama halnya bagaimana seseorang berduka atas meninggalnya teman atau anggota keluarga tersayang.

Namun, ada cara terbaik untuk mengenang hewan peliharaan yang telah mati, salah satunya adalah dengan merayakan perayaan yang mengingatkan kita pada mereka.

Mengutip The Spruce Pet, Selasa (6/12/22) berikut adalah tujuh cara untuk mengingat hewan peliharaan yang telah mati, di antaranya:

1. Membuat Upacara Peringatan

Upacara peringatan adalah kesempatan untuk menyatukan orang-orang yang paling berarti bagi hewan peliharaanmu dan bisa juga orang-orang yang berarti bagi kamu. Kemudian berbicara atau mengenang tentang apa yang membuat hewan peliharaan kamu begitu istimewa.

Contohnya, dengan mengadakan acara peringatan di taman favorit hewan peliharaanmu atau bahkan di rumah. Jika sebelumnya mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di sana.

Kemudian jika memungkinkan, mintalah orang-orang untuk berbagi setidaknya satu kenangan tentang hewan peliharaanmu semasa hidupnya. Pada acara itu, kamu juga bisa menceritakan tentang betapa berartinya hewan peliharaan itu.

Dengan meluangkan waktu sekitar satu jam untuk berkumpul dan menghormati hewan peliharaan yang telah tiada, dapat memberikan banyak kenyamanan selama tahap awal kesedihan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Berikan Donasi ke Organisasi Hewan

Sebelumnya, mungkin kamu merasa bahwa hewan peliharaanmu membawa begitu banyak hal dalam hidup kamu. Ada baiknya kamu mempertimbangkan memberikan donasi kepada hewan lain untuk mengenangnya agar hewan lain suatu hari nanti dapat melakukan hal yang sama untuk orang lain.

Misalnya, kamu bisa menyumbang ke tempat penampungan yang dulunya menjadi tempat kamu mengadopsi anjing atau kucing kamu. Kamu juga bisa berdonasi ke yayasan kanker hewan jika hewan peliharaan kamu kebetulan mati karena kanker.

Banyak tempat penampungan akan mengizinkan kamu untuk mensponsori salah satu penghuninya, seperti membayar biaya bulanan pilihanmu untuk perawatan, mainan, dan perawatan medis mereka.

Dengan menggunakan uang yang sebelumnya kamu habiskan untuk hewan peliharaan kamu dan memberikannya kepada hewan lain, tentu hal itu akan membantu mengubah kerugian menjadi lebih banyak cinta.

 

3 dari 5 halaman

3. Taman

Kebun menandakan kehidupan dan pertumbuhan yang berkelanjutan. Untuk mengenang anjingmu yang telah mati, kamu bisa menanam pohon atau bunga untuk menghormati hewan peliharaanmu, kamu bisa membuat atau membeli batu taman yang terukir namanya di dalamnya dan letakkan di taman tersebut.

Dengan hal ini, kamu akan diingatkan tentang hewan peliharaanmu setiap kali kamu melihat taman. Ini juga merupakan cara untuk membangun kehidupan selanjutnya dari kehidupan lain yang telah berakhir.

4 dari 5 halaman

4. Pertimbangkan untuk Bikin Tato

Jika tato adalah bagian dari gaya hidup kamu, menggunakan tato nama atau bentuk wajah dari hewan peliharaan kamu bisa mengingatkan kamu kepada hewan yang telah mati. 

Dengan itu, setidaknya kamu akan tahu bahwa meskipun mereka tidak lagi bersamamu secara fisik, ingatan tentang mereka akan selalu bersama kamu ke mana pun kamu pergi.

5 dari 5 halaman

5. Buat Album Foto

Mungkin kamu memiliki ratusan gambar hewan peliharaan kamu di ponsel. Kamu bisa memasukkan semuanya ke dalam album yang dapat kamu ambil dan lihat kapan pun kamu mau.

Kamu dapat mendesain dan memesan album foto melalui berbagai situs online atau kamu juga dapat membuatnya sendiri.

Selain gambar, kamu juga dapat memilih untuk memasukkan kutipan yang memberi kamu kedamaian dan cerita tentang waktu kalian masih bersama yang tidak ingin kamu lupakan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS