Sukses

Simak Macam-Macam Gender yang Harus Kamu Tahu Agar Tak Lagi Keliru

Liputan6.com, Jakarta - Perhatian masyarakat Indonesia tentang gender masihlah sedikit. Stigma masyarakat yang mengatakan gender adalah jenis kelamin hal yang salah.

Dikutip dari laman dinsos.kulonprogokab pada Jumat (14/10/2022) bahwa pemahaman masyarakat Indonesia masih belum sepenuhnya benar tentang spesialisasi gender.

Hal ini diketahui saat melakukan kegiatan sosialisasi gender, baik di tingkat kecamatan maupun desa.

Perlu diketahui, gender berasal dari bahasa latin, yaitu “genus”. Berarti tipe atau jenis, gender adalah perwujudan dari sifat dan perilaku yang dilekatkan pada laki-laki dan perempuan yang dibentuk secara sosial maupun budaya.

Gender ditentukan oleh sosial dan budaya setempat, sedangkan (seks) kelamin adalah pembagian jenis kelamin yang ditentukan oleh Tuhan.

Gender dapat terbentuk dari pencirian sosial sebagai laki-laki dan perempuan melalui atribut maskulinitas dan feminitas yang sering didukung oleh nilai-nilai atau sistem dan simbol di masyarakat yang bersangkutan.

Menurut Ilmu Sosiologi dan Antropologi gender sendiri adalah pembagian peran antara laki-laki dan perempuan sudah dikonstruksikan atau dibentuk di masyarkat.

Nah mulai dari sekarang jangan sampai mengira gender itu kelamin ya, berikut macam-macam gender yang perlu kamu ketahui:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Transgender hingga Non-Binary

Berikut macam-macam gender yang perlu kamu ketahui:

1. Transgender

Dilansir Teentalk, kategori gender ini seseorang yang identitas gendernya berbeda dengan jenis kelaminnya saat lahir. Misalnya wanita transgender seorang yang berjenis kelamin laki-laki, namun orang tersebut dikarenakan perilaku dan sifat yang feminis akan mengatakan ia wanita seutuhnya.

2. Two Spirit (Dua Jiwa)

Gender kedua ini diedentifikasi oleh orang tradisional masyarakat adat di Kanada/Turtle Island/North America.

Gender ini untuk menjelaskan orang tertentu dalam komunitas mereka yang memenuhi peran seremonial gender ketiga tradisional (atau varian gender lainnya) dalam budaya mereka.

Di tahun 1990 istilah ini digunakan setelah kesepakatan dalam pertemuan internasional lesbian dan gay pribumi yang mendorong penggantian istilah antropologisnya berdache.

3. Cisgender

Cisgender adalah istilah untuk menggambarkan seseorang yang jenis kelaminnya cocok dengan apa yang ditugaskan padanya saat lahir.

Misalnya, mereka ditugaskan sebagai perempuan saat lahir berdasarkan dilahirkan dengan vagina dan mengetahui diri mereka sebagai perempuan.

4. Non-Binary

Dilansir Teeentalk, Non-binary adalah seseorang yang tidak mengidentifikasi diri sebagai laki-laki atau perempuan, atau semata-mata sebagai salah satu dari dua jenis kelamin tersebut.

Nonbiner sering digunakan sebagai istilah umum untuk identitas yang berada di luar biner gender pria/wanita. Menjadi non-biner memutuskan untuk berbeda , definisi non-biner ini memang luas.

3 dari 4 halaman

Genderqueer dan Gender Expression

5. Genderqueer

Seseorang dapat mengidentifikasi sebagai genderqueer jika identitas gendernya bukan laki-laki atau perempuan, berada di antara atau di luar jenis kelamin, atau merupakan kombinasi dari jenis kelamin.

Identitas ini sering dikaitkan dengan sebagai reaksi terhadap konstruksi sosial gender, stereotip gender, dan sistem biner gender.

6. Gender Expression

Ekspresi gender adalah tentang bagaimana seseorang bertindak dan menampilkan diri ke dunia. Misalnya apakah seseorang memakai riasan? Apakah mereka memakai gaun? Apakah mereka lebih suka hanya memakai celana? Ekspresi gender tidak terkait dengan jenis kelamin, melainkan tentang perilaku dan minat pribadi.

Contohnya Seorang pria mungkin memakai cat kuku atau seorang wanita trans mungkin tidak suka mengenakan gaun. Terkadang orang tidak mengekspresikan gender mereka dengan cara yang mereka inginkan karena mereka merasa tidak nyaman untuk melakukannya.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk tidak menganggap jenis kelamin seseorang hanya berdasarkan penampilan mereka, tetapi dengan memeriksanya.

4 dari 4 halaman

Gender Fluid dan Gender Neutral

7. Gender Fluid

Gender fluid merujuk pada jenis kelamin orang yang dapat berubah-ubah dari waktu ke waktu.

Seseorang yang mengidentifikasi dirinya sebagai gender fluid dapat mengubah di antara gender atau mengekspresikan beberapa gender pada saat yang bersamaan.

Dengan kata lain, orang dapat menjadi perempuan, laki-laki, gabungan ataupun tidak memiliki.

8. Gender Neutral

Seseorang yang merasa dirinya bukan laki atau perempuan, mengidentifikasi dirinya sebagai netral. Gender Neutral seringkali disamakan dengan Non-biner.

Bagaimana? Sudah paham kan mengenali tentang jenis gender dan kelamin. Negara Indonesia yang beragam ini seharusnya negara yang bertoleransi setiap keputusan orang, dengan adanya pemahaman gender masyarakat harus lebih pintar dalam memahami seseorang.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS