Sukses

6 Faktor yang Pengaruhi Kucing Saat Memilih Tempat Tidur dan Bersantai

Liputan6.com, Jakarta Banyak bagian sudut rumah yang bisa menjadi sebuah real estate bagi seekor kucing untuk tidur maupun sekadar bersantai. Tempat itu diantaranya dekat komputer, di atas lemari es, dekat jendela atau bahkan di dekat kepala kamu. 

Kucing memiliki cara tertentu untuk menemukan tempat favorit untuk tidur maupun sekadar bersantai saat berada di dalam rumah. Secara umum tempat favorit kucing itu memiliki suasana cerah, aman, dan jauh dari apa pun yang bisa mengganggu kucing. Ini karena kebiasaan kucing yang memang banyak menghabiskan waktunya untuk tidur.

Mengapa kucing memilih lokasi-lokasi itu? Berikut faktor yang mempengaruhi kucing saat memilih tempat untuk tidur.

1. Musim

Perubahan musim biasanya akan menentukan di mana kucing akan menghabiskan waktunya. Saat cuaca di luar lebih dingin, kucing akan ke tempat yang lebih cerah dan lebih hangat seperti jendela atau furnitur di dekat sumber panas atau bahkan di atas keyboard laptop. Saat cuaca yang lebih hangat telah tiba, kamu mungkin melihat kucing menemukan lokasi yang lebih sejuk untuk menenangkan diri.

2 dari 3 halaman

2. Baunya seperti kamu

Kamu harus menganggap ini sebagai pujian! Kucing memiliki indra penciuman yang luar biasa, jadi apa pun yang memiliki aroma dirimu dapat memberi kucing rasa aman saat tidur. Tempat favorit kucing untuk tidur siang diantaranya adalah tempat tidur, di antara sepatu Anda atau bahkan di cucian Anda.

3. Ditandai

 

Kucing pada dasarnya hewan teritorial, jadi kemungkinan besar setelah mereka menemukan tempat yang nyaman untuk istirahat, mereka menandainya dengan aroma mereka. Jika kucing menggosok pipi atau panggulnya pada atau di sekitar Anda, ia menggunakan kelenjar untuk melepaskan feromon "menandai" sebagai aman atau mengklaim tempat tersebut sebagai miliknya. Mereka juga akan menyalin proses ini di tempat favorit mereka.

4. Tempat tinggi

Seringkali kucing suka merasa tersembunyi, jadi mereka akan mencari ruang di mana mereka dapat mengamati wilayahnya engan sedikit atau tanpa ancaman penyusup seperti anjing atau anak-anak. Karena pada dasarnya kucing sangat gesit, mudah bagi mereka untuk mengatasi beberapa rintangan untuk mencapai bagian atas lemari es maupun saat turun untuk menangkap mangsa yang ada di bawahnya.

3 dari 3 halaman

5. Ruangan gelap

Tempat favorit kucing dapat berubah dari satu tempat ke tempat lain berdasarkan waktu, karena nalurinya menyuruh untuk bergerak. Di malam hari, kucing cenderung lebih aktif dan berenergi karena naluri untuk berburu. Sehingga tidak menutup kemungkinan ia akan mencari ruang yang gelap. Karena perilaku itu, maka kucing juga suka menemukan tempat tersembunyi yang gelap di siang hari.

6. Di luar

Sekalipun kucing kamu bukan "kucing luar ruangan", masih memungkinkan bagi si anabul untuk mencoba tempat yang bagus di teras atau jendela untuk menikmati alam bebas.

Jadi dimanapun si anabul ini tidur dan bersantai di tempat favoritnya, pastikan beri kucing kamu tempat perlindungan untuk membantu menjaga dari parasit yang mungkin menempati tempat favoritnya.

Selain menjaga kebersihan lingkungan, pastikan untuk selalu memberikan makanan kucing yang bernutrisi dan bergizi. Mencari makanan kering favorit kucing? Kamu bisa memilih Muezza, brand makanan kucing terbuat dari bahan-bahan alami yang halal dan diproses dengan teknologi modern. 

Muezza mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand yang membuat pemiliknya kini bebas cemas saat memegang makanannya secara langsung. Selain itu, juga lebih leluasa mengurus hewan peliharaan seperti mencuci wadah makannya, membawa cat food bepergian, hingga mencari tempat penyimpanannya.

Muezza mengandung komposisi Omega3 dan Omega6, serta dapat mengoptimalkan sistem pencernaan karena Muezza dibuat dengan bahan-bahan yang sangat mudah dicerna. Menstimulasi penglihatan kucing dewasa karena mengandung taurin yang mencegah Feline Central Retinal Degeneration (degenerasi retina pusat pada kucing) dan Cardiomyopathy (lemah jantung).

Muezza memiliki 4 varian rasa yang disukai oleh kucing, mulai dari Ocean Fish Flavor, Salmon Flavor, Tuna Flavor, dan Mackerel Flavor. Pilih makanan kucing yang sehat dan halal seperti Muezza, yang bisa segera dibeli secara online di Shopee maupun Tokopedia. 

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)