Sukses

Ketahui 5 Manfaat Permen Karet Bagi Kesehatan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta - Permen karet merupakan permen bertekstur cukup keras dan memiliki rasa manis. Namun, setelah dikunyah tekstur permen akan menjadi lentur dan rasa manisnya perlahan hilang. Permen karet hadir dengan berbagai macam rasa, mulai dari anggur, stroberi, hingga mint.

Struktur kenyal dan rasanya yang beragam membuat permen karet menjadi favorit bagi sebagian orang. Namun, tahukah Anda bahwa mengunyah permen karet juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh?

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet bermanfaat untuk mengurangi stres. Hal ini karena dengan mengunyah permen karet dalam waktu 10 menit atau lebih dapat menurunkan tingkat hormon kortisol dan efektif untuk menenangkan saraf.

Selain menikmati sensasi kenyal saat mengunyah permen karet, Anda juga bisa mendapatkan ragam manfaatnya. Berikut lima manfaat mengunyah permen karet bagi kesehatan tubuh.

2 dari 7 halaman

1. Meningkatkan fungsi otak

Mengunyah permen karet dapat meningkatkan detak jantung, aliran darah, dan pengiriman oksigen ke otak. Hal ini memberikan beberapa manfaat bagi tubuh Anda, seperti meningkatkan kewaspadaan, pengambilan keputusan, dan daya ingat.

Sayangnya, ini hanya berfungsi saat Anda mengunyah permen karet dan tidak bekerja dalam waktu yang panjang. Alasannya, saat Anda mengunyah permen karet rongga mulut akan melakukan gerakan menggigit secara berulang-ulang sehingga dapat memperlancar aliran darah. Kondisi inilah yang membawa asupan oksigen ke otak dan membantu Anda lebih berkonsentrasi.

3 dari 7 halaman

2. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat lainnya dari mengunyah permen karet adalah dapat menurunkan berat badan. Terkadang permen karet dapat menekan nafsu makan Anda. Setelah mengunyah permen karet di pagi hari, seseorang cenderung merasa lapar.

Rasa manis dan rendah kalori yang terdapat dalam permen karet membantu Anda mengurangi konsumsi camilan. Selain itu, mengunyah permen karet juga meningkatkan pengeluaran energi dan memompa metabolisme Anda.

4 dari 7 halaman

3. Mencegah infeksi telinga

Infeksi telinga muncul ketika bakteri berkumpul di saluran yang menguhubungkan hidung dengan telinga. Mengunyah permen karet yang mengandung pemanis alami dapat membantu mencegah bakteri yang berada di dalam sana.

5 dari 7 halaman

4. Mengurangi napas tak sedap

Mengunyah permen karet dapat menghilangkan halitosis atau bau napas tak sedap yang disebabkan oleh bakteri di dalam mulut.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan jenis permen karet yang akan dikonsumsi. Pasalnya, ada beberapa jenis permen karet yang justru menyebabkan munculnya bau napas yang tak sedap.

6 dari 7 halaman

5. Membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet bebas gula dapat mencegah gigi berlubang.

Mengunyah permen karet bebas gula sekitar 20 menit secara rutin setelah habis makan dapat membantu produksi air liur atau saliva. Selain itu, permen karet juga dapat menyingkirkan bakteri pada gigi.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini: