Sukses

2 Program Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan yang Belum Capai Target, Apa Saja?

Dari sepuluh program yang dijalankan oleh BRSDM KP KKP, tersisa dua program yang belum rampung.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyampaikan kinerja yang telah dicapai sepanjang 2021. Hingga 14 Desember 2021, tersisa dua program yang belum mencapai target dari yang telah ditentukan sebelumnya.

Plt Kepala BRSDM KP KKP Kusdiantoro menuturkan sepanjang tahun ini, kinerja badan yang dipimpinnya itu berjalan secara baik. Sisa program yang belum rampung, rencananya akan segera tercapai pada akhir tahun mendatang.

“Seluruh capaian hingga 14 Desember baik target secara teknis maupun program manajerial, itu secara manajerial ini tergambar bagaimana postur BRSDM KP semua kegiatan manajerial itu sangat-sangat baik, semua target bisa terpenuhi,” katanya dalam konferensi pers Catatan Akhir Tahun 2021 dan Proyeksi 2022 Kinerja BRSDM KP, Selasa (14/12/2021).

“Dan ini menunjukkan bagaimana suatu komunikasi yang sangat baik, karena dilihat dari kinerja manajerialnya,” imbuhnya.

Informasi, mengutip materi paparannya, sejumlah capaian dari sisi manajerial diantaranya, SAKIP BRSDM mencatatkan 86,65 dari target sebesar 86. Lalu, Batas tertinggi nilai temuan BPK sebesar 0,25 persen dari target batas atas 1 persen.

Kemudian, Maturitas SPIP sebesar 3,87 dari target dengan nilai 3. Lalu, Satker berpredikat WBK sesuai target dengan nilai 10. Dan IP ASN melampaui target dengan capaian 78 dari target 73. Serta PMPRB BRSDM melampaui target dengan nilai 32,85 dari target 31.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Segi Teknis

Sementara itu, dari sisi teknis, dari sepuluh program yang dijalankan oleh BRSDM KP, tersisa dua program yang belum rampung. Namun, telah dijadwalkan rampung pada akhir tahun ini.

“Kalau dari teknisnya semua indikator sudah terpenuhi semua meski kita baru di tanggal 14 desember,” kata dia.

Kusdiantoro menuturkan, salah satu yang masih terus dilakukan pemutakhiran capaian adalah program mengenai startup pendidikan dan pelatihan kelautan dan perikanan. “InsyaaAllah sampai akhir tahun ini proses pendataan masih terus berjalan, ini bisa kita penuhi,” kata dia.

“Jadi semua target yang dibebankan ini bisa kita lalui ya, tinggal dua yang kita kaan selesaikan hingga 31 Desember, pelatihan masyarakat akan kita selesaikan pada 17 desember ini,” imbuh dia.

Diketahui, dua program yang belum mencapai target adalah Startup Pendidikan dan Pelatihan KP dengan capaian per 14 Desember 2021 sebanyak 241 dari target 298. Sementara program Pelatihan Masyarakat baru mencatatkan 14.900 dari target 15.000 masyarakat yang mendapatkan pelatihan.

Terkait program kedua ini, Kusdiantoro menyebut, pelaksanaan pelatihan telah dijadwalkan pada 17-18 Desember 2021 mendatang.

“Dan lainnya alhamdulillah ini bisa kita penuhi semua. Dan ini merupakan bagaimana kita memenuhi target yang diberikan dan menjalankan amanah yang diberikan masyarakat kepada BRSDM KP untuk men-support semua kebijakan KKP,” tutupnya.

Secara rinci, capaian program Kelompok Meningkat Kelasnya sebanyak 1.618 orang dari target 1.500 orang. Lal, Persentase Lulusan terserap DuDi sebesar 62,08 persen dari target 62 persen. Lalu, ada 11 Desa Mitra sesuai target, 24 Rekomendasi Kebijakan sesuai target, 11 WPP sesuai target.

Kemudian, 4.066 kelompok dibentuk telah melampaui target 2000 kelompok. Lalu, 11 Data/Peta Kebijakan sesuai target, terakhir 3 Riset dimanfaatkan oleh Industri telah mencapai target.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.