Sukses

Kementan Dukung Pertanian Cisarua Bandung Barat dengan Irigasi Perpipaan

Liputan6.com, Jakarta Untuk menggenjot produktivitas pertanian di Kabupaten Bandung Barat, Kementerian Pertanian membangun irigasi perpipaan di Desa Pasirhalang, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat. Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan produktivitas pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan ketersediaan air untuk pertanian sangat penting.

"Aktivitas pertanian tidak boleh terganggu. Pertanian tidak boleh bermasalah. Oleh karena itu, kita memastikan air selalu tersedia untuk mendukung produksi pertanian, salah satunya melalui irigasi perpipaan," tutur Mentan SYL, Senin (10/5/2021).

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, mengatakan irigasi perpipaan bisa menjadi solusi saat kemarau.

"Sebagai bagian dari water management, irigasi perpipaan ini memastikan air bisa selalu tersedia untuk memenuhi kebutuhan lahan pertanian, termasuk saat kemarau. Sehingga produksi pertanian benar-benar tidak terganggu," katanya.

Sarwo Edhy menjelaskan, irigasi perpipaan di Desa Pasirhalang, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat, dikerjakan secara swakelola oleh Kelompok Tani Karya Cinta Asih.

"Untuk mendukung itu, kita memberikan bantuan pompa air dengan diameter 3 inchi, power 4,8 HP, Intake 1100 liter/menit," terangnya.

Ditjen PSP juga membangun rumah pompa dengan spesifikasi panjang 1,5 meter, lebar 1,5 meter, kedalaman 2 meter, tinggi 3 meter.

"Kita juga mendukung perpipaan dengan total panjang mencapai 400 meter, dan lebar 2 inchi," terangnya.

Sarwo Edhy berharap masyarakat sekitar bisa menjaga dan memaksimalkan fungsi irigasi perpipaan ini.

"Sehingga bukan hanya produktivitas yang meningkat, tetapi juga pendapatan para petani," katanya.