Sukses

Ingin Berkarier di Dunia Seni? Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Bagi yang berjiwa seni, semua hal terkait seni adalah segalanya. Bahkan berkarier di dunia seni adalah dambaannya.

Tapi tahukah bahwa tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk bisa sukses berkarier di bidang seni. Butuh strategi yang tepat untuk meraihnya.

Belum lagi sebagian besar orangtua kerap tidak mendukung karier dunia seni karena identik dengan penghasilan yang kurang menjanjikan dan masa depan yang juga tidak jelas.

Seniman pada umumnya akan bekerja sendiri dan tidak bekerja secara formal sebagaimana layaknya orang kantoran. Dan inilah alasan utama mengapa kebanyakan orang sering menjadikan profesi yang satu ini sebagai pilihan kedua.

Lalu, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda termasuk orang yang tertarik untuk terjun ke industri seni itu?

Berkarier di dunia seni tak harus selalu menjadi pilihan kedua. Anda juga bisa meraih kesuksesan di bidang ini.

Zaman sudah mengalami perubahan dan industri seni juga kini menjanjikan lebih banyak peluang kerja yang beragam. Ada banyak pilihan bidang seni yang dapat dijadikan pertimbangan, seperti desain, melukis, seni peran, dan yang lainnya.

Jika Anda serius menggali potensi yang dimiliki, maka Anda tentu akan memiliki peluang sukses yang besar di dalam industri yang satu ini. Tentu dengan cara yang tepat.

Berikut cara berkarier di dunia seni agar capai sukses, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Memiliki Defenisi dan Target Sukses yang Jelas

Pengertian sukses memang relatif, sebab setiap orang bebas untuk menjabarkannya dalam versi mereka. Jika seseorang beranggapan memiliki banyak properti merupakan kesuksesan, maka orang lain justru bisa saja menganggap kesuksesan itu datang ketika mereka bisa membagikan ilmu kepada oang lain di sekitarnya.

Apapun itu, pastikan Anda memiliki defenisi sukses yang jelas sejak awal, dan tentunya yang cukup masuk akal. Hal ini penting, agar Anda bisa lebih mudah untuk mengarahkan langkah menuju target kesuksesan itu sendiri.

2 dari 4 halaman

2. Temukan Diri di Dalam Karya Anda

Bekerja sesuai passion merupakan cara termudah untuk menikmati pekerjaan itu sendiri dan meraih kesuksesan di dalamnya. Hal ini juga bisa Anda lakukan di dalam industri seni.

Seni harus alami, lahir dari jiwa dan rasa yang mengerjakannya. Tentu tidak mudah, sebab bisa saja Anda harus mencari-cari apa yang paling tepat dan bagaimana akan membuatnya menjadi sesuatu yang bernilai seni.

Beranilah berproses dan mengeksplor semua kemampuan terbaik Anda, sehingga Anda menemukan passion dan bisa menuangkannya menjadi sebuah karya. Jika bisa melakukan ini dengan baik, Anda akan menemukan diri di dalam setiap karya-karya Anda.

3. Kaya Inspirasi dan Produktif dalam Berkarya

Seni memiliki tantangan tersendiri, di mana berbagai inspirasi lahir dan dikenal secara bergantian. Hal ini tentu tidak mudah, sebab pada umumnya para seniman akan menemukan dan melahirkan sesuatu yang bisa saja belum akrab didengar pada pandangan kebanyakan orang.

Jika Anda bekerja di industri seni, maka Anda harus siap dengan kondisi yang seperti ini. Penting untuk selalu memiliki gairah dan juga inspirasi, agar Anda produkif dan bisa melahirkan berbagai karya seni di dalam karier Anda.

3 dari 4 halaman

4. Tunjukkan dan Bawa ke Tempat yang Tepat

Orang tidak akan mengenal karya Anda, jika Anda tidak pernah menunjukkannya kepada khalayak ramai. Menjadi penikmat karya sendiri tentu tidak salah, namun jika Anda ingin sukses, maka tunjukkan karya Anda dan biarkan orang lain juga menikmatinya sebagai sesuatu yang bernilai seni.

Jangan malu menjadi pemula, sebab semua seniman sukses bahkan pernah mengalami kegagalan. Bawa dan pajanglah karya Anda di pameran dan juga eksibisi, sehingga Anda menemukan wadah yang tepat dan peluang untuk mencapai titik kesuksesan di masa yang akan datang.

5. Kelola Karya secara Profesional

Meski Anda terjun ke industri seni dengan idealisme yang tinggi, namun jangan lupakan tujuan kesuksesan yang menjadi target Anda. Selain menemukan wadah untuk berkarya, Anda juga perlu menemukan penghasilan di sana.

Pastikan Anda tidak melupakan ilmu bisnis di bidang ini, agar Anda bisa mengelola setiap karya dengan cara profesional. Berapapun nilainya, terapkanlah ilmu bisnis yang profesional dalam mengelola karya dan juga keuangan Anda.

Bagaimanapun juga, orang sukses tentu harus memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola keuangan, bukan?

4 dari 4 halaman

6. Etika dan Kebebasan yang Berimbang

Industri seni memang memungkinkan Anda untuk bebas berkreasi dan menuangkan semua inspirasi di kepala Anda secara gamblang. Namun “kemerdekaan” dalam berkarya ini bukan berarti membuat Anda bebas tanpa aturan.

Pahamilah bahwa orang sukses harus memiliki etika kerja yang baik, bahkan di dalam industri seni sekalipun.

Mulai dengan Keyakinan dan Langkah yang Tepat

Terjun ke dalam industri seni merupakan keinginan banyak orang, meskipun kebanyakan orangtua kurang menyukai hal ini.

Namun bagi Anda yang memiliki keyakinan tinggi untuk sukses di bidang yang satu ini, pastikan Anda melakukan langkah-langkah yang tepat sejak awal dan memilih bidang seni yang benar-benar sesuai passion Anda.

Loading
Artikel Selanjutnya
Dana Pensiun Sulit Terkumpul, Mungkin Ini Penyebabnya
Artikel Selanjutnya
Menikah Bisa Bikin Hemat, Ini Alasannya