Sukses

Kekayaan Seni Budaya Toraja Jadi Nilai Jual Lebih Pariwisata Toraja

Ketua CoE Kemenpar, Esthy Reko Astuti hadir dalam penutupan event Lovely Desember yang digelar di Plaza Toraja, Tana Toraja.

Liputan6.com, Tana Toraja Kekayaan budaya Toraja tersaji dalam penutupan Lovely Desember 2018. Acara ini dilangsungkan di Plaza Toraja, Kabupaten Tana Toraja, Jumat (28/12).

Penutupan Lovely Desember dibuka dengan sajian Tari Maranting. Tarian tersebut dibawakan secara kolosal oleh puluhan penari. Harmonisasi manis tercipta. Semua begitu magis menghipnotis para pengunjung yang datang.

"Kekayaan budaya Toraja memang sudah tak diragukan. Kekayaan ini semakin melengkapi berbagai keunikan lainnya yang menjadi nilai jual lebih bagi pariwisata Toraja," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Jumat (28/12).

Eksotisme Toraja makin terlihat dengan tampilnya berbagai alat musik tradisional Toraja. Seperti Pa’pompang, Pa’tulali, Pa’pelle, Passuling, hingga Pa’geso-geso'. Semuanya mampu menghibur wisatawan.

Lovely Desember 2018 sendiri telah dilakukan selama sebulan penuh. Sajiannya lengkap penuh warna. Dari mulai gelaran keagamaan, seni, budaya, kuliner, dan sport tourism dirangkum menjadi satu kesatuan.

"Lovely Desember merupakan rangkuman kekayaan budaya Toraja yang eksotis. Meskipun tahun depan berubah nama saya berpesan untuk tetap menampilkan kekayaan budaya Toraja. Karena ini merupakan modal kuat untuk mendatangkan wisatawan. Pemilihan namanya pun harus sesuai mencerminkan kekayaan budaya Toraja," ujar Ketua CoE Kemenpar, Esthy Reko Astuti yang hadir dalam penutupan event tersebut.

Dalam sambutannya Esthy kembali menegaskan komitmen Kemenpar untuk mendukung pariwisata Toraja. Terlebih Presiden Joko Wibowo telah berkomitmen untuk membangun aksesibilitas Toraja, sehingga wisatawan lebih mudah masuk ke Toraja.

Memang tak dapat dipungkiri, hingga saat ini aksesibiltas merupakan faktor penghambat perkembangan pariwisata Toraja. Pasalnya wisatawan harus menempuh 8 jam perjalanan dari Makassar. Meskipun juga saat ini Toraja juga dapat ditempuh lewat Palopo yang berjarak 2 jam perjalanan.

"Modal Toraja sudah kuat dengan akar budayanya yang mendunia. Tinggal aksesibilitasnya yang perlu di tingkatkan. Saya yakin jika Bandara Buntu Kunik sudah selesai pasti perkembangan pariwisata Toraja makin cepat. Karena atraksi serta amenitasnya sudah mumpuni. Dan Presiden Jokowi sudah berkomitmen untuk melakukan percepatan pembangunannya," terang Esthy yang juga Staf Ahli Bidang Multikultural Kemenpar itu.

Acara yang ditutup dengan perayaan Natal bersama itu juga dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Kemaritim Bidang Ekonomi Maritim, RI , Sugeng Santoso, Bupati Toraja Nicodemus Biringkanae, Wakil Bupati Toraja Victor Datuan Batara, Kadis Pariwisata Toraja Rispita Napa Kadis Pariwisata Provinsi Sulsel Musaffar, serta Asisten I Gubernur Sulsel Abdul Salim.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini