Sukses

Suku Bunga Penjaminan LPS Tetap

LPS pun mengimbau agar bank lebih memperhatikan ketentuan tingkat bunga penjaminan simpanan dalam menghimpun dana.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyatakan tingkat bunga penjaminan tidak berubah untuk simpanan dalam rupiah dan valuta asing (valas) di bank umum serta untuk simpanan dalam rupiah di bank perkreditan rakyat (BPR). Periode itu berlaku untuk periode 24 Juni 2016-14 September 2016.

Rincian tingkat bunga itu antara lain:

Bank Umum:
Rupiah     : 6,75 persen
Valas     : 0,75 persen

BPR:
Rupiah: 9,25 persen

Tingkat bunga penjaminan ini masih sejalan dengan perkembangan terkini suku bunga simpanan perbankan dalam rupiah dan valas. Kondisi ekonomi makro dipandang stabil dan kondisi likuiditas perbankan berada dalam posisi yang memadai.

"Dengan likuiditas rupiah yang tetap terjaga, perbankan terlihat dapat melanjutkan tren penurunan suku bunga simpanan dan pinjaman antarbank," ujar Sekretaris Lembaga LPS Samsu Adi Nugroho seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (30/8/2016).

Sesuai ketentuan LPS, apabila suku bunga simpanan yang diperjanjikan antara bank dengan nasabah penyimpan melebihi tingkat bunga penjaminan simpanan, maka simpanan nasabah dimaksud menjadi tidak dijamin.

"Berkenaan dengan hal itu, bank diharuskan untuk memberitahukan kepada nasabah penyimpan mengenai tingkat bunga penjaminan simpanan yang berlaku dengan menempatkan informasi dimaksud pada tempat yang mudah diketahui oleh nasabah penyimpan," ujar dia.

LPS pun mengimbau agar perbankan lebih memperhatikan ketentuan tingkat bunga penjaminan simpanan dalam rangka penghimpunan dana. Dalam menjalankan usahanya, bank hendak memperhatikan kondisi likuiditas ke depan.

"Bank diharapkan dapat mematuhi ketentuan pengelolaan likuiditas ekonomi oleh Bank Indonesia, serta pengaturan dan pengawasan perbankan oleh OJK," ujar dia. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini