Sukses

Menteri Susi Gandeng PPATK Awasi Instansinya

Kerjasama ini diwujudkan melalui nota kesepahaman antara Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Kepala PPATK Muhammad Yusuf.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk memantau transaksi di dalam industri kelautan dan perikanan Indonesia.

Kerjasama ini diwujudkan melalui nota kesepahaman (MoU) antara Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Kepala PPATK Muhammad Yusuf.

Susi mengatakan, MoU dilakukan guna meningkatkan koordinasi dalam mengawasi terjadinya tindak pidana pencucian uang dalam sektor kelautan dan perikanan.

"Dengan ini, tambah satu lagi pihak yang melindungi nelayan Indonesia," ujarnya di Kantor KKP, Jakarta Pusat, Senin (5/1/2015).

Sementara itu, Kepala PPATK Muhammad Yusuf mengatakan bahwa selama ini sebenarnya sudah ada ribuan pelaporan terkait tindak pencucian uang, namun tindak lanjut dari pelaporan ini selalu berhenti di tengah jalan.

"Sudah ribuan laporan tetapi tidak ada peningkatan penindakan. Ini untuk pencegahan pencucian uang. Dari MoU ini, ibu (Susi) akan berikan data yang ada di laut sehingga bisa ditentukan siapa saja yang terlibat termasuk perusahaan yang terlibat didalamnya," tandas dia. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.