Sukses

Apa itu Fitur Flipside Instagram? Berikut Cara Menggunakannya

Baru-baru ini Instagram telah resmi merilis fitur "Flipside". Berikut adalah pengertian hingga cara menggunakan fiturnya.

Liputan6.com, Bandung - Masyarakat baru-baru ini ramai membicarakan fitur baru yang diluncurkan oleh Instagram bernama “flipside”. Sebelumnya, fitur tersebut sudah ramai dibahas sejak Desember 2023 lalu.

Melalui rumor tersebut, Instagram dilaporkan tengah mengembangkan sebauh fitur baru yang membuat penggunanya bisa membuat akun baru. Namun, akun tersebut bisa digunakan lebih privasi kurang lebih seperti second account.

Seperti namanya, flipside Instagram merupakan fitur unik yang membuat akun utama dan akun privasi terpisah dengan lebih mudah. Instagram dinilai melihat bahwa banyak pengguna Instagram mempunyai dua akun dengan sisi yang berbeda.

Fitur ini juga dinilai membantu orang-orang yang ingin mempunyai second account tanpa harus membuat akun baru. Mereka hanya tinggal mengklik pada bagian ikon berbentuk kunci yang ada di antarmuka aplikasi.

Kemudian, akun kedua sudah bisa digunakan dan jika ingin membatasi orang-orang yang melihat akun tersebut bisa dipilih langsung seperti fitur close friend dalam story Instagram. Fitur flipside bisa menjadi alternatif pilihan bagi pengguna yang ingin beberapa kontennya hanya bisa dilihat oleh orang tertentu.

Terutama untuk memisahkan unggahan yang bersifat pribadi atau personal yang hanya ingin dilihat oleh teman atau keluarga dekat dengan akun utama yang biasanya digunakan sebagai portofolio visual, musik, konten, dan lain-lain untuk publik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantu Pengguna yang Ingin Mengunggah Konten Pribadinya yang Lebih Personal

Flipside merupakan fitur baru Instagram yang mempunyai konsep mirip seperti second account. Namun akun tersebut juga bisa dilihat oleh orang-orang terpilih saja yang bisa dipilih seperti fitur close friend story Instagram.

Selain itu, flipside mempunyai tujuan agar penggunanya tidak perlu kesulitan atau ribet mengganti akun. Pasalnya, fitur ini bisa berganti dengan mudah hanya melalui ikon kunci yang ada dalam Instagram itu sendiri.

Fitur Flipside membantu pengguna yang ingin mengunggah konten pribadinya yang lebih personal kepada orang-orang terpilih saja misalnya kepada teman atau keluarga. Sehingga bisa memisahkan antara konten personal dan konten untuk publik.

Pengguna yang menggunakan fitur flipside juga masih tetap bisa mengunggah feeds hingga story seperti biasanya. Namun yang berbeda orang yang melihat konten tersebut hanya orang-orang yang pengguna itu pilih saja.

3 dari 3 halaman

Cara Pakai Flipside

Melansir dari beberapa sumber saat ini fitur flipside mungkin belum sepenuhnya tersedia di beberapa pengguna. Namun jika sudah tersedia maka bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka akun Instagram terlebih dahulu dan pastikan sudah login dengan akun Instagrammu.

2. Kemudian jika sudah masuk ke halaman beranda dan klik bagian “Profil” yang ada di pojok kanan bawah.

3. Jika sudah masuk ke profil Instagrammu maka kamu akan melihat tampilkan ikon berbentuk kunci di bagian kanan bawah.

4. Klik pada ikon bergambar kunci tersebut dan kamu otomatis sudah masuk ke profil flipside akun Instagrammu.

5. Selanjutnya kamu bisa menambahkan teman-temanmu saja untuk bisa melihat unggahan konten dari akun flipside milikmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.