Sukses

Kapolri Lantik Kapolda Sulsel, Kalbar, dan Kepulauan Riau

Kapolri juga melantik Kapuslitbang Kombes Indro Wiyono dan Kepala Pelayanan Markas Polri Kombes Yudi Amsyah.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian melantik sejumlah pejabat di lingkungan Mabes Polri. Ada tiga Kapolda dan empat jabatan strategis lainnya yang resmi dilantik Kapolri dalam acara serah terima jabatan di Rupatama Mabes Polri pada Rabu (29/11/2017) pagi.

Di antaranya Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Umar Septono, Kapolda Kalimantan Barat Brigjen Didi Haryono, dan Kapolda Kepulauan Riau Irjen Didid Widjanardi.

Kemudian ada juga Irjen Muktiono yang dilantik sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri serta Irjen Sudjarno yang dipercaya sebagai Kepala Korps Sabhara Baharkam Polri.

Selain itu Kapolri juga melantik Kapuslitbang Kombes Indro Wiyono dan Kepala Pelayanan Markas Polri Kombes Yudi Amsyah.

"Bahwa saya selaku pejabat Polri akan setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, Undang-undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, bahwa saya akan menaati segala peraturan Undang-undang dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercakan kepada saya dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab," ucap Kapolri yang diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Usai membacakan sumpah jabatan, sejumlah pejabat yang dilantik langsung menandatangi nota serah terima jabatan dari pejabat lama ke pejabat baru. Kemudian ada juga penyerahan tongkat komando untuk ketiga Kapolda yang dilantik. 

Sebelumnya, pergantian jabatan tiga Kapolda ini tertuang dalam surat telegram bernomor ST/2750/XI/2017 yang diterbitkan pada 16 November 2017. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganti Koordinator Staf Ahli 

Dalam surat telegram itu disebutkan, jabatan Koordinator Staf Ahli Kapolri yang diemban Irjen Iza Fadri akan digantikan oleh Irjen Muktiono yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Selatan. Iza Fadri rencananya akan ditempatkan sebagai Dubes Myanmar.

Sedangkan jabatan yang ditinggal Irjen Muktiono akan diisi oleh Irjen Umar Septono. Umar sebelumnya menjabat Kepala Korps Sabhara Baharkam Polri. Jabatan Kakorsabhara kini ditempati Irjen Sudjarno.

Kemudian surat telegram tersebut juga menyebutkan pergeseran Kapolda Kepulauan Riau yang dijabat Irjen Sam Budi Gusdian. Jabatan Kapolda Kepulauan Riau kini diisi oleh Irjen Didid Widjanardi. 

Kemudian ada juga pergantian Kapolda Kalimantan Barat Irjen Erwin Triwanto. Jabatan yang ditinggal Irjen Erwin kini dipercayakan ke Brigjen Didi Haryono yang sebelumnya menjabat Wakapolda Kepri.

Selain itu Brigjen Sistersins Mamadoa yang menjabat Kapuslitbang Polri resmi digantikan oleh Kombes Indro Wiyono. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.