Sukses

Syarief Hasan: Peningkatan Syarat Ketum Demokrat Demi Kualitas

Syarief menegaskan, sampai saat ini kader-kader Partai Demokrat yang merupakan pemilik hak suara memberikan dukungan ke SBY.

Liputan6.com, Surabaya - Persyaratan Pencalonan Ketua Umum Partai Demokrat yang dikabarkan memerlukan persentase dukungan hingga 40 persen, masih dipandang menjadi masalah. Namun, Ketua Steering Committee Kongres Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, nilai persentase tersebut belum dipastikan.

"Kami sampaikan bahwa kita adalah keran demokrasi, itu prinsip Partai Demokrat. Kita memang rencanakan syarat maju dalam persentase signifikan. Ini adalah hal yang berlaku umum. Sekarang maksudnya peningkatan persyaratan tersebut untuk meningkatkan kualitas," ujar Syarief di Hotel Shangri-La, Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/5/2015).

Ketua Harian Partai Demokrat itu pun menjelaskan, meski beredar kabar bahwa Marzukie Ali dan Gede Pasek Suardika maju sebagai calon Ketua Umum, sampai saat ini kader-kader Partai Demokrat yang merupakan pemilik hak suara memberikan dukungan ke Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

"Para pemilik hak suara, DPC, DPD, DPP,Wanbin, serta organ sayap, semua memberi dukungan ke Pak SBY," jelas dia.

Namun demikian dia belum bisa memastikan itu adalah sinyal SBY akan terpilih aklamasi. Walaupun, aklamasi juga merupakan bentuk demokrasi.

"Kita lihat nanti, apakah ada calon lain yang mencalonkan. Kalau memang hanya satu (ya itu aklamasi). Aklamasi juga prinsip demokasi. Kita lihat di Hanura, PDIP, Gerindra serta Golkar (versi Ical)," pungkas Syarief Hasan.
 
Partai Demokrat menggelar Kongres ke-IV di Surabaya pada 11-13 Mei 2015. Kongres turut mengundang Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini