Sukses

Daftar 12 Perjalanan Kereta Api Malam Eropa Terbaik 2023

Liputan6.com, Jakarta - Menjelajahi beragam destinasi dengan kereta api akan memberi pengalaman berbeda dibandingkan naik pesawat yang instan. Selain bisa menikmati waktu di perjalanan lebih lama, naik kereta api dianjurkan karena bisa mengurangi jejak karbon Anda.

Menurut Eurostar, terbang dari London ke Paris menghasilkan karbon dioksida 14 kali lebih banyak daripada bepergian dengan kereta api. Karena itu, negara-negara Uni Eropa mayoritas berinvestasi dalam perkeretaapian dengan menyediakan koneksi yang lebih baik dan lebih cepat dari sebelumnya. 

Dari kereta malam yang hemat anggaran hingga jalur lintas negara semua bisa Anda coba. Berikut adalah semua rute kereta api Eropa terbaru yang dirangkum Liputan6.com dari Euronews travel pada Selasa, 24 Januari 2023. 

1. Austria (Wina - Paris Nightjet)

Perusahaan kereta api nasional Austria. OBB memelopori kebangkitan kereta tidur Eropa dengan memperkenalkan NightJet sejak 2016. Pada akhir 2021, perusahaan ini meluncurkan rute baru yang menghubungkan Wina dan Paris melalui Salzburg dan Munich.

Perjalanan memakan waktu 14 jam dan jadwanya tiga kali seminggu di kedua arah, dengan harga mulai dari 30 euro atau setara Rp489 ribu untuk satu kursi hingga 120 euro atau setara Rp1,9 juta dan lebih mahal untuk kompartemen pribadi. Di musim panas 2023, Nightjet akan meluncurkan kereta generasi baru yang menyaingi penerbangan kelas satu dengan nyaman.

Fasilitas di kereta itu lengkap, mulai dari stasiun pengisian daya nirkabel, wifi gratis, penyimpanan peralatan olahraga sepeda dan salju, serta kompartemen pribadi dengan pancuran dan toilet sendiri. Sementara itu, rute dari Wina ke Genoa dan La Spezia dengan Nightjet  memperlihatkan layanan Wina/Munich ke Milan yang diperpanjang ke Genoa dan La Spezia di Italia. Dari sini, penumpang dapat naik kereta api ke Monako, Nice, dan Cinque Terre.

2 dari 4 halaman

2. Belgia (Brussel - Berlin European Sleeper)

European Sleeper, sebuah koperasi sosial Belgia-Belanda akan meluncurkan rute pertamanya dari Brussel ke Berlin melalui Amsterdam pada 25 Mei 2023. Hanya dengan satu perubahan, penumpang dapat melanjutkan perjalanan ke Paris, London, Praha, dan Warsawa. Mulai 2024, rencananya layanan akan diperluas ke Dresden dan Praha.

3. Republik Ceko (Praha ke Zurich dengan ČD)

Pada Desember 2022, operator kereta api nasional Republik Ceko České dráhy (ČD) meluncurkan layanan kereta tidur baru yang menghubungkan Praha ke Zurich, dengan perhentian di Frankfurt dan Basel di sela perjalanan. Layanan kereta yang memakan waktu 14 jam itu sempat ditutup pada 2017.

Pelancong akan memiliki sejumlah pilihan kelas berbeda, dari sofa enam tempat tidur hingga kompartemen tidur mewah dengan toilet dan pancuran en-suite. Tiket untuk tempat tidur di sofa enam tempat tidur mulai dari 49,90 euro atau setara Rp800 ribu. 

4. Prancis (Paris ke Berlin dengan TGV)

Prancis dan Jerman telah mengumumkan rute kereta TGV baru jalur antara Paris dan Berlin yang akan mulai beroperasi pada 2024. Saat ini, perjalanan antara dua ibu kota mengharuskan pelancong berganti di stasiun terpisah, seperti Cologne atau Frankfurt. Kereta berkecepatan tinggi yang baru akan memungkinkan penumpang menempuh perjalanan dalam waktu sekitar tujuh jam.

Ada pula rute Paris ke Madrid dengan Trenitalia yang juga diluncurkan pada akhir 2024. Pada Desember 2022, FS Italiane Group sebagai pemilik kereta api milik negara nasional Italia Trenitalia mengumumkan rencana sambungan kereta Frecciarossa berkecepatan tinggi baru antara Paris dan Madrid.

Kereta baru akan menghubungkan Paris dan Barcelona, dengan layanan berkecepatan tinggi yang sudah ada sudah berjalan ke ibu kota Spanyol. Jalur diproyeksikan akan diluncurkan akhir 2024, dengan petunjuk bahwa layanan lebih lanjut dapat menghubungkan Madrid dengan Italia melalui Prancis.

3 dari 4 halaman

5. Jerman (Berlin - Stockholm dengan Snälltåget)

Perusahaan kereta api Swedia Snälltåget telah mengubah rute layanan kereta Berlin ke Malmö melalui Hamburg dan Denmark, sambil memperluasnya ke Stockholm. Perjalanan penuh memakan waktu kurang dari 17 jam dengan harga untuk layanan langsung sekitar 50 euro atau setara Rp816 ribu.

Selain itu, ada jalur dari Munich ke Genoa dan La Spezia dengan Nightjet. Jadwal baru Nightjet 2023 memperlihatkan layanan Wina/Munich ke Milan diperpanjang ke Genoa dan La Spezia di Italia. Dari sini, perjalanan selanjutnya ke Monako, Nice, dan Cinque Terre dapat dilakukan.

Pilihan jalur lainnya menghubungkan Stuttgart ke Zagreb dan Rijeka dengan Nightjet dan EuroNight. Dalam jadwal baru 2023, NightJet memperpanjang layanan kereta tidurnya dari Munich ke Venesia, Ljubljana, dan Zagreb untuk dimulai di Stuttgart, Jerman.

Secara musiman, rute tersebut juga akan menuju kota Rijeka di pesisir Kroasia, dengan total waktu perjalanan sekitar 15 jam. Menggunakan Nightjet ke Venesia, pelancong akan menempuh perjalanan melalui Munich, Salzburg, dan Treviso, sedangkan layanan ke ibu kota Kroasia dan Slovenia dijalankan oleh Kereta Api Kroasia HŽ dan Kereta Api Slovenia SŽ di bawah EuroNight ÖBB.

8. Italia (Genoa ke Naples dengan NTV Italo)

Pada akhir 2021, perusahaan kereta api berkecepatan tinggi Italia NTV Italo meluncurkan layanan Genoa yang menghubungkan kota pelabuhan yang sebelumnya tidak terhubung dengan baik di barat laut Italia ke selatan negara itu. Perjalanan dari Genoa ke Naples memakan waktu kurang dari tujuh jam dan biayanya sekitar 80 euro setara Rp1,3 juta pulang pergi.

Jalur lain yang bisa jadi pertimbangan adalah rute Milan ke Paris dengan Frecciarossa. Di akhir 2021, perpanjangan tangan operator kereta api nasional Italia Trenitalia meluncurkan kereta api baru yang megah antara Milan dan Paris.

Lebih cepat dan lebih mewah dari layanan sebelumnya, perjalanan kereta ini memakan waktu kurang dari tujuh jam. Tiketnya cukup murah, seharga 29 euro yang setara Rp473 ribu meskipun menghabiskan ongkos 'eksekutif' untuk bepergian dengan kursi yang nyaman.

4 dari 4 halaman

9. Portugal (Porto ke Lisbon dan Vigo dengan Iberia)

Portugal telah menyetujui rencana jalur kereta api berkecepatan tinggi antara Lisbon, Porto dan Vigo. Ini akan menjadi bagian dari jaringan kereta api berkecepatan tinggi Iberia yang lebih luas yang menyatukan negara dan menghubungkannya dengan Spanyol.

Saat ini dibutuhkan hampir tiga jam perjalanan dengan kereta api antara Porto dan Lisbon. Jalur rel baru ini akan memangkas waktu tempuh menjadi hanya 1 jam 15 menit. Pada akhirnya, jalur baru ini akan menghubungkan kota-kota Portugis dengan Vigo di Spanyol.

10. Belanda (Amsterdam - Austria dengan TUI's Ski Express)

Pecinta olahraga salju bersiap untuk peluncuran kereta malam baru antara Amsterdam dan beberapa resor ski terbesar di Austria. 'Ski Express' TUI akan berangkat dari Amsterdam setiap Jumat malam antara 23 Desember 2022dan 31 Maret 2023. Setelah meninggalkan ibu kota Belanda pada pukul 17.30 waktu setempat, layanan akan berhenti di Utrecht kemudian langsung menuju ke Austria. Selain itu ada jalur Amsterdam ke Zurich dengan operator Nightjet.

Perintis kereta malam yang dipimpin Austria, NightJet, meluncurkan rute antara Amsterdam dan Zurich pada akhir 2021. Berangkat pukul 20.30 dan tiba pukul 08.05. Pilihan tempat tidur berkisar dari sofa yang harga tiketnya sekitar 60 euro atau setara Rp979 ribu hingga kabin dengan tidur mulai 120 euro atau setara Rp1,9 juta.

11. Swiss (Zurich ke Roma dengan Nightjet)

Dalam konferensi pers pada 2020, Nightjet mengumumkan akan meluncurkan kereta malam baru antara Zurich dan Roma pada musim dingin 2022. Masih harus dilihat apakah rencana tersebut akan berjalan sesuai jadwal. Saat ini, satu-satunya rute Roma yang dimiliki operator termasuk Wina, Salzburg, Villach, dan Munich.

12. Slovenia (Ljubljana ke Budapest dengan Kereta Api Hungaria)

Diluncurkan pada Desember 2021, kereta Hungaria Railways dari Ljubljana, Slovenia ke Budapest, Hungaria berjalan melalui Graz di Austria untuk perjalanan yang indah. Perjalanan memakan waktu 7,5 jam dan kereta berangkat pukul 05.05 dan 09.35, mulai dari 16 euro atau setara Rp261 ribu sekali jalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.