Sukses

Menghitung Porsi Makan dengan Tangan agar Tubuh Langsing

Liputan6.com, Jakarta – Memiliki berat badan ideal dan tubuh yang langsing merupakan impian banyak orang. Pola makan yang tepat sering disebut-sebut sebagai salah satu cara ampuh untuk mencapai berat badan ideal.

Gaya hidup yang kurang sehat dan pola makan yang berantakan merupakan faktor utama yang dapat mengakibatkan perut menjadi melar. Kalau tubuh sudah kegemukan, menurunkan berat badan atau mempunyai tubuh langsing menjadi hal sulit.

 

Dilansir dari Popsugar, Selasa, 4 Desember 2018, untuk menurunkan berat badan tergantung dari 80 persen asupan makanan dan 20 persen aktivitas yang dilakukan.

Karena itu, setiap orang harus menghitung dan membatasi setiap porsi asupannya. Bukan pekerjaan mudah untuk makan lebih sehat dan menentukan porsinya dengan skala makanan atau gelas ukur.

Pelatih dan instruktur olahraga Max Weber menawarkan cara yang lebih praktis yang mungkin bisa Anda coba dalam mengatur pola makan maupun porsi makan. Ia membagikan tips di akun Instagram-nya, tentang bagaimana mengatur ukuran porsi makan untuk setiap kali makan.

Ternyata yang dibutuhkan hanyalah mengukurnya dengan tangan. Mengontrol porsi makanan termasuk jumlah protein, karbohidrat, sayuran, dan lemak ternyata bisa dengan tangan kita sendiri.

2 dari 2 halaman

Porsi Pria Lebih Banyak

Untuk perempuan, menurut Max, porsi protein adalah sesuai ukuran telapak tangan. Porsi karbohidrat adalah sesuai ukuran tangan dengan posisi telungkup.

Porsi sayuran adalah sebesar ukuran kepalan tangan dan porsi lemak hanya sebesar ibu jari. Untuk pria, semuanya jadi berlipat ganda.

Satu porsi protein adalah dua porsi seukuran telapak tangan, satu porsi karbohidrat adalah dua porsi ukuran tangan telungkup, satu porsi sayuran adalah dua kepalan tangan, dan satu porsi lemak adalah dua jempol.

Max Weber memberikan catatan kalau semua asupan harus seimbang kalau ingin memiliki tubuh langsing dan berat badan ideal. Jangan sampai kelebihan atau terlalu sedikit. Caranya cukup dengan menggunakan tangan masing-masing.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: