Sukses

Terapkan Pola Makan Sehat, Olga Lydia Batasi Konsumsi Makanan Manis

Liputan6.com, Jakarta Artis Olga Lydia (41) menceritakan pola makan sehat yang dijalaninya. Dulu, ia suka makan nasi. Namun, ia menyadari nasi tidak lebih dari 50 persen menjadi asupan utama pada tubuh.

Ketercukupan nasi untuk diserap tubuh hanya 30 persen saja. Pada waktu itu, tubuh Olga bisa dikatakan agak gemuk. Ia pun mengurangi asupan karbohidrat.

"Dulu aku agak gemuk. Jadi, mengurangi karbohidrat juga," kata Olga saat berbincang tentang pola makan sehat "Isi Piringku" di Gelora Bung Karno, Jakarta pada Minggu (18/11/2018).

Mengubah pola hidup sehat memang butuh waktu. Olga Lydia pun tak serta-merta menjalani pola hidup sehat. Dia perlahan-lahan mengurangi karbohidrat dan konsumsi makanan manis.

"Es campur dan kue-kue yang manis seakan berkata, 'Makanlah aku.' Kita tergoda dan kadang mikir juga (mau atau tidak memakannya)," Olga melanjutkan.

 

2 dari 2 halaman

Kurangi makanan manis

Cara Olga membiasakan pola makan sehat yakni dengan mengontrol konsumsi makanan manis dan mengurangi nasi.

"Aku mengurangi nasi. Minumannya jangan yang manis-manis banget. Kalau minumnya manis, jangan makan kue yang manis," lanjutnya.

Porsi makan kue yang manis pun kecil saja, tidak terlalu besar. Kontrol makanan manis ini dilakukan Olga agar kadar gula darah tidak naik dan terhindar dari diabetes.

"Ya, porsi makan makanan manis enggak gede-gede juga. Sekarang porsinya dikecilin lah. Soalnya gulanya tinggi," ujar Olga.