Sukses

Gerhana Termasuk Tanda Kiamat yang Disebut Rasulullah SAW

Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah SAW menyebutkan 10 tanda kiamat. Dari 10 tanda kiamat ini tiga di antaranya adalah munculnya gerhana yang terjadi di tiga tempat.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang yang beriman harus meyakini bahwa hari kiamat itu ada. Hari berakhirnya kehidupan di dunia ini merupakan janji Allah SWT yang terdapat dalam Al-Qur’an.

Meski sudah ditegaskan bahwa akan terjadi, namun soal kapan terjadinya tidak ada yang tahu. Bahkan, Rasulullah SAW sendiri tidak mengetahui soal waktu tepat terjadinya hari akhir.

Hari kiamat memang tidak diketahui pasti waktu terjadinya. Akan tetapi, tanda-tanda yang mendekati kiamat telah disebutkan Rasulullah SAW dalam suatu hadis nabi.

Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah SAW menyebutkan 10 tanda kiamat. Dari 10 tanda kiamat ini tiga di antaranya adalah munculnya gerhana yang terjadi di tiga tempat.

Berikut adalah redaksi hadis yang menjelaskan tentang tanda kiamat.

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ قَالَ اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ   

Artinya: “Dari Hudzaifah bin Asid Al Ghifari berkata, Rasulullah SAW menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu. Ia bertanya, ‘Apa yang kalian bicarakan?’ Kami menjawab, ‘Kami membicarakan kiamat.’ Ia bersabda, ‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’ Rasulullah menyebut kabut, Dajjal, binatang (ad-dābbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya'juj dan Ma'juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka.” (Lihat Abul Husain Muslim bin Hajjaj bin Muslim An-Naisaburi, Al-Jāmi’us Ṣaḥīḥ, [Beirut, Dārul Afaq Al-Jadidah: tanpa tahun], juz VIII, halaman 178).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanda Kiamat dalam hadis Nabi

Berdasarkan hadis tersebut dapat diketahui bahwa tanda-tanda kiamat semakin dekat adalah sebagai berikut.

1. Munculnya kabut (dukhan) 

2. Munculnya Dajjal 

3. Munculnya Dabbah 

4. Terbitnya matahari dari barat. 

5. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj

6. Munculnya Isa bin Maryam 

7. Adanya tiga gerhana, di timur;  

8. Gerhana di barat

9. Gerhana di jazirah Arab. 

10. Adanya api yang muncul dari Yaman kemudian menggiring manusia menuju tempat berkumpul.

Dapat diketahui munculnya gerhana termasuk tanda kiamat yang disebut Rasulullah SAW, yakni gerhana di timur, gerhana di barat, dan gerhana di jazirah Arab. Di samping itu, gerhana merupakan fenomena alam dan bukti kekuasaan Allah SWT. Wallahu’alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.