Sukses

Pemerintah Arab Saudi Dirikan Pusat Komando Haji di Mina

Liputan6.com, Arab Saudi - Berkumpulnya jutaan jemaah haji dalam satu waktu, menjadi pekerjaan besar bagi pemerintah kerajaan Arab Saudi. Guna memastikan keamanan dan kenyamanan jemaah, kerajaan Arab Saudi mendirikan pusat pengendalian dan komando haji.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (23/8/2018), pusat pengendalian dan komando haji bertempat di Mina.  

Melalui tempat ini, pihak keamanan Arab Saudi bisa memantau situasi dan kondisi yang terjadi di pusat ritual ibadah haji, mulai dari kota Makkah, Arafah, Muzdalifah hingga Mina. Untuk memantau situasi, pihak keamanan menempatkan kurang lebih 5.600 kamera pengawas di seluruh penjuru Tanah Suci.  

Untuk Makkah, kurang lebih ada 500 kamera pengawas dikerahkan. Ruang kontrol bekerja 24 jam selama pelaksanaan ibadah haji. Termasuk mengecek kondisi para jemaah saat terjadi badai pasir dan hujan deras saat pelaksanaan wukuf.  

"Badai berawal dari Arafah. Akan tetapi tidak ada kecelakaan besar, Alhamdulillah. Termasuk mereka yang berada di Makkah," ujar Kepala Sistem Pertahanan Saad Khalaf Al Dosari. (Karlina Sintia Dewi)

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.