Sukses

Kaleidoskop 2023: 12 Peristiwa Unik Sepanjang Tahun, Anjing Kecanduan Alkohol hingga Pengemis Terkaya di Dunia

Sederet peristiwa unik hingga mengenaskan terjadi sepanjang tahun 2023, mulai dari anjing yang kecanduan alkohol hingga seorang lansia yang tewas usai jatuh ke kandang peliharaan buayanya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2023 akan segera berakhir dan dunia pun tengah bersiap untuk menyongsong tahun baru. Berbagai kejadian unik hingga bersejarah pun telah terjadi di sepanjang tahun.

Mulai dari peristiwa membanggakan seperti Indonesia yang masuk dalam dalam daftar negara terindah di dunia, hingga masjid di dalam negeri yang masuk daftar masjid unik di Asia Tenggara.

Sementara itu, kejadian unik seperti anjing yang kecanduan alkohol setelah pemiliknya meninggal dunia dan penampakan marshmallow terbesar di dunia yang bobotnya melebihi grand piano turut menjadi sorotan.

Lebih lanjut, peristiwa mengenaskan seperti kisah lansia di Kamboja yang tewas setelah jatuh ke kandang berisi buaya peliharaannya juga mencuri perhatian.

Berikut ini 12 peristiwa unik yang menjadi sorotan sepanjang 2023, Liputan6.com rangkum dalam kaleidoskop:

1. Indonesia Masuk Daftar 14 Negara Terindah di Dunia Tahun 2023

Setiap negara di dunia menawarkan keindahan dan keunikannya masing-masing. Meski begitu, ada beberapa negara yang dinobatkan sebagai negara paling indah di dunia.

Bumi adalah planet yang sangat beragam dan penuh dengan segala jenis tempat yang sangat indah, mulai dari keajaiban alam yang menakjubkan hingga atraksi buatan manusia yang menginspirasi.

Dengan 193 negara di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan banyak wilayah tambahan yang tersebar di seluruh dunia, Bumi memiliki sesuatu untuk siapa saja dan semua orang.

Selengkapnya di sini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

2. 7 Negara Ini Diklaim Tak Merayakan Hari Valentine, Indonesia Salah Satunya

Hari Valentine, juga disebut sebagai hari Saint Valentine atau pesta Saint Valentine, umumnya dirayakan setiap tahun pada tanggal 14 Februari.

Valentine berasal dari hari raya kristen untuk menghormati seorang martir bernama Valentine. Melalui tradisi rakyat, kemudian hari ini telah menjadi perayaan romantis dan cinta yang signifikan di banyak wilayah dunia.  

Sakramen Gelasian pada abad ke-8 mencatat perayaan pesta Santo Valentine yang terjadi pada tanggal 14 Februari, dikaitkan dengan cinta romantis pada abad ke-14 dan ke-15, ketika gagasan tentang cinta yang santun berkembang, dan tampaknya berkaitan dengan perkawinan burung-burung di awal musim semi.

Meskipun hari Valentine bukan hari libur umum, 14 Februari dianggap sebagai perayaan romansa budaya dan agama yang signifikan di Gereja Katolik. 

Di sisi lain, sejumlah negara timur memilih untuk tidak merayakan hari Valentine, meski dengan cara komersial. 

Sambungannya di sini...

3 dari 12 halaman

3. Potret Transformasi Nong Poy Sebelum dan Sesudah Jadi Transgender Cantik

Pada awal Februari 2023, ramai soal seorang perempuan transgender cantik yang dilamar putra konglomerat.

Treechada Petcharat, atau lebih dikenal sebagai Nong Poy, merupakan perempuan transgender dari Thailand yang dikabarkan akan menikah dengan pebisnis dari Thailand juga, Oak Pakhwa Hongyok.

Sang tunangan bukanlah orang sembarangan, ia adalah pria yang merupakan pewaris perusahaan besar di Thailand, Ar Jor, yang bergerak di bidang bisnis restoran, musem, dan kafe di Phuket.

Kepopuleran Nong Poy berawal dari 2004. Saat itu, ia mengikuti kontes kecantikan transgender, Miss Tiffany's Universe dan Miss International Queen.

Selengkapnya di sini...

4 dari 12 halaman

4. Cerita Coco, Anjing Jenis Labrador yang Kecanduan Alkohol Usai Pemiliknya Meninggal Dunia

Seekor anjing jenis labrador bernama Coco dibawa ke tempat penampungan penyelamatan hewan di Inggris, setelah kematian pemiliknya. 

Coco dirawat oleh dokter hewan setelah menderita kejang.

Coco dan anjing lainnya juga menjadi ketergantungan pada alkohol ketika pemiliknya meninggalkan minuman keras sebelum meninggal dunia, menurut laporan surat kabar Inggris The Telegraph.

Selengkapnya di sini...

5 dari 12 halaman

5. Lansia Kamboja Tewas Usai Jatuh ke Kandang Berisi 40 Buaya Peliharaannya

Seorang peternak reptil berusia 72 tahun terbunuh setelah jatuh ke kandang berisikan 40 ekor buaya miliknya di Siem Reap, Kamboja.

Kepala polisi setempat, Mey Savry, mengatakan bahwa reptil tersebut mencabik-cabik tubuh pria itu dengan adanya genangan darah yang tertinggal di kandang.

Peternak reptil yang bernama Luan Nam itu sedang mencoba untuk memindahkan seekor buaya keluar dari kandang tempat mereka bertelur. Namun, hewan itu "menyerang tongkat" yang sedang Luan gunakan dan menyebabkan dia jatuh ke dalam kandang.

Baca selengkapnya..

6 dari 12 halaman

6. Beredar Kabar Rusia Latih Paus dan Lumba-lumba, Jadi Pasukan Khusus Mata-Mata dan untuk Bunuh Musuh Barat

Pada Juni 2023, Rusia dituduh melatih mata-mata yang muncul di perairan Swedia.

Vladimir Putin sendiri telah berada di bawah pengawasan ketat sejak dimulainya invasi ke Ukraina pada Februari 2022 dan aktivitas apa pun di Barat dianggap mencurigakan.

Pengawasan termasuk kepada underwater special forces atau pasukan khusus bawah air yang sedang dibuat Kremlin (pusat pemerintahan Rusia) setelah ditemukannya Hvaldimir - 'mata-mata Rusia' yang ditemukan di Swedia.

Namun, Hvaldimir bukanlah mata-mata biasa karena dia sebenarnya adalah seekor paus beluga muda.

Meski terdengar konyol bahwa mata-mata bukan sesosok manusia, mamalia yang namanya merupakan plesetan Norwegia yang terinspirasi dari nama pemimpin Rusia itu, diduga merupakan produk pelatihan khusus di negara tersebut.

Selengkapnya di sini...

7 dari 12 halaman

7. Marshmallow Terbesar Sedunia Seberat 648 Kg, Bobotnya Lebih Berat dari Grand Piano

Dalam sebuah prestasi yang luar biasa, perusahaan permen Meksiko, Dulces Mazapán de la Rosa, berhasil memecahkan Guinness World Record alias Rekor Dunia Guinness dengan menciptakan marshmallow raksasa yang tak tertandingi.

Marshmallow ini memiliki berat lebih dari satu grand piano.

Aksi mengagumkan ini dilakukan di Plaza Fundadores, Guadalajara, sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-200 negara bagian Jalisco. Tim yang terdiri dari sekitar 100 orang bekerja selama 53 jam penuh untuk menyajikan camilan lembut nan luar biasa ini.

Selengkapnya di sini..

8 dari 12 halaman

8. Pengemis Terkaya di Dunia Berasal dari India, Punya Kekayaan Senilai Rp 14 Miliar

Mengemis adalah praktik yang marak terjadi di seluruh dunia. Biasanya, dilakukan oleh orang-orang yang kurang beruntung dalam hidupnya dan berkorelasi dengan kemiskinan.

Namun, mengemis berubah menjadi pekerjaan yang menguntungkan bagi satu orang di Mumbai, India.

Media lokal melaporkan bahwa pengemis Bharat Jain telah mengantongi uang senilai USD 890.708 atau sekitar Rp13 miliar dari mengemis di jalan-jalan kota metropolitan teknologi dan keuangan India tersebut.

Bharat diyakini membawa pulang sekitar USD30 sehari atau sekitar Rp 450 ribu atau USD 904, sekitar Rp13 juta.

Baca selengkapnya...

9 dari 12 halaman

9. 6 Masjid Unik di Asia Tenggara Termasuk Indonesia, Versi Brunei Berlapis Emas Murni

Asia Tenggara menjadi destinasi liburan terkemuka bagi para wisatawan Muslim, dan bukan tanpa alasan.

Dengan seperlima populasi Muslim dunia, kawasan ini menawarkan beragam makanan halal yang lezat dan atraksi yang ramah bagi wisatawan Muslim.

Namun, salah satu daya tarik terbesar adalah keindahan masjid-masjid yang menyatukan warisan Islam dan budaya lokal.

Selengkapnya baca di sini...

10 dari 12 halaman

10. Bayi India Terlahir dengan Belalai di Wajah Mirip Dewa Ganesha

Bayi laki-laki di India terlahir dengan wajah disebut-sebut mirip Dewa Ganesha. Peristiwa langka ketika seorang wanita dari Kota Alwar melahirkan anaknya yang memiliki belalai, terjadi pada 31 Juli 2023 pukul 21.30.

Kabar kelahiran di rumah sakit di Dausa, Rajasthan ini sontak memicu perhatian. Orang-orang dikabarkan berkerumun hendak melihat bayi yang disebut titisan Ilahi tersebut.

Baca selengkapnya di sini...

11 dari 12 halaman

11. Seorang Ibu Dikecam Usai Menyusui Anak Saat Naik Wahana Disney World Florida

Seorang ibu mendapat kecaman dari netizen setelah foto dirinya menyusui anak saat sedang bermain di wahana Frozen Ever After, Disney World, Orlando, Florida.

Foto yang berhasil direkam oleh taman hiburan tersebut membuat wanita ini menjadi perhatian warganet.

 Pasalnya masyarakat menganggap bahwa tindakannya dapat membahayakan keselamatan buah hatinya sendiri.

Meski begitu wanita tersebut menganggap bahwa aksinya itu bukan merupakan sebuah masalah.

Ibu tersebut bernama Meredith Barnayak dan anaknya, Poppy (1). Saat itu ia tengah berwisata keluarga bersama suami, anak-anaknya, serta orangtua.

Baca selengkapnya...

12 dari 12 halaman

12. Viral Lansia di Vietnam Klaim Hanya Minum Air dan Soft Drink Selama 50 Tahun Terakhir

Seorang wanita lanjut usia (lansia) berusia 75 tahun mengaku tidak pernah makan makanan padat apapun selama 50 tahun terakhir dan hanya bertahan hidup dengan air dan minuman soft drink (minuman ringan) manis.

Menariknya, meski Bui Thi Loi yang tinggal di Provinsi Quang Binh, Vietnam mengklaim tak pernah memakan makanan padat selama 50 tahun terakhir, ia terlihat sangat bugar, sehat dan tampak lebih muda dari usianya.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.