Sukses

Potret Transformasi Nong Poy Sebelum dan Sesudah Jadi Transgender Cantik

Berikut ini foto Nong Poy sebelum ia melakukan operasi transgender dari laki-laki ke perempuan.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini ramai soal seorang perempuan transgender cantik yang dilamar putra konglomerat.

Treechada Petcharat, atau lebih dikenal sebagai Nong Poy, merupakan perempuan transgender dari Thailand yang dikabarkan akan menikah dengan pebisnis dari Thailand juga, Oak Pakhwa Hongyok.

Sang tunangan bukanlah orang sembarangan, ia adalah pria yang merupakan pewaris perusahaan besar di Thailand, Ar Jor, yang bergerak di bidang bisnis restoran, musem, dan kafe di Phuket.

Kepopuleran Nong Poy berawal dari 2004. Saat itu, ia mengikuti kontes kecantikan transgender, Miss Tiffany's Universe dan Miss International Queen.

"Kontes ini membuka saya ke dunia baru," kata Nong Poy dalam acara reuni Miss International Queen pada 2020, dikutip dari Bangkok Post, Kamis (0/2/2023).

"Saya bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara dan belajar banyak dari sikap dan keyakinan mereka. Banyak dari mereka datang dari agama, budaya, karier, dan sistem politik yang berbeda-beda," lanjutnya.

"Beberapa kontestan (di Miss International Queen) berasal dari lingkungan yang sangat terbuka, sementara ada yang dari lingkungan kurang terbuka."

Dalam kedua kontes kecantikan yang diikuti Nong Poy, ia meraih juara pertama. Kariernya pun terus melonjak hingga dirinya menjadi bintang iklan hingga bermain di sejumlah film.

Bagaimana rupa Nong Poy sebelum bertransformasi menjadi transgender cantik? Berikut ini potretnya yang beredar di dunia maya.

Nong Poy. (Instagram/poydtreechada)

Treechada Petcharat lahir sebagai laki-laki tetapi kemudian menyadari dirinya sebagai wanita transgender. Dia menyembunyikan jenis kelaminnya dari masyarakat dan dipaksa untuk hidup sebagai laki-laki.

Dia sempat merasa jijik dengan alat kelaminnya, sehingga pada usia 17 tahun, aktris tersebut menjalani Gender Affirming Surgery.

Apa itu Gender Affirming Surgery? Operasi ini juga dikenal sebagai sex reassignment surgery (SRS) atau operasi penggantian kelamin atau operasi konfirmasi. Sebuah prosedur pembedahan di mana penampilan fisik dan kemampuan fungsional orang transgender atau non-biner diubah agar selaras dengan jenis kelamin yang mereka inginkan.

Setelah operasi, Treecada mengatakan bahwa dia merasa seperti terlahir kembali. Ia menikmati hidupnya saat ini dan merupakan orang yang sukses.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Idola Transgender Thailand

Beberapa tahun ini, banyak kontes kecantikan di seluruh dunia mulai memfokuskan tujuannya ke pemberdayaan perempuan advokasi untuk banyak isu sosial. 

Begitu juga dengan Miss International Queen, yang telah melakukan banyak progres dengan tren-tren yang ada.

Walaupun kecantikan masih menjadi komponen utama, Nong Poy percaya bahwa kontes kecantikan seperti Miss International Queen mencari pengubah sosial yang bisa memberikan dampak positif, tidak hanya untuk komunitas LGBTQ+, tetapi untuk seluruh umat manusia.

"Saya tidak bilang bahwa orang-orang LGBTQ+ harus menyelam ke pekerjaan-pekerjaan sosial, tetapi saya percaya mereka punya kemampuan untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik," kata Nong Poy.

Nong Poy merupakan idola banyak waria di Thailand. Pasalnya, ia dalah perempuan transgender pertama yang sering disebut oleh masyarakat Thailand dan bahkan pernah masuk dalam daftar Most Beautiful Faces atau Wajah Paling Cantik di dunia oleh majalah film Amerika Serikat (AS) TC Candler.

Dari kecil, Nong Poy mengatakan bahwa ia telah melihat bagaimana masyarakat berkembang pandangannya terkait orang-orang transgender.  

Yang awalnya orang-orang melihat komunitas transgender sebagai kaum aneh, kini Nong Poy mengaku ia melihat sudah mulai banyak yang menerima komunitas itu. 

"Dalam beberapa tahun terakhir, saya rasa masyarakat sudah tidak terlalu bahas kecantikan para komunitas transgender dan lebih memfokuskan pada berbagai karier yang dimiliki mereka. Kita ada transgender yang bekerja sebagai dokter, guru, politikus. Sekarang, kita memasuki variasi lebih banyak lagi," ucap Nong Poy.

3 dari 4 halaman

Beberapa Fakta tentang Nong Poy

Karier Nong Poy membuahkan hasil. 

Pada 2021, data yang beredar menyebutkan Non Poy diperkirakan memiliki kekayaan bersih 1 juta dolar AS yang ia hasilkan dari karier modeling dan akting.

Setelah Nong Poy masuk ke industri modeling pada 2004 dan memenangkan dua kontes kecantikan, ia tampil di banyak sampul majalah fesyen.

Setelah itu, ia memulai kariernya di industri film dan memulai debutnya pada 2010 di fim "With Love". Lalu, ia juga bermain di "The White Storm", "Insomnia Lover", "Witch Doctor", dan sejumlah film lainnya.

Tidak hanya di dunia entertainment, Nong Poy juga seorang ilmuwan yang saat ini bekerja dengan BIOMT. Ia melakukan penelitian dan pengembangan produk inovatif dalam ilmu molekuler. Tempatnya meneliti memiliki pengalaman di berbagai bidang seperti bio-molekul, industri makanan, apoteker, rekayasa genetika, dan sebagainya.

Baca selebihnya di sini...

4 dari 4 halaman

Beberapa Transgender Asia Lainnya

Tidak hanya Nong Poy dari Thailand, ternyata ada perempuan transgender lainnya yang tersebar di Asia, yang memiliki kepopuleran tinggi.

Misalnya, ada Chen Lili dari China. 

Seorang penyanyi, model dan aktris, Chen menjadi dikenal luas pada 2004 setelah ia mencoba untuk berkompetisi dalam kontes kecantikan Miss Universe China, tetapi sayangnya ditolak.

Meski dilarang mengikuti kompetisi, Chen akhirnya mencoba untuk berkompetisi di kontes Miss Artificial Beauty pertama di China dan memenangkan posisi runner-up kedua.

Ada pula Kayo Satoh, salah satu model dan tokoh TV paling populer di Jepang.

Awalnya, pada 2008, Kayo memulai pekerjaan sebagai model dan menjadi model eksklusif untuk majalah mode Jepang, Spy Girl.

Kemudian, pada Agustus 2010, Kayo mengumumkan di sebuah program TV Jepang bahwa ia awalnya lahir sebagai laki-laki. Hal tersebut memicu kontroversi nasional.

Meski mendapatkan beberapa kritik dan diskriminasi, pengungkapan jujur oleh Kayo itu membuat dirinya mendapatkan penerimaan sekaligus ketenaran setelahnya.

Baca selebihnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.