Sukses

Berkat Rekaman CCTV, Polisi China Gagalkan Penculikan Bayi

Pria berusia 35 tahun yang diidentifikasi bernama Xie, ditangkap setelah polisi mendapat petunjuk berupa barang bukti rekaman CCTV.

Liputan6.com, Dazhou - Aksi pria di China hendak mencuri bayi baru lahir di sebuah rumah sakit berhasil digagalkan oleh polisi setempat.

Dikutip dari laman South China Morning Post, Senin (28/5/2018), pria berusia 35 tahun yang diidentifikasi bernama Xie, ditangkap setelah polisi mendapat petunjuk berupa barang bukti rekaman CCTV.

Dalam video itu terlihat bahwa ada seorang pria yang mencoba menyelinap masuk ke bangsal bersalin di sebuah rumah sakit di Kota Dazhou, Sichuan, China.

Pria itu terlihat berjalan di sepanjang koridor dan sesekali mengintip beberapa pintu sebelum masuk ke dalam ruangan bayi.

Saat situasi dirasa aman, pria itu mencoba menggendong bayi laki-laki dari tempat tidur. Namun, aksi pria itu diketahui oleh nenek dari bayi tersebut.

"Tolong... ada seseorang mencuri bayi," teriak wanita tersebut.

Karena ketahuan, ia langsung meletakkan kembali bayi ke tempat tidur dan keluar dari bangsal rumah sakit.

Mendengar teriakan sang nenek, sejumlah orang lalu keluar dan mengejar pria tersebut. Pelariannya sempat berhasil, namun polisi yang bergerak cepat langsung menangkap pria itu.

Staf di rumah sakit di Dazhou, Sinchuan, China mengatakan, pria itu memiliki sejumlah riwayat aksi pencurian bayi dari rumah sakit.

Bahkan, beberapa kali ia sudah ditangkap dan menerima hukuman. Meski demikian hal itu tak membuatnya jera.

Kini, pria itu sudah ditangkap dan kembali menjalani proses hukum.

 

Sakasikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Menyamar demi Selamatkan Bayi yang Diculik

Sebelumnya pada awal tahun 2018, sepasang suami istri di Thane, India bahagia bukan main setelah mengetahui bayi mereka yang baru lahirkan berhasil ditemukan pihak kepolisian setempat.

Dikutip dari laman Hindustan Times, pada mulanya, bayi tersebut diculik oleh seseorang perempuan yang sengaja menyusup ke dalam rumah sakit.

Setelah menerima laporan kehilangan bayi, tim polisi diturunkan untuk mencari keberadaan penculik dan bayi. Alhasil, polisi menangkap tiga orang yang tertangkap basah tengah bersama bayi tersebut.

Saat diselidiki, ketiganya terlibat dalam perdagangan manusia dan telah lama berkecimpung dalam bisnis seperti ini.

Polisi berhasil menangkap pelaku berdasarkan barang bukti yang ditemukan berupa rekaman CCTV.

"Rekaman itu menunjukkan bahwa si pelaku tengah membawa lari anak itu dari tempat tidur rumah sakit," ujar polisi.

Dikutip dari laman The Indian Express, untuk mendapatkan bayi itu kembali, tim kepolisian menyamar menjadi pembeli bayi.

"Kami berpura-pura menjadi pembeli bayi dan mengikuti mereka hingga lokasi persembunyian di Desa Pisawali, Kalyan," ujar polisi.

Perempuan penculikan diidentifikasi bernama Gudiya Rajbhar dan dua pria lainnya adalah Sonu Rajbhar dan Vijay Shrivastav.

Mohan Bhovar (24), ayah dari bayi itu mengaku senang ketika mengetahui anaknya ditemukan dengan selamat. Ia sempat menceritakan kronologi kejadian.

"Saat itu istriku sedang sendirian dan seorang wanita tak dikenal membawa anakku pergi," ujar Bhovar.

Pelaku berhasil masuk saat suasana rumah sakit sedang disibukkan oleh banyak pasien. Ditambah suster yang ada di rumah sakit itu teledor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • cctv