Sukses

7 Hal Sederhana Ini Bisa Bantu Anda Meredakan Stres, Apa Saja?

Berikut deretan hal sederhana yang bisa dilakukan untuk meredakan stres, mulai dari lakukan aktivitas fisik hingga belajar mengatakan tidak.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang menghadapi stres setiap hari. Pekerjaan, masalah keluarga, masalah kesehatan, atau masalah keuangan adalah bagian dari kehidupan sehari-hari yang umumnya berkontribusi terhadap meningkatnya tingkat stres.

Faktor-faktor tertentu dapat memengaruhi kerentanan Anda terhadap stres. Ini dapat mencakup genetika, tingkat dukungan sosial, tipe kepribadian, gender, status sosial dan ekonomi, trauma masa kecil, profesi Anda atau faktor lainnya. 

Meminimalkan stres kronis dalam kehidupan sehari-hari sebanyak mungkin dapat mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan. Stres kronis dapat meningkatkan risiko kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung, gangguan kecemasan, dan depresi. Lantas bagaimana caranya? Dilansir dari healthline, Jumat (17/11/2023), berikut deretan hal sederhana yang bisa dilakukan untuk meredakan stres

1. Perbanyak aktivitas fisik

Jika Anda stres, menggerakkan tubuh secara konsisten dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan mood. Sebuah studi selama 6 minggu terhadap 185 mahasiswa menemukan bahwa berpartisipasi dalam latihan aerobik 2 hari per minggu secara signifikan mengurangi stres yang dirasakan secara keseluruhan dan stres yang dirasakan karena ketidakpastian. 

Selain itu, rutinitas olahraga secara signifikan memperbaiki depresi. Olahraga teratur telah terbukti memperbaiki gejala kondisi kesehatan mental umum seperti kecemasan dan depresi.

Jika saat ini Anda tidak aktif, mulailah dengan aktivitas ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda. Memilih aktivitas yang Anda sukai dapat membantu meningkatkan peluang Anda untuk tetap melakukannya dalam jangka panjang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Makan makanan yang seimbang

Pola makan Anda memengaruhi setiap aspek kesehatan Anda, termasuk kesehatan mental Anda. Tinjauan penelitian tahun 2022 menunjukkan bahwa orang yang mengikuti pola makan tinggi makanan ultra-olahan dan tambahan gula lebih cenderung mengalami tingkat stres yang dirasakan lebih tinggi.

Stres yang kronis dapat membuat Anda makan berlebihan dan mengonsumsi makanan yang sangat enak, yang dapat membahayakan kesehatan dan suasana hati Anda secara keseluruhan.

Tidak mengonsumsi cukup makanan utuh yang padat nutrisi dapat meningkatkan risiko kekurangan nutrisi penting untuk mengatur stres dan suasana hati, seperti magnesium dan vitamin B.

Meminimalkan asupan makanan dan minuman olahan dan mengonsumsi lebih banyak makanan utuh dapat membantu memastikan tubuh Anda mendapat nutrisi yang tepat. 

Pada gilirannya, hal ini dapat meningkatkan ketahanan Anda terhadap stres. Pilihan makanan utuh dapat mencakup sayuran, buah-buahan, kacang polong, ikan hingga biji-bijian.

3 dari 5 halaman

3. Minimalkan penggunaan dan waktu pemakaian ponsel

Meskipun ponsel, komputer, dan tablet sering kali diperlukan, menggunakannya terlalu sering dapat meningkatkan stres. Tinjauan literatur tahun 2021 menunjukkan bahwa beberapa penelitian mengaitkan penggunaan ponsel cerdas yang berlebihan dengan peningkatan tingkat stres dan gangguan kesehatan mental.

Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar dikaitkan dengan rendahnya kesejahteraan psikologis dan peningkatan tingkat stres pada orang dewasa dan anak-anak. Selain itu, waktu menatap layar dapat berdampak negatif terhadap tidur, yang juga dapat menyebabkan peningkatan tingkat stres.

4. Coba untuk melakukan perawatan diri

Menyisihkan waktu untuk mempraktikkan perawatan diri dapat membantu mengurangi tingkat stres Anda. Contoh praktisnya meliputi pergi berjalan-jalan di luar, mandi air hangat, menyalakan lilin, membaca buku yang bagus, berolahraga, menyiapkan makanan sehat, peregangan sebelum tidur, mendapatkan pijatan, melakukan hobi, menggunakan diffuser dengan aroma yang menenangkan, hingga berlatih yoga. 

Orang yang melakukan perawatan diri biasanya memiliki tingkat stres yang lebih rendah dan kualitas hidup yang lebih baik, sementara kurangnya perawatan diri dikaitkan dengan risiko stres dan kelelahan yang lebih tinggi.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri sangat penting untuk menjalani hidup sehat. Hal ini sangat penting terutama bagi orang-orang yang cenderung mengalami stres berat, termasuk perawat, dokter, guru, dan pengasuh.

Perawatan diri tidak harus rumit. Itu berarti menjaga kesejahteraan dan kebahagiaan Anda. Paparan aroma tertentu melalui lilin atau minyak esensial juga mungkin sangat menenangkan.

4 dari 5 halaman

5. Cobalah membuat jurnal

Menulis jurnal dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan serta memberikan penyaluran positif untuk pikiran dan emosi Anda. Sebuah studi tahun 2018 mencatat bahwa tulisan ekspresif atau tulisan terapeutik dapat bermanfaat bagi orang yang mengelola kondisi kesehatan kronis. 

Mereka mencatat bahwa menulis jurnal secara teratur mungkin berhubungan dengan kualitas hidup yang lebih tinggi, perilaku perawatan diri yang lebih proaktif, dan perilaku sehat lainnya, seperti mengonsumsi obat yang diresepkan. 

6. Habiskan waktu bersama teman dan keluarga

Dukungan sosial dari teman dan keluarga dapat membantu Anda melewati masa-masa sulit dan mengatasi stres. Satu studi tahun 2019 pada 163 orang dewasa muda usia kuliah mengaitkan tingkat dukungan yang lebih rendah dari teman, keluarga, dan pasangan romantis dengan kesepian, gejala depresi, dan perasaan stres.

Memiliki sistem dukungan sosial penting untuk kesehatan mental Anda secara keseluruhan. Jika Anda merasa sendirian dan tidak memiliki teman atau keluarga untuk diandalkan, kelompok dukungan sosial dapat membantu. Pertimbangkan untuk bergabung dengan klub atau tim olahraga atau menjadi sukarelawan untuk tujuan yang penting bagi Anda.

5 dari 5 halaman

7. Ciptakan batasan dan belajarlah untuk mengatakan tidak

Tidak semua penyebab stres berada dalam kendali Anda, tetapi ada pula yang berada dalam kendali Anda. Menempatkan terlalu banyak makanan dapat meningkatkan beban stres dan membatasi jumlah waktu yang dapat Anda habiskan untuk perawatan diri.

Salah satu cara untuk membantu mengurangi stres dan melindungi kesehatan mental Anda adalah dengan lebih sering mengatakan “tidak”. Hal ini terutama berlaku jika Anda mengambil lebih dari yang dapat Anda tangani karena memikul banyak tanggung jawab mungkin membuat Anda merasa kewalahan.

Bersikap selektif terhadap apa yang Anda lakukan dan mengatakan "tidak" pada hal-hal yang tidak perlu menambah beban Anda dapat mengurangi tingkat stres Anda.

Menciptakan batasan terutama dengan orang-orang yang menambah tingkat stres Anda juga adalah cara yang sehat untuk melindungi kesejahteraan Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan cara sederhana seperti meminta teman atau anggota keluarga untuk tidak mampir tanpa pemberitahuan sebelumnya atau membatalkan rencana berdiri bersama teman jika Anda memerlukan ruang lebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.