Sukses

4 Manfaat Semangka untuk Kesehatan Kulit, Menjaga Kelembapan hingga Mengatasi Iritasi

Selain bernutrisi, ternyata semangka juga bisa bermanfaat untuk kesehatan kulitmu, lho!

Liputan6.com, Jakarta - Selain minum es atau minuman dingin, buah juga menjadi salah satu alternatif makanan sehat dan menyegarkan untuk dikonsumsi saat cuaca sedang terik-teriknya seperti saat ini.

Nah, apakah ada buah dingin yang sempurna untuk dikonsumsi saat cuaca panas selain semangka yang manis dan berair? Ya, tentunya mengonsumsi semangka bisa jadi pilihan yang baik untuk Anda.

Namun, sudah tahu belum kalau ada segudang manfaat buah semangka yang mungkin jarang diketahui? Tidak hanya untuk tubuh, tapi juga bagi kesehatan kulit dari dalam, lho. Nutrisi dalam semangka menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi orang-orang yang ingin mendapatkan manfaatnya dari luar dan dalam.

“Semangka adalah makanan kaya vitamin yang memberikan banyak manfaat secara internal dan eksternal,” kata Kathleen S. Viscusi, M.D., F.A.A.D, F.A.C.M.S, dan salah satu pendiri dan mitra di Dermatology and Surgery Specialists of North Atlanta (DESSNA) seperti dilansir dari Prevention, Minggu (15/10/2023).

“Ini telah lama menjadi bahan dalam perawatan kulit Korea, dan kini semakin umum digunakan di seluruh dunia," sambungnya.

Lalu, bagaimana cara mengonsumsi semangka yang tepat supaya mendapatkan khasiatnya? Berikut manfaat buah semangka bagi kecantikan kulit. Siapa tahu keinginan Anda untuk mencapai kulit glowing dan sehat bisa terpenuhi, kan? 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Manfaatkan Kulitnya untuk Menenangkan Iritasi

Green outer shell (atau kulit) semangka yang berwarna hijau telah dikenal membantu menenangkan kulit yang teriritasi karena kemerahan dan peradangan,” kata Dr. Viscusi.

Anda sebenarnya bisa menempelkan kulit semangka (bagian dalam ke bawah) langsung ke kulit Anda untuk membuat DIY (Do It Yourself) masker semangka di area kulit yang bermasalah. Namun jika masih ragu kalau membutnya sendiri, Anda bisa mencari masker wajah yang mengandung kulit semangka sebagai bahan dasarnya.

Akan tetapi, ada hal yang harus diperhatikan kalau Anda menggunakan masker buatan sendiri. Salah satunya, pastikan untuk mendinginkan terlebih dahulu kulitnya di lemari es dan kemudian (dengan hati-hati) gunakan pisau untuk mengiris kulit menjadi potongan-potongan yang sangat tipis yang dapat Anda tempelkan pada wajah atau kulit yang teriritasi lainnya.

2. Pilihlah skincare yang berbahan dasar semangka

Jika Anda mencari pilihan lainnya, ada cara untuk mendapatkan manfaat perawatan kulit dari semangka bahkan saat sedang tidak musimnya. Salah satunya dengan memilih skincare yang mengandung ekstrak semangka sehingga kulit tetap terhidrasi. Saat ini ada banyak skincare yang dijual di pasaran dan sesuaikan dengan kondisi kulit Anda juga, ya.

3 dari 4 halaman

3. Konsumsi Buah Semangka untuk Peremajaan Kulit

Buah semangka sendiri memiliki banyak nutrisi penting, seperti vitamin A dan C, yang keduanya diketahui membantu memerangi dan menyembuhkan kulit kusam dan rusak, kata Dr. Viscusi. Tanpa vitamin A yang cukup, kulit Anda mungkin tampak kering dan bersisik, karena vitamin ini adalah kunci untuk menciptakan dan memperbaiki sel-sel kulit Anda.

Sementara itu, vitamin C dapat membantu menjaga kulit Anda aman dari kerusakan akibat sinar matahari dan menghaluskan kerutan dengan meningkatkan kolagen. Semangka juga mengandung Vitamin E yang merupakan antioksidan utama untuk membantu meremajakan kulit yang mengalami faktor-faktor seperti hiperpigmentasi atau kerusakan akibat radikal bebas, tambah Dr. Viscusi.

Senyawa kuat ini dapat membantu menutrisi kulit Anda dan membantu melindunginya dari kerusakan.

Meskipun Anda dapat menutrisi kulit Anda dengan serum atau krim yang mengandung hyaluronic acid, semangka sebenarnya dapat membantu mencapai beberapa efek yang sama.

“Suplemen dan makanan tertentu dapat membantu meningkatkan kadar asam hialuronat dan kolagen alami, membantu meningkatkan hidrasi sel dari dalam ke luar,” kata Howard Murad, M.D., dokter kulit, dan pendiri Murad Skincare.

4 dari 4 halaman

4. Biji Semangka untuk Menjaga Kelembapan Kulit

Ya, Anda tidak salah membacanya! Biji semangka pun juga bisa dimanfaatkan untuk mengunci kelembapan kulit.

"Biji semangka yang dimasak sepenuhnya juga ampuh bagi kesehatan kulit, lho. Meski tidak sepopuler buahnya, bijinya mengandung protein, asam lemak, dan ceramide untuk membantu mengunci kelembapan kulit," jelas Dr. Viscusi.

Selain itu, biji semangka mengandung magnesium yang dapat mengurangi jerawat dengan menurunkan kadar kortisol dan menyeimbangkan hormon Anda.

Itu sebabnya magnesium seringkali menjadi bagian dari senyawa topikal yang dimaksudkan untuk mengatasi kulit merah dan teriritasi. Nah, bagaimana cara mengolah biji semangka ini? Kami merekomendasikan memanggang biji semangka Anda untuk kenikmatan rasa yang maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.