Sukses

4 Software Ini Amat Berguna Untuk Bisnis, Cek di Sini

Liputan6.com, Jakarta Dunia transformasi digital membuat mayoritas pekerjaan dapat diatur dengan aplikasi dan perangkat lunak, terutama dalam menjalankan bisnis serta pekerjaan.

Akhir-akhir ini semakin banyak bisnis dan organisasi yang berinvestasi dalam perangkat lunak, untuk menyelesaikan tugas, mengantisipasi kerusakan file atau sistem, dan meningkatkan efesiensi secara keseluruhan.

Nah, aplikasi-aplikasi berikut memungkinkan untuk memudahkan kalian dalam menjalankan bisnis secara mudah dan efesien. Berikut 4 software yang baik digunakan untuk menjalankan bisnis, dikutip dari gizchina, Rabu (23/11/2022). 

1. Perangkat Lunak Komunikasi Tim Terbaik : Slack.

Slack menyediakan pengiriman pesan, umpan balik, dan kolaborasi secara real time, bahkan bisa dibilang merupakan alat komunikasi tim teratas.

Slack diciptakan untuk mengatasi inefisiensi dan penundaan komunikasi email. Pengguna perangkat lunak dapat membuat saluran yang didasarkan pada subjek, tim, proyek, atau bahkan klien. Saluran akun Slack bisa bersifat pribadi dan hanya dapat diakses dengan undangan atau publik dan dapat diakses oleh semua pengguna.

Slack memiliki banyak ekstensi yang memungkinkan tim untuk berbagi file, melakukan jajak pendapat, dan merencanakan pertemuan. Selain tautan ke manajemen proyek eksternal, penyimpanan cloud, dan aplikasi produktivitas.

Platform ini memungkinkan pengguna untuk memulai utas diskusi baru untuk membantu menjaga percakapan yang lebih lama tetap fokus dan bersih. Ini juga menawarkan obrolan telepon dan video gratis, satu klik.

Fungsionalitas pencarian Slack adalah salah satu komponennya yang paling bermanfaat. Tidak perlu lagi memilah-milah email atau catatan tulisan tangan untuk mencari satu informasi penting.

Akun Slack gratis akan cukup untuk organisasi yang hanya menginginkan satu ruang kerja. Selain panggilan video satu lawan satu, dan konektor aplikasi dalam jumlah terbatas.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

2. Perangkat Lunak Manajemen Dokumen Terbaik : Google Workspace

Google Workplace, yang sebelumnya dikenal sebagai Google Suite, adalah bundel aplikasi kantor berbasis web. Aplikasi ini mencakup email, kalender, obrolan, pembuatan dan pengelolaan dokumen, penyimpanan awan, dan banyak lagi.

Sebagai perangkat lunak manajemen dokumen terbaik, karena menyediakan pembuatan, penyimpanan, kolaborasi, dan berbagi dokumen yang aman, canggih, dan berbasis cloud.

Untuk bisnis kecil yang ingin membangun lingkungan kerja yang efektif, kolaboratif, dan berbasis cloud. Tanpa harus membayar perangkat lunak yang mahal atau khawatir semua orang memiliki komputer yang sama.

Google Workspace adalah pilihan yang fantastis. Pengguna dapat beralih antar aplikasi dengan mudah karena setiap alat di platform Google Workspace adalah produk Google.

Pengguna dapat terhubung ke ratusan platform pihak ketiga melalui Google Workspace selain integrasi antara setiap aplikasi, seperti Zoom, Trello dan banyak lainnya. Untuk melindungi kerahasiaan informasi setiap perusahaan, Google Workspace add ons hanya mengakses jumlah minimal informasi yang diperlukan untuk melaksanakan tugas.

Dengan membuat akun Gmail gratis, siapa pun dapat mengakses semua aplikasi Google Workspace. Sementara paket Google Workspace berbayar memberi perusahaan akses ke alamat email bisnis, penyimpanan cloud tambahan, dan keamanan yang ditingkatkan.

3 dari 4 halaman

3. Perangkat Lunak Manajemen Proyek Terbaik : Trello

Program ini mengatasi masalah perencanaan yang kompleks. Program ini menyediakan pendekatan gratis,dan mudah beradaptasi untuk mengelola tugas.

Trello membuatnya mudah untuk mengelola proyek dan alur kerja berkelanjutan. Dengan menggunakan papan/boards gaya Kanban untuk manajemen tugas dan proyek. Pengguna dapat membuat papan/boards dan daftar khusus dengan kartu yang dapat berisi gambar, file, tautan, daftar periksa, tanggal jatuh tempo. Dan lebih banyak lagi berkat antarmuka yang ramah pengguna dan intuitif.

Pengguna dapat memilih dari ratusan templat kategori yang dihasilkan oleh pengguna lain yang dapat disesuaikan seperlunya. Atau bisa memulai dengan templat kosong, untuk memfasilitasi kolaborasi dan alur kerja, Trello menawarkan aplikasi seluler. Selain antarmuka dengan Slack, Google Drive, Dropbox, dan ratusan sistem pihak ketiga lainnya.

Paket gratis Trello mencakup papan/boards, daftar, dan kartu pribadi tanpa batas selain banyak fitur lainnya. Paket gratis memiliki batas lampiran file 10MB, 10 papan tim, dan satu ekstensi pihak ketiga per batasan papan. Tiga paket tambahan hadir dengan fitur tambahan.

4 dari 4 halaman

4. Perangkat Lunak Email Terbaik : Mailchimp

Mailchimp menyediakan pemasaran email tingkat tinggi bagi bisnis kecil melalui paket berlangganan gratis dan harga terjangkau. Mailchimp saat ini telah berkembang menjadi platform pemasaran lengkap yang menawarkan situs web, halaman arahan, kartu pos, dan banyak lagi.

Bagi pemilik bisnis yang baru mengenal pemasaran email, perangkat lunak email gratis Mailchimp membuat memulai dengan mudah. Platform ini menyediakan segmentasi audiens, personalisasi dasar, opt in popup dan formulir pendaftaran, templat email yang telah dibuat sebelumnya, dan fitur-fitur lainnya.

Pengguna juga menerima aplikasi seluler yang memungkinkan mereka untuk mengirim email. Dan melihat kinerja kampanye hanya dengan beberapa klik. Pengguna dapat menghasilkan email yang baik ketika memakai templat drag and drop di Mailchimp tanpa memiliki pengalaman desain sebelumnya.

Selain itu, ada alat analitik analytics tool monitors untuk menambahkan opsi. Alat ini juga mensegmentasi data untuk membantu menyoroti apa yang efektif dan tidak efektif.

Berdasarkan user experience, pengguna bisa menyiapkan email promosi otomatis, untuk mengirimkan pesan seperti "selamat datang" ke pendaftaran baru atau "rekomendasi produk serupa" kepada pembeli terbaru.

Dengan paket gratis Mailchimp, sebagian besar bisnis kecil dapat memanfaatkannya dengan baik. Paket berbayar mencakup lebih banyak daftar dan pelanggan serta lebih banyak fitur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.