Sukses

Ciri-ciri Kelinci Sehat dan Cara Merawatnya yang Perlu Kamu Tahu

Ciri-ciri kelinci yang sehat bisa dilihat dari fisiknya lho.

Liputan6.com, Jakarta Kelinci merupakan salah satu kelompok hewan mamalia yang menggemaskan. Bahkan banyak orang yang memilih kelinci menjadi binatang peliharaan. Bukan hanya dijadikan sebagai binatang peliharaan saja. Akan tetapi kelinci ini pun bisa dijadikan sebagai hewan ternak.

Ciri-ciri kelinci yang memiliki bulu cukup lebat ini pun banyak dijadikan sebagai hewan ternak untuk diambil dagingnya. Meskipun mengonsumsi daging kelinci memang tergolong tak biasa di Indonesia. Akan tetapi mengkonsumsi daging kelinci ini cukup bermanfaat bagi tubuh.

Hal ini dikarenakan daging kelinci kaya akan protein dan juga rendah lemak. Tentu saja untuk daging yang bisa dikonsumsi, ada ciri-ciri kelinci yang harus kamu ketahui. Karena hanya yang memiliki ciri-ciri kelinci sehatlah yang bisa dijadikan sebagai kelinci konsumsi.

Kelinci asli Indonesia sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1972 di Pulau Sumatra. Kelinci ini disebut dengan Nesolagus Netscheri atau Kelinci Sumatra. Pada dasarnya ciri-ciri kelinci Sumatra ini pun sama dengan ciri-ciri kelinci pada umumnya.

Untuk mengetahui ciri-ciri kelinci yang sehat, berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciri-ciri kelinci yang sehat

Jika kamu ingin memelihara kelinci, tentu saja kamu harus memahami ciri-ciri kelinci yang sehat. Karena jika kamu memiliki ciri-ciri kelinci yang sehat, maka kamu tak perlu khawatir jika ingin bermain bersama mereka. Berikut ini ciri-ciri kelinci yang perlu kamu ketahui.

1. Telinga tegak dan bersih.

Salah satu ciri-ciri kelinci yang sehat ialah memiliki telinga yang tegak dan juga bersih. Akan tetapi ada pula jenis kelinci yang memang memiliki telinga turun, yaitu kelinci puzzilop. Namun pada umumnya, telinga kelinci yang sehat ini haruslah tegak, bersih dan juga meruncing ke atas.

Selain itu, jika kamu ingin mengangkat kelinci ada baiknya untuk tidak menarik pada bagian telinga kelinci. Karena kelinci akan mengalami rasa sakit akibat dari ditariknya telinga kelinci. Meskipun terlihat diam, akan tetapi saat telinga kelinci ditarik mereka akan menahan rasa sakit. Hal ini pun bisa mengakibatkan stres pada kelinci tersebut.

2. Sepasang mata bulat dan bening

Bukan hanya dari telinga saja yang bisa kamu lihat mengenai ciri-ciri kelinci yang sehat. Akan tetapi kamu pun bisa melihat dari mata kelinci yang bulat dan juga bening. Apabila mata pada kelinci yang kamu miliki tidak terlihat bening, ada baiknya kamu memeriksakannya pada dokter hewan. Agar penyakit yang diderita kelinci kamu tidak semakin parah.

3. Permukaan hidung yang kering

Permukaan hidung pada kelinci pun seharusnya kering. Karena jika permukaan hidung pada kelinci basah, bisa jadi binatang peliharaan kamu ini sedang sakit. Namun tak semua permukaan hidung kelinci yang basah dikarena sakit. Ada pula beberapa jenis kelinci yang memang memiliki permukaan hidung basah.

3 dari 4 halaman

Ciri-ciri kelinci

4. Gigi kuat

Gigi menjadi ciri-ciri kelinci yang paling khas. Karena dua pasang gigi depan bagian atas dan juga bawah ini selalu terlihat. Ternyata kedua pasang gigi yang terlihat ini pun menandakan ciri-ciri kelinci yang sehat. Selain itu, gigi pada kelinci pun harus cukup kuat untuk mengunyah makanan.

5. Memiliki kelenjar susu

Karena kelinci termasuk dalam kelompok hewan mamalia, maka kelinci ini pun memiliki kelenjar susu. Letak dari kelenjar susu pada kelinci ini berada di bagian perut kelinci.

6. Termasuk hewan herbivora

Binatang ini tergolong dalam hewan herbivora. Oleh karena itu, makanan yang dimakan oleh kelinci ini tak jauh dari sayuran, rumpun bahkan buah-buahan. Pada makanan kelinci instan pun, meraka akan membuatnya dengan bahan dasar sayur ataupun buah-buahan.

4 dari 4 halaman

Cara merawat kelinci

Jika kamu menginginkan untuk memlihara kelinci, maka kamu harus memahami bagaimana cara merawat kelinci tersebut. Ada beberapa cara merawat kelinci yang bisa kamu lakukan. Berikut ini cara merawat kelinci yang baik.

1. Siapkan tempat tinggal kelinci

Untuk tempat tinggal kelinci ini kamu bisa membuat kandang yang aman bagi kelinci ataupun membelinya. Selain itu, usahakan kandang kelinci yang kamu miliki pun cukup besar. Karena meskipun kelinci terlihat kecil, akan tetapi saat sedang berbaring, kelinci miliki kamu ini pun akan meregangkan dirinya.

2. Berikan makanan, camilan dan minuman

Selain itu, selalu sediakan makanan serta minumana pada kelinci kamu di kandang. Namun diluar makanan tersebut, kamu juga bisa memberikan camilan khusus kelinci. Memberikan camilan pada kelinci dilakukan, agar kelinci kamu tidak bosan dengan makanan yang kamu sediakan.

3. Sediakan tempat untuk olahraga dan bermain

Bukan hanya harus menyediakan kandang saja, akan tetapi kamu juga harus menyediakan tempat untuk berolahraga dan juga bermain. Sebaiknya biarkan kelinci kamu untuk berlari dan juga melompat di luar kandang. Karena hal ini pun bisa melepaskan stres pada kellinci tersebut.

4. Jaga kesehatan kelinci

Kamu pun harus bisa menjaga kesehatan kelinci. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kelinci ini ialah dengan membersihkan kandangnya. Selain itu, kamu harus bisa menjaga suhu normal tubuh kelinci di kisaran 15 hingga 21 derajat celcius. Bukan hanya itu saja, tapi kamu juga secara rutin bisa membawa kelinci ke dokter hewan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.